1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Tips Sukses Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian
Featured

Tips Sukses Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian

262   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   28 June 2023

MAUKULIAH.ID – Memilih jurusan menjadi topik yang ditunggu-tunggu untuk dibahas agar dapat terhindar dari “Saljur” atau salah jurusan. Apalagi kalau sudah dengar kakak kelas yang tidak mau lanjut kuliah, duh bikin semangat rusak aja, deh.

Salah jurusan bisa diatasi dengan memilih jurusan sesuai kepribadian, loh. Emangnya bisa? Nah, sebelum lebih jauh kita kenali dulu ya apa itu kepribadian. Simak artikel ini hingga tuntas ya Sobat Miku.

Baca juga:  Bingung Pilih Jurusan? Inilah 10 Jurusan yang Bisa Membawa Masa Depan Cerah

Sederhananya kepribadian adalah ciri khas manusia yang berbeda. Pada usia menjelang memilih perkuliahan, kepribadian akan lebih stabil meskipun akan ada perubahan sedikit demi sedikit namun tidak banyak. Jadi tugasmu adalah cari tahu kepribadianmu apa.

Tips Sukses Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian

  • Optimize Your Strength

Sebelum memilih jurusan perkuliahan, perhatikan apa strenght dan interest-mu. Pada realitanya yang terjadi, banyak siswa yang memilih jurusan namun hanya ikut-ikutan karena belum memahami kepribadian.

Kenali terlebih dahulu diri kita sehingga kita bisa menentukan strength  yang ada pada diri. Kesadaran terkait strength ini bisa mempengaruhi Sobat Miku dalam memilih jurusan, “strength-ku ini, maka aku akan mengambil jurusan ini dan enggak bisa mengambil jurusan itu”.

  • Kenali Dirimu

Jika kamu merasa belum memiliki strength apapun, artinya kamu kurang mengenal dirimu. Untuk itu, coba deh lakukan kegiatan yang bisa membuat kamu mengenali dirimu sendiri misalnya, tulislah apa yang kamu suka atau tidak suka dan lainnya. Oh ya, perlu diingat bahwa strength itu tidak melekat pada suatu posisi tertentu, melainkan sebuah skill-set dan attitude

  • Jurusan kuliah bukan sebagai titik akhir

Apakah jurusan kuliah menentukan kesesuksesan?  Tentu tidak Sobat Miku, jurusan kuliah bukanlah titik akhir yang menentukan kesuksesanmu. Jurusan kuliah adalah area kerja yang akan kamu pilih setelah lulus. Jadi seharusnya, start from the end , punya gambaran dulu ujungnya mau gimana, kerja mau dibidang apa.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan di Kampus Sesuai Bakat, Apa Saja sih?

Lalu, mungkin pertanyaan “apa yang bisa dilakukan untuk mengetahui kepribadian?” Kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat yang disediakan oleh maukuliah.id  melalui tes kepribadian RIASEC. Cukup dengan menjawab pertanyaan selama 3 menit, kamu sudah bisa mendapatkan hasilnya. Apalagi, tes ini gratis tanpa dipungut biaya. Yuk segera kunjungi maukuliah.id/riasec-home. Selamat mencoba!

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda