1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. Auto Lolos! Ini Cara Mudah Membuat CV ATS...
Info Kerja

Auto Lolos! Ini Cara Mudah Membuat CV ATS Friendly

Cara membuar CV ATS friendly
23   |   Posted by Siti Haliza   |   26 October 2023

MAUKULIAH.ID– Hai Sobat Miku, adakah di sini yang sedang mencoba membuat Curriculum Vitae (CV) yang Applicant Tracking System (ATS) friendly? Wah pas banget nih! Kali ini Miku mau ajak kamu membahas apa itu CV ATS dan cara membuatnya. Check this out!

Apa itu CV ATS?

CV ATS adalah curriculum vitae yang dirancang khusus untuk melewati seleksi software Applicant Tracking System (ATS). ATS memiliki kemampuan untuk memonitor perkembangan lamaran pekerjaan dan membuat penawaran kepada kandidat. 

Mengutip dari laman Resume Genius, CV yang kompatibel dengan ATS adalah curriculum vitae yang dirancang khusus untuk lulus seleksi oleh sistem pelacakan pelamar. Sobat Miku dapat melihat contoh seperti CV ATS seperti yang di bawah ini:

Contoh cv ats

sumber: Glints

Format CV ATS harus dibuat mudah dibaca oleh sistem jika tidak sistem akan kesulitan membaca informasi tentang Sobat Miku. Hal ini akan berdampak pada peluang untuk dipanggil pada tahap interview. 

Ketika membuat CV ATS friendly, Sobat Miku harus menyesuaikan kata kunci relevan yang memudahkan sistem membaca CV. Keyword penting ini bertujuan untuk memudahkan pembacaan CV untuk ATS merekomendasikan CV yang kamu gunakan. 

Alasan Mengapa CV ATS Penting

1. ATS digunakan oleh berbagai perusahaan

Ada banyak perusahaan besar yang menggunakan ATS untuk mempermudah proses recruitment contohnya adalah Johnson & Johnson, 3M, Chevron, Exxon Mobil, dan masih banyak lagi. Bahkan berdasarkan riset Jobscan (2019) 98% perusahaan Fortune 500 menggunakan CV ATS.

2. Sistem awal untuk tahap perekrutan

ATS adalah sistem paling awal untuk menyeleksi kandidat. Alurnya nanti akan seperti ini:

sumber: Glints

3. Lebih mudah dibaca

Walaupun perusahaan yang Sobat Miku tuju tidak menerapkan ATS, jangan mengabaikan format CV ATS ya. Menurut The Muse CV yang mudah dibaca oleh recruiter memiliki karakteristik disusun dengan penulisan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah dan data disajikan secara kronologis, dimulai dari yang paling baru yang persis dengan CV ATS. 

Cara Membuat CV ATS Friendly

1. Masukkan keyword relevan dengan posisi 

Ketika Sobat Miku akan membuat CV yang cocok dengan ATS, langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan research singkat sesuai dengan posisi yang dilamar. Masukkan keyword seperti tools dan software yang dikuasai secara lengkap. Keyword ini penting banget terintegrasi ke dalam CV untuk memastikan ATS mudah dikenali dan memahami bahwa kamu memenuhi syarat yang dicari oleh perekrut. 

2. Gunakan template CV ATS Friendly

Agar mempermudah Sobat Miku membuat CV, kamu bisa menggunakan template agar CV kamu mudah dibaca ATS. Template ini akan berfungsi menghindari kesalahan formatting dan memastikan CV kamu punya kemungkinan lolos seleksi lebih tinggi. 

3. Buat dengan struktur yang jelas

Setelah menemukan template yang pas, jangan lupa buat struktur yang rapi mulai dari profil, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan elemen-elemen lainnya dengan penggunaan judul. Disarankan untuk menghindari penggunaan tabel karena tabel dapat mengakibatkan isi CV kamu tidak terbaca.

4. Isi dengan informasi ringkas

Masukkan informasi sesuai dengan kriteria posisi yang dilamar. Hal ini penting banget karena ATS akan “menilai” kemungkinan CV sesuai atau tidak. Pastikan juga CV kamu rapi dan tidak ada typo

5. Gunakan font yang mudah dibaca

Jangan gunakan font yang rumit untuk dibaca, ini akan membuat CV kamu tidak lolos seleksi melalui ATS. Gunakanlah font sederhana seperti Arial, Helvetica, dan Times New Roman. 

Baca juga: Mau Melamar Kerja? Ini Dia Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (CV)

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu CV ATS dan cara membuatnya. Bagi Sobat Miku yang membuatkan berbagai informasi seputar dunia karir, materi sekolah, dan jurusan kuliah jangan lupa cek artikel lainnya di maukuliah.id ya!

Komentar Anda