1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Apa itu Magnet? Inilah Pengertian, Jenis, dan Sifatnya
Info Sekolah

Apa itu Magnet? Inilah Pengertian, Jenis, dan Sifatnya

sifat-sifat-magnet
28   |   Posted by Seprila Mayang   |   21 September 2023

MAUKULIAH.ID– Magnet adalah salah satu benda yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sifat magnet yang bisa tarik menarik dan tolak menolak sangat unik dan dapat dijelaskan secara saintis. Dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai definisi, bentuk, dan sifat-sifat magnet.

Definisi Magnet

Magnet adalah material yang terbentuk dengan sifat khusus yang dapat menghasilkan gaya tolak dan tarik. Berasal dari bahasa Yunani yakni magnitis lithos, magnet memiliki arti batu Magnesia yang merupakan nama tempat ditemukannya benda ini. 

Pada awalnya benda ini ditemukan dari pertambangan logam dengan kemampuan menarik logam lainnya yang cukup kuat, nama setelah diteliti lebih lanjut tidak semua jenis logam dapat ditarik oleh magnet. 

Baca juga: Jurusan Geofisika, Mata Kuliah dan Prospeknya

Sifat-sifat Magnet

Magnet memiliki sifat-sifat unik yang tidak ada pada benda lain. Yuk kita bahas sifat-sifat magnet.

1. Dapat Menarik Benda

Sifat magnet yang pertama dan banyak diketahui orang adalah memiliki daya menarik benda tertentu. Namun, magnet tidak dapat menarik semua benda, biasanya material yang dapat ditarik oleh magnet adalah jenis logam.

2. Memiliki Dua Kutub Utara dan Selatan

Magnet memiliki dua kutub di bagian setiap ujungnya yakni positif dan negatif. Pada posisi tersebut akan menjadi kekuatan untuk menarik berbagai benda berbahan khusus. 

Ada satu hal yang menarik mengenai magnet, yakni mereka memiliki kutub positif dan negatif. Ketika kita meletakkan magnet mereka akan selalu menghadap ke arah bumi bagian utara, hal ini terjadi karena pengaruh medan bumi yang sangat kuat. Hal ini pertama kali dikemukakan oleh ilmuwan bernama William Gilbert pada 1600.

3. Gaya Tarik Menarik dan Tolak Menolak

Sifat magnet selanjutnya adalah dapat mendeteksi dua jenis kutub. Apakah kamu pernah mendekatkan kedua magnet dan mereka saling tolak menolak?  Itu adalah tanda bahwa kedua sisi tersebut adalah dua kutub yang sama.

Fakta unik lainnya dari magnet adalah, walaupun kita memotong magnet menjadi bagian kecil magnet tetap memiliki sifat ini.  

4. Dapat Menembus Penghalang

Kekuatan magnet dalam menarik benda terkadang dapat ditarik meskipun terdapat penghalang. Kamu dapat mencobanya dengan meletakkan logam atau magnet dan ditutupi sebuah kertas, magnet tetap akan menarik benda tersebut walaupun terdapat penghalang.

5. Memiliki Medan Magnet

Tahukah kamu jika  magnet memiliki medan magnet yang juga mengeluarkan gaya? Medan magnet ini merupakan ruangan di sekitar magnet yang masih terdapat pengaruh gaya untuk menarik magnet. 

Medan gaya magnet ini memiliki bentuk seperti garis lengkung, garis inilah yang disebut gaya magnet. Jika kamu penasaran, kamu dapat menaburkan serbuk besi pada sebuah kertas, serbuk ini akan menunjukkan keteraturan ketika berada di dekat medan magnet. 

Cara Menghilangkan Sifat Magnet

Fakta unik yang harus kamu ketahui, sifat-sifat magnet ini ternyata dapat dihilangkan loh. Cara menghilangkan sifat magnet adalah dengan cara:

  1. Dipukul atau dijatuhkan secara terus menerus
  2. Dialiri arus bolak-balik
  3. Dipanaskan

Berbagai Macam Bentuk Magnet

Dalam kehidupan sehari-hari, ada berbagai macam bentuk magnet yang dapat kamu temui. Secara umum, bentuk magnet yang biasanya ditemui adalah:

  1. Magnet batang
  2. Magnet jarum
  3. Magnet cincin
  4. Magnet silinder
  5. Magnet ladam

Jenis-jenis Magnet Yang Perlu Diketahui

Jika tadi kita sudah membahas mengenai sifat-sifatnya, sekarang kita akan membahas mengenai jenis bahan magnet yang terbagi menjadi dua yakni bahan magnetik dan bahan non-magnetik.

1. Magnet Alami

Awal penemuannya, magnet tercipta secara alami dan ditemukan melalui bebatuan. Sifat dari magnet alami memiliki ciri khas permanen dan sangat susah untuk dihilangkan. 

2. Magnet Buatan

Seiring meningkatnya kebutuhan dan permintaan magnet, maka manusia mulai mampu membuat magnet buatan. Berikut adalah bahan dasar pembuatan magnet yang dibagi menjadi 3 kelompok.

 

  • Bahan Magnetik (Feromagnetik)

 

Magnet yang memiliki bahan feromagnetik memiliki daya tarik yang cukup kuat. Ketika benda berbahan feromagnetik ada di sekitar magnet, maka magnet akan dengan cepat menarik benda tersebut. Beberapa bahan feromagnetik di antaranya adalah besi, nikel, dan baja.

 

  • Para magnetik

 

Berbeda dengan bahan feromagnetik, jenis bahan ini memiliki sifat magnet yang sangat lemah. Contoh para magnetik adalah platina dan aluminium.

 

  • Diamagnetik

 

Bahan ini sama sekali tidak memiliki kekuatan untuk menjadi magnet karena sifatnya yang sama sekali tidak bisa tarik-menarik. Alasan ilmiah bahan ini tidak dapat menjadi bahan magnet adalah tidak ada magnet elementer.

Baca juga: Apa Itu E-sport: Pengertian, Perkembangan dan Jenis-jenisnya

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai pengertian, jenis, sifat-sifat magnet dan cara menghilangkannya. Semoga membantu kamu memahami materi magnet, ya. 

Oh iya, buat kamu yang ingin belajar lebih banyak, jangan lupa cek artikel seputar materi sekolah di maukuliah.id ya!

 

Ditulis oleh Siti Haliza

Diedit oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda