1. Home
  2. /
  3. Dunia Mahasiswa
  4. /
  5. Apa Itu Passing Grade? Bagaimana Penilaiannya?
Dunia Mahasiswa

Apa Itu Passing Grade? Bagaimana Penilaiannya?

Apa Itu Passing Grade
9253   |   Posted by Seprila Mayang   |   05 April 2023

MAUKULIAH.ID– Ketika pendaftaran perguruan tinggi negeri dibuka, kamu akan sangat familiar dengan kata passing grade. Sobat Miku sudah tau belum, apa itu passing grade? Passing grade adalah nilai acuan yang ditunjukkan kepada calon mahasiswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Biasanya passing grade dapat berupa nilai minimum yang. Nilai tersebut menunjukkan semakin tinggi angkanya maka semakin tinggi tingkat kompetitif pada program studi. Sehingga kamu harus mencapai skor minimum untuk meloloskan diri di kampus impianmu. Terdapat beberapa fakta tentang passing grade, di antaranya:

Baca juga: 3 Perbedaan SBMPTN dan SNBT, Simak yuk!

Fakta Passing Grade 

1. Angka Selalu Berubah

 

 

Jika dibandingkan setiap tahunnya, nilai daya tampung dan passing grade setiap kampus terus mengalami perubahan. Sehingga, informasi yang kamu dapatkan tentang passing grade atau daya tampung berasal dari seleksi tahun sebelumnya.

2. Bukan sebagai Patokan

 

 

Angka passing grade dapat kamu gunakan sebagai nilai acuan, namun bukan sebagai nilai untuk membandingkan kualitas universitas maupun program studi. Artinya, passing grade rendah tidak menunjukkan suatu prodi memiliki kualitas buruk. Jika Sobat Miku ingin mengetahui kualitas kampus dan prodi dapat dengan melihat akreditasi pada situs BAN-PT.

3. Berasal dari Situs Tidak Resmi

 

 

Universitas ataupun lembaga pemerintah tidak merilis passing grade secara resmi. Biasanya informasi yang diberikan oleh perguruan tinggi negeri hanya berupa persentase penerimaan, yaitu persentase jumlah pendaftar dibagi  jumlah yang lolos. 

Fakta tentang Passing Grade di SNBT 2023

Dikutip dari detik.com, Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof. Budi P. Widyobroto, mengatakan tidak ada nilai passing grade untuk SNBT 2023. Ini disebabkan karena tingkat kesulitan soal akan baru terlihat setelah selesai UTBK. Sehingga, prediksi yang beredar saat ini tidak benar. 

Baca juga: Apa sih Syarat Peserta SNBT Tahun 2023? Cek yuk!

Nah, jadi lebih memahami passing grade, kan? Meskipun tidak ada passing grade, Sobat Miku harus tetap semangat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes SNBT 2023, loh. Oh iya, jangan lewatkan informasi lainnya dengan mengunjungi maukuliah.id,. Tetap semangat, guys!

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda