1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Wajib di Coba! Ini Lho Tips Belajar Efektif...
Info Sekolah

Wajib di Coba! Ini Lho Tips Belajar Efektif Si Gaya Belajar Kinestetik

Tips Belajar Efektif Si Gaya Belajar Kinestetik
176   |   Posted by Seprila Mayang   |   08 March 2023

MAUKULIAH.ID– Gaya belajar kinestetik merupakan penggabungan antara proses pembelajaran dengan aktivitas fisik. Jika kamu salah satu pembelajar gaya ini, maka kamu akan efektif belajar dengan cara merasakan atau bergerak. 

Biasanya tipe pembelajar gaya kinestetik, seringkali kesulitan memahami materi baru atau duduk diam di dalam kelas. Apakah Sobat Miku merasakannya? Kalau iya, kamu wajib banget baca artikel ini sampai tuntas. Berikut ini tips bagi para pembelajar kinestetik yang efektif. Simak yuk!

Baca juga: Bagaimana Mengenali Cara Belajar yang Tepat? Begini Caranya

Tips Belajar Efektif Si Gaya Belajar Kinestetik

1. Belajar di Luar Ruang dan Lakukan Simulasi

Memang belajar bisa di mana saja dan kapan saja, tidak terbatas ruang dan waktu. Namun bagi pembelajar kinestetik belajar di dalam kelas bisa terasa sangat membosankan. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan banyak  praktik yang berkaitan dengan pelajaran, sehingga materi yang diajarkan bisa langsung diaplikasikan.

2. Peregangan dengan Gerakan Sederhana

Di dalam ruangan, pembelajar dengan gaya kinestetik akan merasakan gerak yang terbatas. Kamu bisa melakukan gerakan sederhana untuk membangun fokus dengan cara menggerakkan badan seperti melakukan peregangan.

3. Gunakan Flash Card

Pelajar kinestetik cenderung menyukai benda bergerak, kamu bisa menggunakan flash card  untuk membantu mengingat kata-kata dengan melihat benda bergerak  mungkin lebih disukai otak kamu daripada kata-kata di halaman.

4. Pahami topik dengan Cara kreatif 

Ketika berusaha memahami materi, sering kali kalimat yang ada sulit dipahami. Maka, kamu dapat menggambar peta konsep di buku atau papan tulis sehingga dapat membantu ingatanmu saat dibutuhkan nanti. 

5. Belajar Sejarah dengan Kunjungan ke Museum

Indonesia memiliki sejarah yang panjang, sejak zaman kerajaan, pergerakan pemuda setiap daerah, perjuangan kemerdekaan dan berlanjut dari masa ke masa. 

Tipe Pembelajar gaya kinestetik akan merasakan kesulitan jika belajar hanya melalui halaman-halaman buku. Untuk itu, kamu bisa mencoba dengan belajar materi sejarah secara langsung di Museum.

Saat berkunjung di Museum, kamu tidak hanya membaca namun juga dapat melihat patung-patung dan juga peninggalannya. Dengan begitu pembelajaran akan lebih seru.

6. Temukan Video

Jika pembelajaran di kelas lebih banyak penyampaian materi dan pengerjaan soal, cobalah untuk menemukan video yang mendemonstrasikan atau memperagakan materi yang sedang dipelajari. Saat melihat video akan memudahkan Sobat Miku ketika mengerjakan tugas-tugas. 

Baca juga: Tips Belajar Mudah Mata Pelajaran yang Dianggap Sulit

Nah, itulah beberapa tips efektif belajar dengan gaya kinestetik. Semoga bisa dilakukan, ya. Kalau sobat Miku mau mencari informasi jurusan, kampus dan tips-tips lainnya, jangan lupa kunjungi maukuliah.id, ya. Tetap semangat, guys!

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda