1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Calon Mahasiswa Baru: Ini Cara Sistem Penilaian UTBK-SNBT...
Info Kampus

Calon Mahasiswa Baru: Ini Cara Sistem Penilaian UTBK-SNBT 2024

2   |   Posted by Siti Haliza   |   20 May 2024

MAUKULIAH – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kini tengah diselenggarakan sejak 30 April hingga 20 Mei mendatang. Bagi Sobat Miku yang menjadi peserta UTBK sangat penting untuk memahami poin penilaian dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 ini. 

Ketika akan ujian, Sobat Miku perlu memahami seperti apa sistem penilaian UTBK-SNBT 2024 agar dapat menjawab soal dengan maksimal. Biar semakin jelas yuk kita pahami bersama seperti apa sistem penilaian UTBK-SNBT 2024 ini. 

Baca juga: Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT, Simak Yuk

Sistem Penilaian UTBK-SNBT 2024

Sejak tahun 2018, UTBK menerapkan sistem penilaian yang menggunakan Teori Respons Butir atau yang lebih dikenal dengan item response theory (IRT). Dengan menggunakan teori ini sistem penilaian mengandalkan poin 4 untuk jawaban benar dan -1 untuk jawaban salah dan poin 0 ketika tidak menjawab soal. 

Sistem penilaian pada tahun ini sedikit berbeda, UTBK 2024 menekankan agar peserta dapat menjawab soal dengan maksimal. Sehingga pada UTBK 2024 dirancang tidak ada sistem penilaian seperti minus ataupun pengurangan. 

Penilaian soal di UTBK 2024 didasarkan pada tingkat soal yang dijawab peserta. Jadi, setiap soal memiliki bobot yang berbeda beda tergantung jawaban peserta.

Bobot soal akan ditentukan setelah UTBK selesai. Di sistem IRT jika soal banyak dijawab benar maka bobot soal menjadi rendah. Sebaliknya jika peserta banyak menjawab dengan salah maka bobot soal menjadi tinggi.

Agar Sobat Miku tidak bingung, berikut tahapan penilaian UTBK 2024:

  • Pertama, semua jawaban yang benar akan diberi skor 1, sedangkan tidak dijawab akan mendapatkan skor 0.
  • Kedua, pendekatan teori respons butir (IRT) digunakan untuk menganalisis karakteristik setiap soal dengan membandingkannya dengan soal lain.
  • Ketiga, karakteristik tiap soal yang dianalisis pada tahap kedua digunakan untuk menghitung skor peserta, di mana soal yang dianggap sulit akan memiliki bobot nilai yang lebih tinggi.

Strategi untuk Meraih Poin Tinggi UTBK-SNBT 2024

Beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam menghadapi UTBK-SNBT dengan sistem penilaian IRT:

  • Mengisi semua soal tanpa ragu karena tidak ada pengurangan poin.
  • Menggunakan strategi eliminasi untuk menebak jawaban yang paling mungkin benar.
  • Tidak perlu memperkirakan tingkat kesulitan soal atau memberi alokasi waktu lebih untuk jenis soal yang sulit, karena bobot soal baru ditentukan setelah ujian selesai.

Baca juga: Seleksi Jalur Mandiri yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK 

Itu tadi penjelasan mengenai sistem penilaian UTBK-SNB 2025 yang dapat Sobat Miku jadikan panduan dalam meraih skor yang maksimal. Bagi Sobat Miku yang tertarik untuk menggali informasi terkait seleksi masuk perkuliah, jangan lupa cek artikel lainnya di maukuliah.id ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda