1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Peserta SNBT 2024 Kini Bisa Pilih 4 Prodi,...
Info Sekolah

Peserta SNBT 2024 Kini Bisa Pilih 4 Prodi, Seperti Apa Ketentuannya?

30   |   Posted by Siti Haliza   |   21 December 2023

MAUKULIAH.ID – Sobat Miku, dulu waktu Miku masuk ke perguruan tinggi, Miku ngerasa bingung mau pilih jurusan yang mana. Apalagi pilihan jurusan cuma dua program studi (prodi) aja. Makin bingung deh!

Eh gak tahunya di tahun 2024 mendatang, Kementrian Pendidikan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) ngasih info kalau peserta Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) bisa memilih maksimal 4 program studi, lho. 

Wah, pastinya ini kabar menggembirakan bagi sobat Miku. Eits, jangan lupa untuk 4 pilihan program studi di SNBT 2024 ini ada ketentuannya juga ya. Seperti apa ketentuan pemilihannya ya kira-kira? Yuk kita bahas. 

Ketentuan Pemilihan SNBT 2024

Sobat Miku yang akan mengikuti SNBT 2024, jangan lupa untuk catat ketentuan pemilihan program studi  agar menghindari kesalahan dalam pengisian pendaftaran ya. 

Jadi, pada SNBT ini setiap peserta memiliki kebebasan untuk menentukan program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Peserta diizinkan memilih hingga empat program studi, yang terdiri dari dua pilihan program akademik (sarjana) dan dua pilihan program vokasi (D3 dan D4), dengan ketentuan berikut:

  • Satu pilihan program studi, peserta dapat bebas memilih di berbagai program apa pun.
  • Dua pilihan program studi, peserta bebas memilih di program mana pun.
  • Tiga pilihan program studi, peserta dapat memilih 2 program sarjana dan 1 program vokasi atau 1 program akademik dan 2 program vokasi.
  • Empat pilihan program studi, peserta dapat memilih 2 program akademik dan 2 program vokasi, atau ketiga program sarjana dan satu program D3/D4.

Oh ya, jangan lupa sesuaikan urutan pemilihan program studi ya Sobat Miku. Berdasarkan pengurutan ini akan menjelaskan tingkat prioritas kamu dalam memilih program studi. 

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Mengapa Program Studi Vokasi Wajib Ada di 4 Pilihan Prodi?

Mungkin Sobat Miku bertanya-tanya terkait, mengapa ya harus memilih salah satu program studi dari Vokasi? Ternyata ada alasan loh dibaliknya.

Pertanyaan Sobat Miku ini dijawab langsung oleh ketua Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof. Ganefri. Beliau menjelaskan kalau alasan penggabungan pemilihan akademik dan vokasi ini punya tujuan khusus loh. 

“Penggabungan pendidikan akademik dan vokasi bertujuan agar terjadi peningkatan peminatan vokasi. Sehingga anak-anak diberi kesempatan untuk dapat memilih 4 program studi,” jelas Pak Ganefri pada Konferensi Pers Peluncuran SNPMB PTN Tahun 2024 di kanal Youtube SNPMB BPPP, Jumat (8/12/2023).

Fakta yang gak banyak orang ketahui adalah sebenarnya vokasi juga termasuk gabungan dari perguruan tinggi kok, namun sayang banget nih peminatnya ga sebanyak pendidikan sarjana :(. Makanya melalui pilihan yang banyak ini, Pak Ganefri ingin Sobat Miku mengenal vokasi lebih jauh lagi. 

Kesempatan ini juga dapat menjadi keuntungan loh untuk Sobat Miku. Pilihan yang semakin banyak akan memperbesar peluang untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri jauh lebih tinggi. 

Baca juga: Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali dan Alasannya

Nah itu tadi terkait ketentuan terbaru dalam memilih program studi yang dapat Sobat Miku cermati. Bagi Sobat Miku yang ingin mencari informasi terkait pilihan jurusan untuk SNBT, bisa banget loh untuk mengunjungi maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda