1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Persiapan UTBK SNBT 2023? Inilah 5 Tips Jitu...
Featured

Persiapan UTBK SNBT 2023? Inilah 5 Tips Jitu agar Lolos

5 Tips Jitu agar Lolos SNBT 2023
1468   |   Posted by Seprila Mayang   |   21 February 2023

MAUKULIAH.IDSini merapat Miku punya info penting untuk Sobat Miku  yang sedang mempersiapkan Ujian Tes Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT). Iya, Miku tau mungkin beberapa dari kamu bahkan belum pernah mendengar istilah itu. Tapi kalau (Ujian Tes Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)UTBK-SBMPTN sudah pernah dengar kan, ya. 

Perlu diketahui kalau UTBK-SBMPTN berubah menjadi UTBK-SNBT. Sehingga, terdapat perbedaan UTBK-SNBT dengan ketentuan sebelumnya, salah satunya yaitu dihapuskannya Tes Kemampuan Akademik (TKA). 

Lalu, UTBK-SNBT ketentuannya bagaimana, dong? Nah, pada UTBK-SNBT hanya terdapat Tes Skolastik yang dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  1. potensi kognitif
  2. penalaran matematika
  3. literasi dalam bahasa Indonesia
  4. literasi dalam bahasa Inggris 

Jadi Sobat Miku jangan bingung-bingung lagi. Oh ya, sampai titik ini, Miku mau memastikan bahwa kamu sudah menentukan jurusan dan mengenalnya lebih dalam, ya. Sekarang, kita mulai atur strategi yuk agar bisa menghadapi ujian UTBK-SNBT. Yok, lakukan tips di bawah ini.

 Baca Juga: Apa sih Syarat Peserta SNBT Tahun 2023? Cek yuk!

1. Start with why!

Coba sekarang ambil buku catatan atau buka e-note. Kemudian, jawab pertanyaan Miku, “Apa sih tujuan kamu mau mengikuti seleksi ini?”. Kalau kamu sudah tau jawabannya, di catat ya. Ini bertujuan agar nanti saat kamu sedang lelah berjuang atau bahkan ingin menyerah, kamu bisa check lagi tulisanmu itu.

Selama masa persiapan ini kamu harus siap menggeser ego mu. Terkadang kamu harus mengurangi jatah jajan untuk membeli buku pendukung atau bahkan kamu harus sedikit mengurangi waktu bermain.

2. Banyak Membaca

Membaca ini bukan perihal belajar saja, ya. Membaca ini tujuannya untuk mengatur strategi sukses UTBK versimu. Yaps, meskipun Miku memberikan tips, namun yang bisa merumuskan strategi jitunya ya dirimu sendiri. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan yaitu:

  1. Petakan peluang masuki PTN impian dan jurusan yang kamu inginkan dengan melihat daya tampung dan keketatan.
  2. Perhatikan Aturan dan ketentuan yang berlaku
  3. Pantengin Website dan akun resmi bisa melalui Instagram, Twitter dan aplikasi lainnya.

Selain 3 poin di atas, yang pasti kamu harus rajin membaca materi dan terbiasa. 

3. Tentukan kapasitasmu

Tes kapasitas ini bisa dilakukan dengan mengikuti  try out. Setelah mendapatkan hasilnya, kamu bisa menentukan kapasitasmu. Di poin penentuan kapasitas ini bukan perihal seberapa besar poin mu, tetapi bagaimana pemahamanmu terkait suatu materi.

4. Buat jadwal Review Materi

Setelah step sebelumnya selesai, langkah berikutnya adalah membuat jadwal belajar. Ini sangat penting, agar kamu dapat belajar secara teratur dan efektif, tidak membuang-buang energi dan waktu kamu.

Pertanyaan klise tiba-tiba muncul “Terus caranya gimana?”. Tadi kan kamu sudah mengetahui kapasitasmu, sekarang coba breakdown  topik yang perlu kamu pelajari lebih dalam. Lalu lihat waktu yang tersisa, sehingga kamu bisa membagi target belajar harian sesuai topik yang perlu kamu pelajari. 

5. Ikut Try out

Langkah ini bisa kamu lakukan selain untuk mengenal soal, juga bisa menguji mental. Step ini bisa terus diulang untuk melihat perkembanganmu, ya. Di step ini juga kamu bisa sharing informasi dengan teman untuk mencari tempat try out online.

Baca juga: 7 Tips Sukses SNBT 2023, Apa Saja sih?

Yuk semangat, optimalkan waktu dengan membuat strategi versimu. Kalau kamu mau informasi lebih lanjut, cek informasi ini ya maukuliah.id.

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda