1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Jangan Panik! Inilah Tips Siapkan Mental Sebelum Tes...
Info Sekolah

Jangan Panik! Inilah Tips Siapkan Mental Sebelum Tes SNBT

Tips Siapkan Mental Sebelum Tes SNBT
419   |   Posted by Seprila Mayang   |   27 April 2023

MAUKULIAH.ID– Semakin mendekati tes UTBK-SNBT, banyak siswa yang merasa tertekan. Akibatnya, siswa-siswa tersebut merasa kewalahan dalam menjalankan aktivitas sekolah yang bersamaan dengan persiapan tes UTBK. Tentu, hal ini dapat  memberikan dampak buruk, khususnya bagi kesehatan.

 Di era modern saat ini, kesehatan mental menjadi hangat untuk diperbincangkan. Nah, bagi Sobat Miku yang sedang merasakan tertekan, tenang ya, kamu nggak sendiri, kok. 

Untuk itu, kali ini Miku akan berbagi tips siapkan mental sebelum tes SNBT. Pastikan kamu membacanya hingga tuntas, ya. Kamu juga bisa membagikannya kepada teman-teman yang juga membutuhkan informasi ini.

Baca Juga: Asah Kemampuan! Inilah Tips Mengerjakan Soal Numerik Matematika SNBT 2023

5 Tips Siapkan Mental Sebelum Tes SNBT

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Saat sedang masa persiapan UTBK seperti ini, mungkin kamu akan sulit menyisihkan waktu untuk dirimu sendiri. Maka, cobalah untuk mengurangi tekanan pada dirimu. Sejenak, kamu bisa mengalihkan waktu untuk hal-hal yang kamu sukai. 

Buat jadwal tetap dalam menjalankan kegiatan ini, ya. Jangan sampai kamu terlalu terlena hingga akhirnya kebablasan. Misalnya nih, kamu bisa menyisihkan waktu untuk menonton TV, menggambar, mendengarkan musik, bahkan meditasi.

2. Olahraga Dapat Mengurangi Stres

Tahu nggak Sobat Miku?  Selama melakukan olahraga, kamu sama seperti melepaskan Hormon Endorfin. Emang ada efeknya untuk stres? Nah, tidak hanya tubuh menjadi sehat. Dengan berolahraga, kamu juga bisa mengatasi stres dan gelisah berlebih. Juga, kamu bisa lebih berkonsentrasi dan tidur menjadi nyenyak.

3. Tetap Lakukan Hal Kecil Dengan Konsisten

Kalau lagi banyak pikiran atau gelisah, biasanya kita akan muncul perasaan malas. Jika ini dibiarkan, kamu bisa saja meninggal hal-hal yang rutin kamu lakukan. Misalnya, mandi pagi, sarapan atau berangkat tepat waktu. Dampak jangka panjangnya, pola hidupmu menjadi berantakan.

Maka, cobalah untuk tetap menjalankan rutinitas dengan baik meskipun terasa berat. Anggap saja, dengan kamu melakukan kegiatan itu, kamu sudah memenangkan pertempuran dari rasa malas.

4. Jika Stres, Bicaralah!

Kamu yang tau bagaimana dirimu. Kamu dapat membagi rasa gelisahmu dengan menulisnya di secarik kertas. Catatlah segala keinginan maupun kegelisahan. Lalu, tutuplah dengan doa baik.

Kamu juga dapat berbicara dengan orang di sekitarmu, seperti teman, sepupu, orang tua bahkan seorang ahli. Jangan malu untuk meminta pertolongan di saat kamu memang butuh, ya.

5. Tidur

Meskipun tidak mudah, tidur dapat menjadi solusi saat sedang gelisah. Dengan tidur, tubuh akan beristirahat sejenak dari penat. Jika kamu kesulitan tidur cobalah untuk mendengarkan sesuatu agar lebih tenang.

Baca Juga: Tips Memilih Kampus Agar Tidak Menyesal, Simak Yuk!

Itulah tips siapkan mental sebelum tes SNBT dari maukuliah.id. Ingat ya Sobat Miku, jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Rencanakan dengan baik, lakukanlah yang terbaik, lalu pasrahkan hasilnya. Semua orang sudah punya porsinya masing-masing dan tidak akan tertukar. Selamat berjuang dan semoga sukses!

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda