1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. 17 Prospek Karier di Bidang Kesehatan Menjamin Masa...
Info Kerja

17 Prospek Karier di Bidang Kesehatan Menjamin Masa Depan, Kamu Harus Tau!

Prospek Karier di Bidang Kesehatan
1809   |   Posted by Seprila Mayang   |   28 February 2023

MAUKULIAH.ID– Rumpun ilmu kesehatan memiliki jurusan kedokteran yang menjadi andalan dan tidak pernah sepi peminat. Memang, kedokteran jurusan yang diidam-idamkan baik siswa maupun orangtuanya. Di lain sisi, banyak juga jurusan lainnya di bidang kesehatan, namun kalah populer dengan jurusan kedokteran . 

Mahasiswa jurusan kesehatan identik dengan mempelajari teori lalu diimplementasikan langsung di lab atau pun lapangan. Selain itu, jurusan ini juga memiliki prospek karier yang sangat beragam. Yuk disimak, 17 prospek karier dibidang kesehatan.

Baca juga: 15 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2022

17 Prospek Karier di Bidang Kesehatan

1. Dokter

Pilihan karier pertama ini tentunya sudah sangat dikenal dalam dunia kesehatan, apalagi kalau bukan seorang dokter. Selain bergengsi, pekerjaan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, sangat wajar jika pekerjaan ini menjadi impian dari banyak siswa dengan jurusan IPA. Kamu termasuk salah satunya, kan?

2. Dokter Gigi

Profesi kedua yang bisa menjadi pilihan di bidang kesehatan adalah dokter gigi. Bukan hanya memberi nasihat “jangan makan coklat banyak-banyak, ya”. Dokter gigi memiliki tugas yang banyak. Kalau dirincikan tugas dokter gigi meliputi: mendiagnosis, mencegah, memperbaiki, membersihkan dan mengobati kerusakan atau penyakit yang timbul pada gigi atau mulut. 

3. Dokter Hewan

Bagi kamu pecinta hewan  dan tetap mau di bidang kesehatan, profesi ini cocok banget untuk kamu. Profesi dokter hewan secara umum dikenal sebagai orang yang dapat mencegah hewan tertular penyakit dan mengatasi penyakit melalui pengobatan, pemusnahan, dan lain-lain. Tentu saja, Sobat Miku akan banyak berinteraksi dengan hewan, baik hewan ternak, hewan peliharaan dan lainnya.

4. Asisten Dokter

Profesi selanjutnya di bidang kesehatan adalah asisten dokter. Profesi ini memberikan pelayanan kesehatan yang biasanya dilakukan oleh dokter dengan pengawasan dokter, meliputi: pemeriksaan fisik lengkap, memberikan pengobatan dan konseling pasien. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin meresepkan obat.

Mungkin muncul pertanyaan di benak kamu, apa beda dokter dan asisten dokter? Nih, Miku jawab ya, dokter boleh melakukan operasi sementara asisten dokter tidak boleh.

5. Apoteker

Kamu juga bisa bekerja sebagai apoteker untuk tetap terhubung dengan dunia kesehatan. Apoteker bertanggung jawab untuk meracik obat untuk pasien, yang dilakukan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Selain di apotek, apoteker juga dapat bekerja di perusahaan farmasi

6. Asisten Apoteker

Asisten apoteker mempunyai tugas pokok menyusun pekerjaan kefarmasian yang meliputi menyusun rencana kerja kefarmasian, menyiapkan perbekalan obat dan menyiapkan pelayanan farmasi klinik. Enggak hanya sampai disitu, asisten apoteker  juga melayani pasien atau pembeli di tingkat farmasi.

Mereka bertugas memberikan informasi tentang obat-obatan yang diperlukan atau informasi pendukung lainnya. Seperti gejala efek samping obat dan cara pemakaian atau cara kerja obat. Hingga aturan yang dilarang dan proses untuk menyimpannya.

7. Perawat

Perawat adalah profesi di bidang kesehatan selanjutnya. Jika Sobat Miku bekerja di bagian ini, maka kamu akan  membantu dokter mendiagnosis dan merawat pasien. Karir di bidang keperawatan sangat cocok bagi mereka yang ingin bekerja di rumah sakit. Perawat bekerja di klinik rawat inap, Unit Gawat Darurat (UGD) dan rawat jalan.

8. Fisioterapi

Sobat Miku,  sudah pernah tau profesi ini, belum? Fisioterapis bekerja di pelayanan kesehatan untuk memulihkan, memperbaiki dan mengembalikan sistem gerak akibat cedera atau penyakit tertentu. Tidak hanya di instansi kesehataan, profesi ini juga sangat diperlukan di klub olahraga.

9. Bidan

Profesi selanjutnya agar kamu tetap berkecimpung didunia kesehatan adalah Bidan. Tugas bidan adalah melakukan pemeriksaan kehamilan dan memberikan pelayanan persalinan darurat. Bidan memiliki keterampilan formal untuk mendampingi perempuan dalam proses persalinan, termasuk kesehatan reproduksi. Bidan sangat dibutuhkan didaerah pedesaan.

10. Psikolog Klinis

Bagi kamu yang tertarik untuk fokus perihal kesehatan mental, profesi ini cocok banget buat kamu. Tugas seorang psikolog klinis adalah membantu pasien mengatasi masalah kesehatan mental dengan melakukan wawancara klinis, observasi perilaku, dan tes psikologis untuk membantu mereka mengidentifikasi masalah mereka dan kemudian mencari solusinya.

Psikolog klinis dapat memberikan layanan konseling dan pengobatan untuk masalah psikologis seperti: 

  1. autisme, 
  2. depresi, 
  3. trauma, 
  4. melukai diri sendiri, dan 
  5. masalah psikologis lainnya yang memengaruhi perkembangan diri.

11. Radiografer

Pilihan karier terkait kesehatan lainnya adalah radiografer. Seorang radiografer adalah seseorang yang melakukan tes diagnostik, seperti CT scan, sinar-X, dan MRI, yang membantu dokter mendiagnosis penyakit pasien. Profesi ini membutuhkan pengetahuan tentang anatomi manusia..

12. Ahli Gizi

Profesi ini sangat erat kaitannya dengan bidang kesehatan. Seorang ahli gizi dapat bekerja di rumah sakit atau di perusahaan makanan dan obat-obatan. Sebagai ahli gizi, tentu tugasmu adalah melakukan kajian gizi untuk pencegahan dan pengobatan penyakit dalam forum konsultasi dan konseling.

13. Analisis Kesehatan

Profesi ini memiliki peran penting dalam dunia kesehatan dan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan. Analis kesehatan bertugas melakukan analisis status kesehatan pasien secara keseluruhan.

14. Ahli Laboratorium Klinis

Profesi ini bekerja memberikan pelayanan dengan cara memeriksa, mengukur, menentukan, dan mendiagnosa zat manusia seperti cairan, darah, urin, atau sumsum tulang belakang, atau dengan melakukan penelitian tentang jenis penyakit, penyebabnya, kondisi kesehatan, atau penelitian. Faktor lain mempengaruhi kesehatan individu.

15. Terapis

Seorang terapis wajib memberikan pengobatan kepada pasien dengan kondisi tertentu. Cakupan pekerjaan profesional medis sangat besar dan Anda dapat memilih yang spesifik sesuai dengan keahlian Anda.

16. Perekam Medis

Pilihan profesi ini juga sangat penting bagi dunia kesehatan. Sebagai pencatat medis, tugas Anda adalah menyiapkan rekam medis pasien. Pekerjaan pendaftar medis diperlukan di rumah sakit atau klinik kesehatan.

17. Penyuluh Kesehatan

Suka berbagi pengalaman dan bertemu dengan banyak orang, khususnya di bidang kesehatan? Jika demikian, karir ini tepat untuk Anda. Anda dapat bekerja sebagai pendidik kesehatan untuk memberikan kontribusi yang berharga dan membantu masyarakat. Jelas, tugas pendidik kesehatan adalah memberi nasihat kepada masyarakat tentang masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

Jadi, apakah Sobat Miku tertarik untuk bekerja di bidang kesehatan? Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menggemari kegiatan sosial karena akan berinteraksi dengan pasien.  Ayo, cari informasi di maukuliah.id sebagai  langkah awal mencari informasi kampus dan merencanakan kariermu.

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda