1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Suka Perkembangan Teknologi? Ini Dia 10 Jurusan yang...
Info Jurusan

Suka Perkembangan Teknologi? Ini Dia 10 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Teknologi

10 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Teknologi
315   |   Posted by Seprila Mayang   |   03 March 2023

MAUKULIAH.ID– Teknologi memberikan kemudahan bagi manusia untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.  Hal tersebut berdampak pada pembaharuan yang terus-menerus. Alhasil, kita dapat melihat pesatnya kemajuan teknologi yang semakin modern. Sobat Miku pasti sudah merasakannya, bukan? Seperti, kita dapat mencari informasi ataupun berbelanja hanya dalam genggaman tangan, yaps melalui handphone.

Dengan pesatnya pertumbuhan teknologi, kampus membuka beragam jurusan untuk menghadapi perkembangan zaman tersebut. Jika Sobat Miku tertarik, tidak ada salahnya jika mengambil jurusan kuliah yang berkaitan dengan teknologi. Tidak perlu bingung, berikut daftar jurusan yang bisa kamu pilih bagi pecinta teknologi.

Baca juga: Jurusan Teknologi Game, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

1. Agroteknologi

Jurusan Agroteknologi adalah jurusan yang berfokus pada mempelajari penggunaan teknologi dalam pertanian, hortikultura, dan akuakultur yang dapat meningkatkan kualitas dan hasil yang efektif. Jelas ya, ini menggunakan terknologi. Jadi. kamu bisa menepiskan dahulu stereotipe tentang jurusan pertanian, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini.

Jurusan Agroteknologi direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengembangkan pertanian berbasis ekonomi dan teknologi. Adapun beberapa kampus dengan jurusan ini, yaitu:

  1. Universitas Brawijaya.
  2. Universitas Andalas.
  3. Universitas Jenderal Soedirman. 
  4. Institut Pertanian Yogyakarta. 
  5. Universitas Sumatera Utara. 

2. Manajemen Informatika

Jurusan selanjutnya yang berkaitan dengan teknologi adalah Manajemen Informatika. Manajemen Informatika adalah studi tentang teori -teori dalam teknologi informasi dan penggunaannya yaitu dengan desain sistem informasi atau TI untuk menjembatani bisnis.

Ilmu manajemen informasi berguna dalam membantu bisnis atau organisasi mencapai target dan tujuan yang lebih efektif. Sehingga, tidak hanya mempelajari pemprograman, mahasiswa juga akan mempejari Ilmu manajemen dan bisnis. Daftar kampusnya, meliputi:

  1. Universitas Gunadarma 
  2. Telkom University
  3.  Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) 
  4. Politeknik Negeri Jember 
  5. Universitas Amikom Yogyakarta 

3. Teknologi Informatika

Siapa yang tidak kenal jurusan ini? Jurusan ini hits di kalangan anak milenial. Yaps, Teknik Informatika adalah bidang studi yang berkaitan dengan pemrosesan data menggunakan teknologi komputer dengan prinsip-prinsip dasar dan proses logika. Maka, mata kuliah yang akan dipelajari adalah Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi Berbasis Jaringan, Algoritma, Pemrograman dan masih banyak lainnya.

Setelah lulus, kamu berpotensi untuk bekerja di perusahaan ternama baik nasional maupun internasional sebagai Intelligent System Developer, Game Developer dan masih banyak lainnya. kampus-kampus yang menawarkan jurusan tersebut, di antaranya:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB) 
  2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 
  3. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
  4. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. 
  5. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. 

4. Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan tidak sama dengan jurusan pendidikan biasanya, ya. Diadakannya jurusan ini dengan tujuan untuk mendukung teknologi di bidang pendidikan. Adapun mata kuliah yang dipelajari meliputi: Teknologi pendidikan, Media Pembelajaran, Strategi pembelajaran, Pengantar Kurikulum dan mata kuliah lainnya.

Jurusan ini akan menghasilkan lulusan yang dapat memahami pengembangan, penggunaan, sumber manajemen dan pembelajaran berbasis teknologi. Dengan gelar yang didapatkan yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Kalau kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini, bisa berkuliah di kampus-kampus di bawah ini.

  1. Universitas Negeri Semarang
  2. Universitas Negeri Surabaya
  3. Universitas Negeri Yogyakarta
  4. Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Universitas Negeri Jakarta

5. Teknologi Game

Kamu suka bermain game dan tertarik untuk membuatnya? Pas banget, jurusan ini cocok buat kamu. Banyak yang akan kamu pelajari meliputi metode perancangan program, analisis dan perancangan sistem informasi, multimedia interaktif dan masih banyak lagi.

Kamu akan mempelajari pra hingga pasca produksi, termasuk proses distribusi game. Teknologi game adalah jurusan baru. Meskipun begitu, sudah banyak kampus yang menyediakan jurusan ini, berikut ini daftarnya.

  1. ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember),
  2. PNMK (Politeknik Negeri Media Kreatif), 
  3.  STMM (Sekolah Tinggi Multi Media) Yogyakarta
  4.  ITB (Institut Teknologi Bandung), 
  5. Binus University, PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), 

6. Desain Robotika Industrial

Kalau kamu suka robot wajib merapat, nih. Jurusan Industrial Robotic Design atau Desain Robotika Industri adalah jurusan yang berfokus mempelajari bagaimana membangun keberlanjutan industri melalui sistem produksi berbasis robot.  Di jurusan ini, kamu akan mempelajari dasar-dasar robotika, desain robot, hingga penerapannya di dunia kerja industri.

Kariernya meliputi: Automation/Mechatronics Engineer: Design, Implementation, Maintenance juga Project Manager, Production, dan Engineering. Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, ada beberapa universitas di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu:

  1. Institut Teknologi Sepuluh November. 
  2. Politeknik Negeri Batam.
  3. Bina Nusantara University (Binus)
  4. Universitas Sebelas Maret. 
  5. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

7. Software Engineering

Jurusan Software Engineering mempelajari cara memprogram perangkat lunak dan berinteraksi dengan perangkat perangkat keras yang berbeda. Lalu, apa yang akan di pelajari? kamu akan belajar cara mengembangkan dan memelihara perangkat lunak dengan cara kerja menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Banyak universitas yang menawarkan jurusan ini, 5 di antaranya sebagai berikut.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Islam Indonesia.
  3. Universitas Negeri Padang.
  4. Institut Sepuluh Nopember Surabaya.
  5. Telkom University.

8. Bioinformatika

Sobat Miku masih asing sama jurusan ini, ya? Sini Miku jelaskan. Bioinformatika adalah jurusan yang menggunakan ilmu komputer dan teknik informatika untuk membuat masalah kompleks dalam biologi menjadi lebih mudah dipahami. Bioinformatika sebagian besar terkait dengan teknologi karena menggunakan ilmu komputer untuk menganalisis data biologis, genetik, dan teknologi pangan. Hanya sedikit kampus yang menyediakan jurusan ini, yaitu:

  1. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Lampung, 
  2. Indonesia International Institute for Life Sciences (i3LS), Jakarta Timur.

9. DKV Animasi

Kalau kamu punya ketertarikan dengan desain, cocok banget kalau kamu memilih jurusan DKV animasi. Jurusan ini mempelajari pemecahan masalah yang berkaitan dengan kreativitas, estetika seni visual, teknologi, dan model bisnis untuk mendukung grafik komputer 3D.

Prospek kerjanya meliputi: Agensi periklanan pengembang web, , konsultan branding, perusahaan penerbitan dan sebagainya. Adapun daftar kampusnya meliputi:

  1. Universitas Negeri Malang (UM)
  2. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)
  3. Universitas Negeri Padang (UNP)
  4. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
  5. Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta.

10. Ilmu Komputer

Ilmu komputer adalah disiplin yang identik dengan pemrograman komputer. Sobat Miku dapat menggunakan keterampilan kompilasi dalam algoritma dan pemrograman untuk mengembangkan aplikasi atau sistem perangkat lunak. Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini, di antaranya:

  1. Universitas Pendidikan Indonesia 
  2. Universitas Indonesia 
  3. Institut Pertanian Bogor 
  4. Universitas Lampung 
  5. Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Sobat Miku, tunggu apa lagi? Ayo segera tentukan jurusanmu. Pilih jurusan yang paling sesuai dengan bakatmu. Apalagi perkembangan teknologi ini akan terus meningkat di masa depan. Sehingga prospek kerjanya pun semakin tinggi. 

Kalau mau mencari informasi lainnya bisa kunjungi maukuliah.id, ya. Tidak hanya informasi tentang jurusan, di maukuliah.id, kamu bisa mendapatkan informasi tentang kampus, prospek kerja dan tips menarik seputar seleksi lainnya.

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda