1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. Yuk Mulai Side Hustle! Ini Manfaat dan Cara...
Info Kerja

Yuk Mulai Side Hustle! Ini Manfaat dan Cara Memulainya

6   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   20 May 2024

MAUKULIAH.ID – Di era digital yang serba cepat ini, istilah “side hustle” semakin populer di kalangan generasi milenial dan Gen Z. Dengan biaya hidup yang terus meningkat dan kebutuhan akan kestabilan finansial yang lebih baik, banyak orang mulai mencari cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan di luar pekerjaan utama mereka. Side hustle bukan hanya tren sementara; ini adalah solusi kekinian yang menawarkan fleksibilitas dan peluang besar untuk mengembangkan diri sekaligus menambah pundi-pundi keuangan.  

Baca juga: Work from Home (WFH): Definisi, Keuntungan, dan Tantangan

Apa yang Dimaksud Side Hustle?

Side hustle adalah pekerjaan sampingan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya side hustle tidak melulu sama dengan pekerjaan utama. Apalagi, jika kamu memiliki keahlian atau keterampilan yang menunjang untuk melakukan side hustle ini. 

Utamanya, saat orang memilih untuk melakukan side hustle, ia akan cenderung memilih posisi yang sesuai dengan hasrat atau passion. Siapa sih yang tidak mau menjalankan hobi dan pekerjaan secara bersamaan? Jadi, bisa saja bidang side hustle bertolak belakang dengan pekerjaan utama.

Manfaat Side Hustle

Bukan hanya menambah pemasukkan, side hustle juga memiliki manfaat lainnya, loh. Ini dia manfaat side hustle yang harus kamu ketahui, meliputi:

 

  • Menambah Motivasi

 

Terkadang, melakukan rutinitas yang sama setiap harinya membuat kita bosan dan jenuh. Bila dibiarkan terus menerus bisa berujung stres. Bahaya, banget, kan? Apalagi, banyak orang yang tidak menyadarinya, alhasil baru merasakan efeknya saat sudah menjalar kemana-mana dan berujung depresi.

Nah, dengan menjalankan hobi yang kamu sukai bisa memunculkan motivasi, loh. Jadi, hanya sekali dayung dua pulau terlewati, bukan hanya mendapatkan uang, kamu juga bisa menjalankan passion

 

  • Memenuhi Aktualisasi Diri

 

Tahukah kamu bahwa manusia memiliki macam-macam kebutuhan? Salah satunya yaitu kebutuhan untuk aktualisasi diri. Simpelnya, manusia itu merasa utuh kalau bisa memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya.

Misalnya, saat melakukan sesuatu kamu merasa “ini gua banget” atau “iya ini yang aku mau”. Nah itu artinya kebutuhan aktualisasi diri terpenuhi. Jadi, saat melakukan aktualisasi diri itu, kamu akan merasa puas dan dapat menjadi versi terbaik dirimu.

 

  • Meningkatkan Skill dan Pengalaman

 

Ngaku, deh! Kalau menjalankan hobi, kamu pasti tidak akan merasa terpaksa, kan? Ya memang, melakukan hal yang kita sukai tentu dapat memunculkan semangat dan gairah tersendiri. Dengan latihan yang berkelanjutan, kamu bisa meningkatkan skill-mu selama melakukan side hustle

Coba bedakan saja! Lebih menyenangkan mana berlatih keterampilan hobi yang kita sukai atau meningkatkan skill untuk pekerjaan? Pasti jawabannya menjalankan hobi, kan?

Cara Memulai Side Hustle

Sudah tertarik ingin melakukan side hustle? Kini, saatnya, kamu memulai. Memulai bukanlah perkara yang sulit. Jika kamu memiliki niat yang teguh. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai side hustle, diantaranya:

 

  • Sisihkan Waktu untuk Belajar

 

Untuk memulai side hustle ini, kamu bisa memulainya dengan menambah keterampilan yang sesuai dengan hobimu. Hanya “bisa” saja bukan berarti cukup untuk terjun ke dunia profesional. Kamu harus menjadi ahli terlebih dahulu untuk memberikan kepuasan kepada penerima jasa. Nah, untuk itu kamu harus menyisihkan waktu dan uang untuk menambah keterampilan dengan mengikuti kursus.

Misalnya, kamu bekerja dari pukul 08.30 hingga 16.30. Setelah pulang kerja, kamu bisa mempersiapkan diri untuk kembali belajar pada pukul 19.00 hingga 21.00. Jika kamu berkomitmen menyelesaikan kursus tersebut, pasti akan menunjukkan hasilnya nanti.

 

  • Merencanakan Budget

 

Namanya memulai sesuatu hal yang baru, kita harus berani modal di awal, termasuk dalam melakukan side hustle ini. Pikirkan saja, apa yang harus kamu utamakan untuk dibeli untuk melengkapi peralatan side hustle.

Misalnya side hustle fotografer, walaupun sudah memiliki kamera, namun kamu harus didukung lensa sesuai kebutuhan. Sementara, lensa banyak ragamnya. Nah, kamu bisa tentukan sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Nantinya, jika uang sudah terkumpul hasil dari side hustle fotografer, kamu bisa menambah peralatan lainnya.

 

  • Mulai dari Langkah Kecil

 

Kalau ditanya mulai dari mana? Ya, mulai dari sekarang. Percuma saja kamu memikirkan banyak hal, namun saat mau memulainya malah ragu. Alhasil, tidak dieksekusi. 

Jadi, segeralah memulai, meskipun modal belum banyak dan keahlian belum hebat. Semangat yang tinggi dan tetap optimis adalah modal terbaik yang kamu miliki. Jadi, tidak perlu ragu untuk melangkah, ya.

Baca juga: Apa itu Tes Potensi Skolastik? Pengertian, Materi dan Contoh Soal

Itulah serba-serbi side hustle. Sudah tahu ya apa itu side hustle? Bagaimana, tertarik mencobanya?  Jangan lupa untuk berlatih dan belajar untuk tingkatkan keterampilan sebelum memasuki dunia profesionalnya, ya! 

Nah, nanti kalau sudah yakin, kamu bisa mencari freelance di Karirlink. Ada banyak lowongan yang tersedia, loh. Apalagi, kamu bisa meng-update Curriculum Vitae (CV) semudah update status. Bagi kamu yang mencari informasi tentang kuliah, jangan lupa cek maukuliah.id untuk informasi lebih lengkap ya!

 

Gambar: Pexels

Tags tidak ada

Komentar Anda