1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Anti Hitung-hitungan? Kamu Wajib Tahu 10 Jurusan Kuliah...
Info Jurusan

Anti Hitung-hitungan? Kamu Wajib Tahu 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Mempelajari Matematika!

10 Jurusan Kuliah yang Tidak Mempelajari Matematika
18122   |   Posted by Seprila Mayang   |   02 March 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, banyak dari kita yang tidak menyukai pelajaran matematika. Ngaku, deh, pasti kamu salah satunya. Makanya, kamu bisa sampai di artikel Miku yang ini.

Tidak bisa dipungkiri, matematika sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), kita selalu bertemu mata pelajaran ini. Namun, tenang, untuk Sobat Miku yang anti banget sama matematika, wajib simak sampai akhir, ya. Inilah 10 jurusan yang tidak mempelajari matematika.

Baca juga: Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi, Inilah 5 Kampus dengan Jurusan DKV Terbaik

10 Jurusan yang Tidak Mempelajari Matematika

1. Ilmu Sejarah

Belajar sejarah itu selalu menyenangkan, apalagi kalau masuk jurusan ini otomatis tidak bertemu matematika, hehe. Jurusan ini mempelajari tentang peristiwa masa lalu melalui artefak, manuskrip, maupun peninggalan lainnya dalam sejarah Indonesia, dunia, zaman kuno, hingga modern.

Ilmu sejarah tak hanya mencakup aspek budaya, namun juga ekonomi, geografi, sosial, politik, bahasa, agama, pariwisata, militer, bahkan teknologi. Nah, inilah daftar kampusnya.

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  2. Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya
  3. Universitas Indonesia (UI) Depok
  4. Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar
  5. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

2. Ilmu Komunikasi

Kamu suka dunia kepenulisan, broadcasting, dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik? Wah, cocok banget sama jurusan Ilmu Komunikasi. Selain itu, jurusan ini juga tidak ada mata kuliah matematikanya, loh.

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang akan mengajarkan cara berkomunikasi atau menyebarkan informasi secara efektif dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kampus-kampus yang menyediakan jurusan ini meliputi:

  1. Universitas Diponegoro
  2. Universitas Negeri Malang
  3. Universitas Brawijaya
  4. UIN Jakarta
  5. Universitas Andalas

3. Administrasi Pendidikan

Pengin kerja di sekolah tapi nggak mau mengajar? Nah, jurusan ini tepat banget buat kamu. Administrasi Pendidikan mempersiapkan lulusannya untuk bekerja sebagai profesional di sekolah, tetapi bukan sebagai guru. Menariknya, kamu akan belajar tentang manajemen kurikulum, pedagogi, perencanaan pelajaran, dan banyak lagi.  Berikut ini daftar kampusnya;

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  2. Universitas Negeri Makassar
  3. Universitas Negeri Padang
  4. Universitas Negeri Malang (UM) 
  5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 

4. Antropologi

Jurusan ini memang cocok banget buat kamu yang anti matematika. Terlepas dari reputasinya sebagai salah satu jurusan yang sepi peminat, kalau masuk jurusan ini akan mempelajari banyak hal menakjubkan, loh.

Antropologi tidak hanya mempelajari masalah manusia dan budaya, tetapi juga terkait dengan cabang ilmu lainnya, termasuk kesehatan, teknologi, sosiologi, psikologi, ekonomi dan masih banyak lainnya. Nah, kampus yang menawarkan jurusan ini meliputi;

  1. Universitas Diponegoro (Undip)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3.  Universitas Brawijaya (UB) 
  4. Universitas Indonesia (UI)
  5. Universitas Padjadjaran (Unpad)

5. Sosiologi

Kamu mau jauhin matematika dan jiwa sosial-mu sangat tinggi? Nah, cocok banget jurusan ini. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan interaksinya dengan lingkungannya. Di jurusan ini, kita akan terbiasa kritis mengkaji fenomena sosial yang sedang terjadi di masyarakat.

Konsentrasi yang ditawarkan di jurusan ini meliputi, gender, kriminalitas, isu lingkungan, perkotaan/pedesaan, pembangunan, dan sebagainya. Jurusan Sosiologi sudah banyak tersedia di kampus Indonesia, di antaranya.

  1. Universitas Lambung Mangkurat 
  2. Universitas Sebelas Maret
  3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  5. Universitas Brawijaya

6. Ilmu Politik

Sobat Miku mau jauh-jauh dari hitung-hitungan? Bisa banget, ambil jurusan ini. Di Jurusan Ilmu Politik, berbagai mata pelajaran politik yang kompleks, termasuk fenomena sosial politik di tingkat nasional dan global. Ilmu Politik juga akan mencakup demokrasi, ideologi politik, partisipasi politik, pemilu, komunikasi politik dan opini publik, budaya dan sosialisasi politik.

Dengan memilih jurusan ini, peluang kerja sebagai politisi, anggota legislatif maupun parpol saja. Kampus yang menawarkan jurusan ini, yaitu:

  1. Universitas Indonesia atau UI
  2. Universitas Airlangga atau Unair
  3. Universitas Brawijaya atau UB
  4. Universitas Diponegoro atau Undip
  5. Universitas Gadjah Mada atau UGM

7. Bahasa dan sastra

Bahasa dan sastra adalah jurusan yang banyak mempelajari teori bahasa atau linguistik dan kesusastraan.  Jadi, sudah pasti tidak memiliki mata kuliah matematika maupun hitung-hitungan. 

Ada banyak jurusan yang bisa dipilih, mulai dari Bahasa dan Sastra Indonesia,  Arab, Perancis, Inggris, Rusia/Slavia, Mandarin, Jerman, Jepang, Belanda, Jawa, dan masih banyak lagi. Nih, Miku rekomendasikan kampusnya.

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Univeristas Negeri Jakarta
  5. Universitas Gadjah Mada.
  6. Universitas Airlangga

8. Filsafat

Jika kamu tidak menyukai matematika tetapi suka berpikir maka Filsafat mungkin menjadi pilihan utama. Jurusan filsafat akan  mengasahmu berpikir kritis, rasional, dan logis, sehingga mampu menjadi pencetus ide yang di berbagai bidang. Ada banyak kampus yang menawarkan jurusan ini, di antaranya:

  1. Universitas Indonesia 
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Katolik Widya Mandala
  4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

9. Seni

Di jurusan seni, kamu akan mempelajari secara mendalam semua aspek seni, mulai dari teori, praktik, pertunjukan, atau pemasaran. Jadi, bukan hanya mempersiapkan pementasan tapi kamu juga mempelajari bagaimana orang lain mengenal seni.

Ada banyak pilihan prodi seni, seperti Seni Karawitan, Etnomusikologi, Seni Pedalangan, Seni Tari, Seni Kriya, Televisi dan Film, Seni Rupa, Seni Musik dan masih banyak lainnya. Nih, daftar kampus keren yang punya jurusan seni;

  1. Institut Seni Indonesia Denpasar
  2. Institut Kesenian Jakarta 
  3.  Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  5. Institut Seni Indonesia Surakarta. 

10. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah salah satu mata pelajaran utama yang tidak memiliki mata kuliah matematika atau aritmatika. Hubungan Internasional atau HI adalah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana hubungan antar negara dibangun dan dipelihara di seluruh dunia, mengkaji isu dan fenomena hubungan lintas batas negara. mempelajari bagaimana hubungan antar negara dibangun dan dipelihara di seluruh dunia, mengkaji isu dan fenomena hubungan lintas batas negara. Berikut ini daftar kampusnya.

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  3. Universitas Jenderal Soedirman
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Riau

Baca juga: Jurusan Soshum dengan Kuota  Terbanyak di Universitas Indonesia, Ada Jurusan Impianmu Gak?

Itulah jurusan yang tidak perlu hitung-hitungan, namun menjelang semester akhir beberapa jurusan terdapat mata kuliah statistika. Semoga artikel ini membantu kamu memilih jurusan. Ayo, bersiap untuk kuliah di jurusan impianmu dengan mengunjungi Maukuliah Online Edufair 2023. Emang benefitnya apa? Kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa, konsultasi pendidikan dan karier serta masih banyak lainnya. Yuk dicoba!

Tags tidak ada

Komentar Anda