1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Inilah Skill yang Bisa Didapatkan Jika Ikut Program...
Info Kampus

Inilah Skill yang Bisa Didapatkan Jika Ikut Program Kampus Merdeka, Simak Selengkapnya!

Skill yang Bisa Didapatkan Jika Ikut Program Kampus Merdeka
313   |   Posted by Seprila Mayang   |   01 March 2023

MAUKULIAH.ID– Kampus Merdeka adalah salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Program ini hadir sejak akhir bulan Januari 2020 dan terus menjadi sorotan hingga saat ini.

Dengan program yang ditawarkan, diharapkan dapat mempersiapkan para mahasiswa memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia karier. Saat mengikuti kegiatan ini, ada beberapa skill  yang bisa didapatkan. Apa saja sih skill-nya? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga: 7 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan di Awal Semester

Skill yang Bisa Didapatkan di Program Kampus Merdeka

1. Teaching Skill

Teaching Skill adalah keterampilan atau kemampuan dengan karakteristik mengajar yang sangat spesifik. Skill ini harus dimiliki oleh guru atau pendidik.

Meskipun kamu bukan jurusan keguruan, tetapi ingin punya pengalaman mengajar bisa banget mendaftar program Kampus Mengajar. Tentu saja, kamu akan merasakan sensasi mengajar secara langsung dengan berpartisipasi di sekolah binaan. 

2. Leadership

Keterampilan kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk memotivasi orang lain agar bekerja sesuai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Nah, dalam mengikuti program MBKM kamu bisa saja ditunjuk untuk memimpin kelompok ataupun menjadi anggota yang mengikuti arahan ketua. Sehingga, kegiatan ini akan memberikan dampak positif pada softskill-mu. Gimana, tertarik mendaftar, kan?

3. Networking

Banyak program yang memberikanmu kesempatan untuk memperluas jaringan, sepeti kampus mengajar, magang merdeka, pertukaran mahasiswa merdeka, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan proram lainnya. 

Lebih spesifik, misalnya, dengan mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka, kamu berkesempatan melakukan jelajah keragaman budaya, bertemu mahasiswa dari berbagai daerah, dan belajar di kampus lain. Kamu akan belajar untuk bersosialisasi, yang mana itu akan meningkatkan skill komunikasi mu.

4. Problem Solving

Problem solving adalah cara mengidentifikasi dan menemukan solusi yang efektif untuk memecahkan masalah. Pada dasarnya keterampilan ini berkaitan dengan keterampilan lain seperti menyimak, menganalisis dan kreativitas. Selama program MBKM berlangsung, kamu akan sering mengasah skill ini untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan.

5. Analytical Skill

Analytical skill adalah keterampilan memecahkan masalah yang membantu menganalisis data dan informasi untuk mengembangkan solusi kreatif dan rasional. Skill ini akan kamu dapatkan ketika mengembangkan daya pikir dan keterampilan dasar di bidang kewirausahaan jika kamu mengikuti program wirausaha merdeka. Saat bergabung di program tersebut,  mahasiswa dapat terjun langsung dalam kegiatan kewirausahaan dan mengembangkannya. 

Baca juga: Upgrade Ilmu Mahasiswa Melalui Program Kampus Merdeka

Jadi, gimana? Apa Sobat Miku tertarik mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)? Dengan mengikuti program ini bermanfaat untuk menambah kompetensi di Curriculum Vitae (CV)-mu. Kelak, CV itu bisa digunakan untuk melamar kerja di perusahaan impianmu.

Sobat Miku harus selalu update informasi, ya. Kamu bisa mengunjungi maukuliah.id, untuk mengetahui informasi lainnya. Berikut ini ada beberapa artikel  yang bisa membantu dalam mempersiapkan kehidupan pasca lulus untuk kamu mahasiswa keren.

Tags tidak ada

Komentar Anda