1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. 7 Tips Sukses SNBT 2023, Apa Saja sih?
Featured

7 Tips Sukses SNBT 2023, Apa Saja sih?

Tips Sukses SNBT 2023
31   |   Posted by Seprila Mayang   |   25 January 2023

Maukuliah.id– Halo Sobat Miku. Sudah siapkah untuk SNBT 2023? Mumpung masih ada waktu beberapa bulan lagi buat persiapan SNBT, kamu harus persiapkan diri dengan matang. 

Penting banget nih buat nyiapin strategi persiapan SNBT 2023 biar efektif. Jadi, ayo Sobat Miku persiapkan diri mulai sekarang yaa!

7 Tips Sukses SNBT 2023

1. Rajin Ikut Tryout SNBT

Kenapa sih Sobat Miku wajib banget ikut tryout? Jadi tryout merupakan simulasi ujian SNBT sesungguhnya. Tryout ini bisa melatih mental buat lebih terbiasa dengan kondisi ujian SNBT nanti yang dibatasi waktu. 

2. Cermati Perolehan Nilai dari Tryout

Mungkin sobat bertanya-tanya, apakah nilai tryout penting? Tentu saja, karena nilai tryout murni bisa menunjukkan skor yang bisa diperoleh ketika nanti mengikuti UTBK

3. Pahami Konsep Materi Ujian

SNBT 2023 bakal mengujikan Tes Skolastik, yang mengukur kemampuan kognitif yang artinya kemampuan kita untuk menalar dan memahami konteks amat diperlukan, dan tidak bisa sobat kuasai hanya dengan berlatih mengikuti Try Out saja. 

4. Belajar Bersama Teman

kalian tim mana nih belajar sendiri atau belajar bareng temen? belajar sendiri sih memang nyaman. Akan tetapi, belajar bersama teman itu juga perlu loh Sobat Miku. Saat belajar bersama bisa diskusi dan berbagi perspektif tentang soal-soal SNBT.

5. Cari Tahu Peluang Masuk Jurusan dan PTN Impian

Bagaimana sih cari tahu peluang masuk jurusan dan PTN impian? Sobat Miku bisa nih perhatikan daya tampung, jumlah peminat dan jumlah diterima di Perguruan Tinggi yang Sobat Miku Impikan. Kemudian pertimbangkan peluang lolosnya? bandingkan juga dengan peluang lolos pada pilihan 2

6. Jadwal Review Materi

Tips selanjutnya yaitu buat Jadwal Review Materi. Mungkin sebagian orang jadwal bikin terkekang. Tapi, Jadwal ini penting banget buat menghitung. Sobat Miku tau ngga menghitung apa?

  1. Menghitung waktu sampai hari-H. Dengan jadwal Sobat Miku bisa mempunyai gambaran tentang banyak waktu tersisa vs berapa materi yang harus dikuasai
  2. Menghitung target. dengan jadwal akan membantu ketika waktu persiapan terbatas, jadi bisa punya prioritas target mana yang lebih urgent

7. Evaluasi Time!

Nah Sobat Miku, setelah mengikuti Try out pasti sudah tau dong tipe soal yang akan dihadapi? Kemudian Sobat Miku bisa evaluasi kelemahan sobat, dari sini sobat bisa balik ke tips nomor 5 dengan review kembali materi dan variasi latihan SNBT secara berkala. 

Itulah tips yang bisa kamu terapkan. Semoga usaha yang kamu lakukan berbuah hasil ya. Oh iya, jangan lupa simak terus maukuliah.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pendaftaran masuk kampus. Selamat mencoba!

 

Ditulis oleh:  Salsabilla Tri A.

Disunting oleh: Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda