1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. 8 Skill Teknologi yang Banyak Dicari Perusahaan
Info Kerja

8 Skill Teknologi yang Banyak Dicari Perusahaan

Skill Teknologi yang Banyak Dicari Perusahaan di 2023
381   |   Posted by Seprila Mayang   |   12 April 2023

MAUKULIAH.ID– Laju pertumbuhan teknologi telah menyebar di sebagian besar belahan dunia. Dampak yang ditimbulkan pun sangat luas, salah satunya yaitu mencangkup pekerjaan. Kini, perusahaan teknologi banyak bermunculan dan membutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten.

Lalu, apakah Sobat Miku sudah siap memasuki dunia industri di masa depan? Pertanyaan ini menjadi penting karena jenjang selanjutnya yang akan kamu lewati setelah menyelesaikan kuliah adalah berkarir. Meskipun mau bekerja ataupun berbisnis, kamu diharuskan memiliki keahlian yang mendukung, loh. Berikut ini adalah 8 skill teknologi yang banyak dicari perusahaan di 2023.

Baca juga: Inilah Skill yang Bisa Didapatkan Jika Ikut Program Kampus Merdeka, Simak Selengkapnya!

8 Skill Teknologi yang Banyak Dicari Perusahaan di 2023

1. Cloud Computing

Jika kamu bertanya teknologi apa yang banyak digunakan saat ini, maka salah satu jawabannya adalah Cloud Computing. Banyak perusahaan yang kini beralih menggunakan cloud, sehingga tenaga yang terampil semakin banyak dibutuhkan, loh.  Adapun skill yang harus dimiliki adalah paham bahasa pemrograman dan platform berbasis Cloud.

2. Blockchain

Teknologi Blockchain adalah penciptaan teknologi ledger terdistribusi (DLT) yang efisien, aman untuk mencatat transaksi dan melacak aset.  Jadi, blockchain ini dapat berfungsi untuk menyimpan informasi transaksi mata uang digital. 

Apa kamu tertarik? Jika kamu ingin menggeluti lebih lanjut, kamu harus memiliki pemahaman tentang Blockchain, struktur data, cryptography, serta memahami bahasa pemrograman.

3. Cyber Security

Cyber Security berfokus untuk mengamankan perangkat lunak, jaringan, dan melakukan pengujian serta menemukan cara paling efektif untuk menganalisis potensi ancaman. Menarik banget, ya? Nah, skill yang harus dimiliki oleh cyber security yaitu Networking and system administration, Coding, Risk analysis dan lainnya.

4. Data Science

Data science digunakan untuk memperoleh informasi tertentu dan membuat keputusan dengan menganalisis data dalam jumlah besar. Kebutuhan perusahaan terkait keterampilan data science sangat meningkat setiap tahunnya, tentu ini menjadi peluang besar untukmu.  Sehingga kamu perlu didukung berbagai keterampilan yaitu statistical analysis and computing, data visualization, data wrangling dan lainnya.

5. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) yaitu mengacu pada jaringan bersama dari perangkat dan teknologi yang terhubung untuk memfasilitasi komunikasi antar perangkat dan cloud.

Adapun skill yang diperlukan yaitu kamu harus memahami  secara mendalam terkait Node.js development, Cloud computing, UI/UX-centric design dan masih banyak lainnya.

6. UI/UX Design

Untuk sebuah perusahaan, situs web atau aplikasi seluler berfungsi sebagai wajah publiknya. Ini membantu menumbuhkan hubungan antara pelanggan dan perusahaan tersebut. 

UI designer  berfungsi untuk mengatur tata letak, desain dan aspek fisik lainnya, sementara UX designer berfokus pada pengalaman pengguna. Sehingga, semakin baik UX dan UI perusahaan, semakin baik kinerjanya dengan pelanggannya. Jadi, Keterampilan yang harus kamu miliki yaitu Prototyping, user flows, wireframing, Visual design, design software dan lainnya.

7. RPA (Robotic Process Automation)

Robotic Process Automation (RPA) adalah proses pembuatan program untuk memfasilitasi pembuatan robot perangkat lunak yang meniru tindakan manusia melalui interaksi dengan program dan sistem digital untuk melakukan tugas bisnis. Adapun keahlian yang harus dimiliki adalah business process management, basic workflow skills dan lain sebagainya. 

8. Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) 

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang menjembatani dunia maya dan dunia nyata. Dengan teknologi ini, pengguna dapat memvisualisasikan informasi dan konten seperti yang terlihat di dunia nyata. Kamu harus memiliki beberapa keterampilan pendukung lainnya yaitu 3D animation and modeling.

Baca juga: Upgrade Ilmu Mahasiswa Melalui Program Kampus Merdeka

Nah, itulah  8 skill teknologi yang banyak dicari perusahaan di 2023 dari maukuliah.id. Semoga kamu dapat mempersiapkan diri dengan skill teknologi sehingga dapat memasuki dunia industri sesuai harapanmu, ya. Yuk, terus kembangkan potensimu.

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda