1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Mengenal Pengertian Noun Phrase & Contoh Kalimatnya
Info Sekolah

Mengenal Pengertian Noun Phrase & Contoh Kalimatnya

Noun Phrase
158   |   Posted by Siti Haliza   |   20 November 2023

MAUKULIAH.ID – Hai, Sobat Miku! Kali ini Miku mau aja kamu untuk mengeksplorasi topik dalam bahasa Inggris tentang noun phrase. Noun phrase dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai frasa benda. Biasanya sih digunakan untuk memperjelas suatu kata utama. 

Sobat Miku mungkin bertanya-tanya seperti apa noun phrase itu.  Hm, penasaran seperti apa noun phrase digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya.

Mengenal Noun Phrase

Noun phrase adalah gabungan kata dalam bahasa Inggris yang dimodifikasi sebagai kata benda. Gabungan kata ini bisa terdiri dari berbagai jenis kata, seperti kata benda, kata sifat, kata keterangan, dan kata ganti.

Kata yang termasuk ke dalam noun phrase adalah gabungan dua atau lebih kata yang membentuk sebuah makna baru. Misalnya, “rumah” adalah kata benda, sedangkan “rumah yang besar” adalah phrase yang terdiri dari kata benda “rumah” dan kata sifat “besar”. Makna frasa “rumah yang besar” adalah rumah yang memiliki ukuran yang besar.

Contoh lain kata “rumah” adalah kata benda, dan kata “sakit” adalah sifat, maka jika keduanya digabungkan akan memiliki makna berubah bangunan untuk pertolongan orang sakit. Sehingga, singkatnya noun phrase adalah penggabungan dua kalimat yang membentuk makna baru.  

Jenis Noun Phrase

Menurut aturan tata bahasa Inggris, noun setara dengan kata benda, tetapi tergantung pada penempatannya dalam kalimat, kata ini dapat memiliki berbagai peran tata bahasa. Ada dua kategori umum dalam noun phrase; frase dengan premodifier dan frase dengan postmodifier.

1. Noun Phrase Premodifier

Noun phrase premodifier adalah kata yang diletakkan di depan kata beda. Premodifier ini biasanya ditemukan dalam bentuk kata sifat, kata benda posesif, kata ganti posesif, atau kata benda majemuk.  

Contoh kalimat phrase premodiefer

The flying plane won’t be back until next summer.

The” adalah sebuah article, dan “flying” adalah sebuah participle, keduanya mengubah kata benda subjek “plane.”

2. Noun Phrase postmodifier

Noun phrase postmodifier adalah noun phrase yang menggunakan phrase preposition, participle, majemuk beserta klausa relatif. Ketika Sobat Miku menggunakan phrase ni maka kata yang ditambahkan cenderung muncul setelah kata benda. 

Contoh kalimat noun phrase postmodifier 

The woman of the house was always up before dawn.

Pada kalimat ini, Sobat Miku bisa memperhatikan “of the house” adalah contoh phrase post modifier. 

Pada kalimat klausa relatif seperti “The hat that was found at the crime scene was a major clue”. Kata ini memodifikasi subjek dengan memberi informasi lebih lebih atau kontekstual mengenai subjek di awal kalimat. 

Contoh Lain Penggunaan Noun Phrase dalam Kalimat

Berikut adalah contoh kalimat noun phrase yang dapat memudahkan Sobat Miku untuk mempelajari materi ini:

  • The scientist who discovered the cure for that disease
  • The book on the table with the red cover
  • My friend’s brother’s graduation ceremony
  • The mysterious old mansion at the end of the street
  • I read my little sister a story

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Paling Sulit, Menantang Tetapi Memuaskan

Nah itu tadi penjelasan mengenai noun phrase. Materi ini terkadang agak sedikit sulit untuk dipahami. Penggunaan noun phrase memerlukan pemahaman komposisi penggunaan kata dalam bahasa Inggris yang cukup kompleks. 

So, bagi Sobat Miku yang ingin mengetahui lebih banyak materi pembelajaran dan info jurusan dapat langsung mengunjungi maukuliah.id.

 

Sumber foto: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda