1. Home
  2. /
  3. Pengertian
  4. /
  5. Mengenal Potensi Diri dan Bakat Melalui MBTI
Pengertian

Mengenal Potensi Diri dan Bakat Melalui MBTI

2   |   Posted by Siti Haliza   |   05 February 2024

MAUKULIAH.ID – Tes MBTI merupakan salah satu mengenal karakter dan potensi diri secara mendalam. Melalui hasil tes ini pula, Sobat Miku dapat mencari tahu jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian. 

Seperti apa tes ini? Yuk kita cari tahu lebih lanjut mengenai tes MBTI!

Apa Itu MBTI?

Mungkin Sobat Miku pernah mendengar kepribadian seperti INTP, INFT, ENTP, EFTP? Nah itu semua merupakan hasil dari tes MBT. Jadi, tes MBTI merupakan singkatan dari Myers–Briggs Type Indicator yang merupakan alat bantu guna menemukan potensi diri atau karir yang sesuai dengan kepribadian.   

Berdasarkan hasil tesnya, MBTI meng mengklasifikasikan kepribadian ke dalam 16 tipe berbeda berdasarkan empat skala kecenderungan yang mengikuti teori kepribadian dari Carl Gustav Jung yakni seorang psikoanalis . Berikut penjelasannya. 

1. Ekstrovert (E) dan Introvert (I)

Pernah dengar sifat ekstrovert dan introvert? Nah klasifikasi kepribadian ini mengevaluasi orientasi energi seseorang. Individu dengan kepribadian ekstrovert cenderung menikmati interaksi sosial dan dunia luar, sementara introvert lebih suka fokus pada dunia dalam dan melakukan pekerjaan secara individu.

2. Intuitive (N) dan Sensing (S)

Penilaian kepribadian intuitif dan sensing ini berkaitan dengan cara seseorang memperoleh informasi di sekitarnya. Tipe kepribadian intuitive cenderung memperhatikan pola dan berimajinasi terkait masa depan cocok banget orang berhubungan jiwa seni yang tinggi, sedangkan sensing lebih fokus pada data/fakta dan detail pengalaman langsung.

 

3. Thinking (T) dan Feeling (F)

Skala ini mengukur cara seseorang membuat keputusan. Individu dengan tipe kepribadian thinking cenderung mempertimbangkan segala sesuatu berdasarkan fakta dan data objektif, sementara feeling lebih mudah mempertimbangkan emosi dalam pengambilan keputusan.

4. Judging (J) dan Perceiving (P)

Penilaian ini melibatkan cara seseorang menjalin hubungan. Tipe kepribadian judging cenderung suka menilai dan lebih tegas dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Daftar 10 PTKI Negeri Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024

16 Tipe Kepribadian MBTI

Setelah mengetahui dimensi model dari kepribadian MBTI, ketika tes maka Sobat Miku akan memilih setiap salah satu dari kepribadian yang berlawanan. Dari semua tes tersebut, berikut adalah 16 tes hasil kepribadian MBT. 

INTJ (Strategis)

Orang dengan kepribadian INTJ memiliki tingkat kecerdasan tinggi, terampil dalam menganalisis informasi, dan menciptakan strategi dengan pertimbangan rasional. Meskipun cenderung tidak melibatkan emosi dalam pengambilan keputusan, terkadang mereka bersikap arogan.

INTP (Pemikir)

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat mengedepankan logika dalam menganalisis situasi. Mereka terbuka pada sudut pandang lain dan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, sering mengesampingkan aspek emosional.

ENTJ (Eksekutif)

Sebagai pemimpin yang energik dan percaya diri, kepribadian ini memiliki keterampilan dalam membentuk tim dan mengenali bakat orang lain. Terkadang, mungkin terlihat tidak sabar.

ENTP (Visioner)

Kepribadian ini senang berdebat dan memiliki pemahaman yang baik, sementara juga termasuk pekerja keras.

INFJ (Penasehat)

Meskipun lemah lembut, INFJ gigih banget mempertahankan pendapat yang mereka anggap benar. Tipe ini biasanya jadi penasihat atau pemberi rekomendasi yang baik. 

INFP (Idealis)

Introvert yang satu ini memang terkenal pemalu dan lebih banyak bekerja secara individu dibanding kelompok. Namun untuk urusan kegigihan, INFP ini idealis banget untuk terus berkembang terhadap sesuatu yang mereka suka. 

ENFJ (Pemberi)

Siapa nih Sobat Miku yang ceria banget ke setiap orang namun perasaannya sangat sensitif? Nah tipe ENFP ini biasanya di dalam pekerjaan senang berdiskusi dan mengerjakan project sosial. 

ENFP (Inspirator)

Mampu menarik perhatian orang dengan keterampilan komunikasi yang baik, mereka memprioritaskan kepentingan orang lain.

ISTJ (Inspektur)

Cenderung suka bekerja sendiri, memutuskan segala sesuatu secara logis, dan menjalankannya terorganisir. Tipe ini biasanya kurang bisa bekerja secara tim dan lebih memilih pekerjaan dengan secara individu. 

ISFJ (Pelindung)

Meski terkenal sedikit pendiam, ISFJ merupakan kepribadian yang terkenal dengan pengetahuan tinggi dan si “pemerhati”. Mereka memang kelihatan tidak peduli, namun notice terhadap hal-hal yang jarang diperhatikan orang lain. 

ESTJ (Pengawal)

Tertib, teliti, dan jujur, mereka memiliki aturan standar sendiri.

ESFJ (Pengasuh)

Bekerja terorganisir, anak yang teladan, dan peka terhadap sekitarnya. Biasanya ESFJ ini jago banget dalam berorganisasi dan memperhatikan kebutuhan tim dalam konteks pekerjaan. 

ISTP (Logic)

ISTP adalah orang yang memiliki kemampuan analisis dan penerapan logika dengan baik. Mereka biasanya sering memikirkan strategi dengan analisis yang cukup rumit. 

ISFP (Seniman)

Biasanya, seniman memiliki tipe kepribadian ISFP. Mereka Cenderung individualis, menyukai ruang untuk bekerja sendiri, namun setia terhadap orang di sekitarnya.

ESTP (Berjiwa Seni)

ESTP adalah jiwa seni versi ekstrovert. Mereka memiliki jiwa bebas, tidak terorganisir namun bertindak cepat dan teliti. 

ESFP (Kritis)

ESFP merupakan ekstrovert kritis yang memiliki kepribadian sosial tinggi namun memiliki pemikiran analisis dan strategis. Biasanya, mereka ini jago banget untuk berada dilingkungan tim atau handle sebuah tim dan cocok jadi pemimpin. 

Yuk Tes Kepribadian MBTI Kamu

Buat Sobat Miku yang masih bertanya-tanya nih, kira-kira tipe kepribadianmu seperti apa ya? Kamu dapat melakukan tes MBT secara GRATIS. 

Kamu dapat mengunjungi website https://maukuliah.id/test/mbti dan isi tes sesuai kepribadianmu dan tara! Ketemu deh hasilnya. Yuk segera tes kepribadian!

Baca juga: Daftar 10 PTKI Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai tipe kepribadian MBTI yang berguna banget buat gali potensi dirimu. Bagi kamu yang mencari informasi tentang kuliah, jangan lupa cek maukuliah.id untuk informasi lebih lengkap ya!

 

Sumber gambar: Pexels.com

Tags tidak ada

Komentar Anda