1. Home
  2. /
  3. Info Beasiswa
  4. /
  5. Zhafira Aqyla Bagikan Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Info Beasiswa

Zhafira Aqyla Bagikan Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

267   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   28 June 2023

MAUKULIAH.ID – Pengin banget mendapatkan beasiswa tapi bingung harus memulai dari yang mana? Eh, malah semakin pusing karena banyak banget yang perlu disiapkan, seperti nilai akademik yang bagus, nilai toefl, bisa berbicara bahasa inggris biar bisa cas cis cus, dan masih banyak lagi. Kok kayaknya susah di gapai, ya? Eits, harus mikir optimis dong.

Buang deh jauh-jauh pikiran buruk tentang masa depan,  mending dsimak perjalanan Kak Zhafira Aqyla untuk mendapatkan beasiswa penuh di luar negeri. Kalau Sobat Miku ikut Maukuliah Online Edufair 2023 pada 22 Juni 2023 pasti sudah tau Kak Zhafira Aqyla menyampaikan apa aja, kan? Langsung aja, berikut tips mendapatkan beasiswa kuliah gratis ala Zhafira Aqyla yang Miku Rangakum.

Zhafira Aqyla Bagikan Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

  • Mulai dengan Mindset

Miliki definisi sukses yang sesuai denganmu. Kalau definisi sukses menurut Kak Zhafira yaitu “Success is ever-evolving and so much more within our reach than we tend to think, aku percaya bahwa definisi sukses itu selalu berubah dan berusaha fokus kepada apa yang bisa dilakukan”. 

Jadi poinnya, lihat apa yang kamu inginkan dalam jangka panjang lalu tarik garis ke belakang untuk tahu apa yang bisa dilakukan segera. Misalnya, Kak Zhafira ingin kerja di PBB, maka langkah yang harus dilakukan yaitu menentukan jurusan, kampus dan negara yang akan dituju. 

Selain itu, untuk mendapatkan beasiswa maka harus didukung oleh kecerdasan akademik (nilai rapor dan prestasi dikelas), kecerdasan emosi (bisa melalui organisasi dan ekstrakulikuler) dan juga mengikuti lomba.

Kak Zhafira juga menyampaikan, “Knowing I chose to it all” yaitu  menyadari bahwa kalau kamu mendapatkan hal yang besar maka upayanya juga harus besar. Jadi, memang akan ada hal yang harus kamu korbankan, misalnya waktu bermain, kemudian menggantinya dengan aktivitas yang memang sedang kamu prioritaskan.

  • Bagaimana Caranya Agar Seimbang

Banyak banget ya yang harus dilakukan lalu bagaimana agar seimbang? Nah saran dari kak Zhafira yaitu coba deh komunikasikan dengan diri sendiri, ada istilah menarik dari salah satu buku bahwa“mungkin karena kita sering dengar denting notifikasi sampai lupa komunikasi dengan diri sendiri”. 

Jadi, coba catat 5 tahun kedepan apa yang kamu rencanakan untuk pekerjaan, karier, percintaan dan kedepannya. kemudian, buat planner harian dan bulanan. Dengan adanya planner ini bukan hanya kita tau apa kegiatan yang dilakukan tapi juga dapat mengatasi rasa bersalah jika beristirahat. 

  • Lingkungan yang Suportif

Lingkungan memang sangat penting untuk berkontribusi pada kesuksesan kita. Tapi,sebagai orang yang sudah menjelang dewasa kita tidak perlu menjadi korban lingkungan karena sudah seharusnya kita bisa mengontrol pilihan kita. Kamu tidak bisa menyalahkan orang disekitarmu, karena kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri. Misalnya mau nugas bersama teman-teman di cafe, namun ternyata malah mengobrol, tentu kamu memiliki pilihan untuk pergi dari sana untuk melanjutkan mengerjakan tugas atau mengobrol.

  • Istirahat saat Burnout

Burnout itu normal dirasakan oleh seseorang. Itu bisa menjadi alarm diri bahwa kamu sedang lelah, sehingga cara mengatasinya adalah istirahat. Mungkin kamu merasa sudah lelah mengejar mimpi dan pengen nyerah saja, cobalah untuk beristirahat karena tubuh kita juga memiliki hak. Keinginanmu untuk menyerah hanyalah keinginan sesaat. Kamu sudah bisa sampai pada titik ini, untuk itu teruslah berjuang.

Nah, itulah tips mendapatkan beasiswa ala Kak Zhafira yang Miku rangkum. Jadi, siapa nih yang masih bingung pilih jurusan dan kampus? Kalu kamu salah satunya bisa cek maukuliah.id untuk mendapatkan berbagai informasi seputar jurusan, kampus dan beasiswa. Pastikan juga kamu tetap mengikuti Maukuliah Online Edufair 2023 karena masih ada pemateri keren lainnya. Yuk, langsung aja kunjungi maukuliah.id/edufair.

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda