1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Mau Melamar Kerja? Ini Dia Panduan Lengkap Membuat...
Info Kampus

Mau Melamar Kerja? Ini Dia Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (CV)

37   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   04 August 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu hal yang krusial dalam mencari kerja, loh. Ibaratnya nih, CV itu kayak kunci apakah kamu akan dilirik oleh Tim Human  Resources (HR) atau tidak. 

Jadi, untuk itu kamu harus  membuat CV dengan profesional agar dipanggil wawancara dan berhasil mendapatkan kesempatan kerja sesuai yang kamu impikan. Nah, simak artikel ini sampai selesai ya agar kamu lebih paham sebelum membuat CV.

Baca juga: 10 Contoh Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang Baik & Benar

Pilih CV ATS atau CV Kreatif?

Kamu sudah pernah dengar belum istilah CV ATS atau Applicant Tracking System? CV ATS ini memiliki format yang simpel namun berfokus pada kata kunci yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan di suatu perusahaan. Biasanya font yang dipilih untuk CV ini juga standar dan menggunakan kalimat yang ringkas. 

Nah, kalau CV kreatif, Sobat Miku sudah tahu, kan? Mungkin jenis CV ini lebih familiar, ya. CV kreatif memang dibuat untuk menarik perhatian dan menunjukkan kreatifitas pemilik CV. Jadi, tidak heran kalau desainnya menarik serta menonjolkan keunikan, mulai dari visualisasi menggunakan grafik, format yang beragam serta warna yang dipilih.

Kedua CV tersebut dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, namun kamu harus memastikan bahwa informasi diri sesuai dengan  kualifikasi pekerjaan, CV mencerminkan profesionalisme dan yang terpenting yaitu mudah dibaca.

Panduan Lengkap Membuat Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisikan informasi lengkap seseorang untuk mempresentasikan dirinya kepada perusahaan. Untuk itu, CV harus dibuat dengan benar dan mencangkup informasi yang diperlukan. Berikut adalah panduan lengkap membuat Curriculum Vitae (CV):

 

  • Cantumkan Informasi Kontak dan Ringkasan Pribadi

 

Dalam membuat CV kamu harus memperhatikan beberapa informasi kontak seperti nama, alamat email, nomor handphone dan lainnya. Coba bayangkan, misalnya nih kamu sudah diterima seleksi berkas,  tapi informasi kontak tidak lengkap, tentu Tim HR akan kesulitan menghubungimu.

Sementara ringkasan pribadi berisi informasi singkat pengalaman dan keterampilan yang sesuai kualifikasi. Emangnya ringkasan pribadi penting, ya? Penting banget dong, Simpelnya, kayak gimana  sih cara kamu bikin HR tertarik di pandangan pertama. 

 

  • Riwayat Pendidikan Terakhir

 

Ketika membuat CV, jangan pernah berpikir untuk memasukkan riwayat pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK). Pegang deh kata-kata Miku, HR nggak akan peduli kamu lulusan TK mana pun. 

Tim HR membutuhkan informasi pendidikan terakhir ataupun kamu bisa memasukan 2 pendidikan terakhir. Jadi jangan dari TK, ya.

 

  • Masukkan Pengalaman yang Mendukung Kualifikasi

 

Pengalaman sesuai kualifikasi ini sangat penting agar kamu dilirik, loh.  Terus gimana dong kalau nggak punya pengalaman kerja? Eits, pengalaman itu bukan cuman pengalaman kerja doang. Kamu bisa menambahkan pengalaman organisasi, sukarelawan, magang, dan lainnya. Ingat ya, kaitkan pengalamanmu tersebut dengan kualifikasi di bidang yang kamu pilih.

 

  • Keterampilan Pendukung Wajib Ada

 

Selain pengalaman, kamu juga harus mencantumkan keterampilan sesuai bidang pekerjaan. Misalnya, beberapa skill digital marketing seperti social media marketing, email marketing, SEO, SEM, dan masih banyak lainnya.

Keterampilan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas ataupun bootcamp. Bahkan, sekarang banyak kelas gratis, loh. 

 

  • Tambahkan Referensi

 

Jika kamu sudah pernah bekerja atau magang, kamu bisa menambahkan referensi. Adapun informasi yang dicantumkan yaitu nama lengkap referee (orang yang memberikan referensi), posisi, nama perusahaan, nomor handphone, email dan deskripsi referensinya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Abstrak yang Benar dalam Penulisan Ilmiah

Nah, itulah panduan lengkap membuat Curriculum Vitae (CV). Sudah siap membuat CV, kan? Pastinya sudah dong. Bagi Sobat Miku yang mau informasi seputar karier, kampus, jurusan dan lainnya bisa kunjungi website maukuliah.id, ya. Selamat berjuang! 

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda