1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT, Simak...
Info Sekolah

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT, Simak Yuk

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT
2789   |   Posted by Seprila Mayang   |   26 April 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, setelah ditutupnya pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada tanggal 14 April 2023. Kini, para pendaftar harus mulai bersiap untuk menghadapi tes UTBK 2023. Kamu salah satunya, kan?

Kalau Sobat Miku gimana? Sudah siap belum? Sudah tau apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan UTBK-SNBT 2023? Nah, berikut ini 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan UTBK-SNBT. Disimak, yuk.

Baca juga: 7 Subtes Materi SNBT SNPMB 2023, Ada Apa Saja, Ya?

5 hal yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT

1. Mengetahui Lokasi Penyelenggara Tes UTBK 

Pada saat mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK-SNBT, calon peserta mendapatkan pilihan lokasi pelaksanaan tes. Setidaknya, terdapat 74 lokasi penyelenggara atau pusat UTBK yang tersebar di berbagai universitas di Indonesia. Bahkan, terdapat 51 lokasi khusus yang diperuntukkan bagi penyandang tuna netra. 

Nah, sebelumnya peserta telah dihimbau untuk memilih lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, kan. Itu bertujuan agar menghindari kemungkinan terburuk seperti tersesat saat menuju lokasi. Maka, pastikan kamu sudah mengetahui lokasi pelaksanaan tesnya.

2. Pakai Masker dan bawa Hand Sanitizer

Dalam pelaksanaan UTBK-SNBT 2023, seluruh peserta wajib menaati protokol kesehatan. Untuk itu, kamu diwajibkan memakai masker dan membawa hand sanitizer. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, saran Miku kamu bawa masker lebih untuk jaga-jaga, ya.

3. Persiapkan Dokumen dan Identitas

Salah satu yang diwajibkan saat pelaksanaan tes UTBK adalah membawa berkas-berkas. Persiapkanlah berkas yang dibutuhkan ke dalam tas yang akan kamu bawa agar tidak luput. Adapun beberapa berkas tersebut, di antaranya:

  1. Kartu peserta SNBT
  2. Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor)
  3. Surat keterangan lulus asli (bagi peserta angkatan 2023)
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi (untuk angkatan 2021 dan 2022)

4. Memakai Pakaian Formal dan Sepatu

Sobat Miku pasti tahu kan? Sudah sepantasnya saat mengikuti tes UTBK kamu memakai pakaian formal, bukan kaos oblong, ya. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan sepatu, loh. 

5. Ingat dan Catat Tanggal Tes

Pastikan kembali tanggal penyelenggaraan tes, kamu bisa menandainya di kalender sebagai reminder. Jika kamu melupakan tanggal penting ini, maka semua persiapanmu sebelumnya akan sia-sia. Kamu tidak mau itu terjadi, kan?

Baca juga: Persiapan UTBK SNBT 2023? Inilah 5 Tips Jitu agar Lolos

Nah, itulah 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum UTBK-SNBT dari maukuliah.id. Apa salah satunya sudah ada yang kamu persiapkan? Misalnya, Outfit of the day (OOTD)-nya, gitu? Gak  masalah, kok. Toh, kamu boleh melakukan segala hal positif yang dapat mendukung persiapan menuju tes UTBK. Selamat berjuang, ya!

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda