1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Super Menarik! 10 Karier di Bidang Teknik Masa...
Info Jurusan

Super Menarik! 10 Karier di Bidang Teknik Masa Kini

10 Karier di Bidang Teknik
424   |   Posted by Seprila Mayang   |   28 February 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, siapa sih yang tidak mengenal jurusan Teknik? Jurusan ini sangat populer terutama di kalangan laki-laki.  Keuntungan kuliah di teknik adalah kita dapat mengetahui dan menganalisis masalah-masalah yang terjadi dalam sebuah proyek industri atau dalam situasi sosial. 

Di Indonesia, ada banyak jurusan teknik. Lebih lengkapnya, kamu bisa baca di sini, ya. Nah, kali ini Miku mau membahas karier untuk kamu yang berkecimpung di bidang teknik. Inilah daftarnya 10 karier di bidang teknik.

Baca  juga: 5 Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang Wajib Diketahui

1. Karyawan IT

 

 

Pekerjaan yang pertama ini sudah sangat familiar di kalangan teknik informatika. Yaps, apalagi kalau bukan Karyawan IT. Jika kamu tertarik menjadi karyawan IT, setidaknya harus memahami dasar-dasar IT dan mampu beradaptasi saat melakukan berbagai jenis pekerjaan IT.

2. Dosen

 

 

Lulusan Teknik memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang pendidikan. Kalau kamu berminat dengan dunia kampus, kamu berkesempatan menjadi dosen. Bahkan, peluang untuk menjadi guru teknik sangat besar. Misalnya, Kebutuhan pengajar teknik elektro di tingkat SMK pun sangat tinggi.

3. Biomedical Engineer

 

 

Biomedical engineer adalah profesi yang menggabungkan prinsip-prinsip teknik dan sains. Dibidang ini, kombinasi pengetahuan ini ditujukan untuk menciptakan perangkat, sistem komputer, dan perangkat lunak yang terkait dengan ilmu kedokteran atau kesehatan. Gimana, sobat Miku berminat bekerja dibidang ini?

4. Control Engineer

 

 

Profesi ini sering disebut C&I atau control and instrumentation engineer. Tanggung jawab seorang C&I engineer meliputi pengembangan, desain, pemasangan pengaturan, dan pemeliharaan peralatan. Adapun hal penting yang harus dilakukan seorang C&I engineer adalah memastikan bahwa platform atau sistem dan proses bekerja secara efisien, efektif, dan aman.

5. Project Engineer 

 

 

Salah satu peluang karier bagi lulusan teknik elektro adalah menjadi project engineer.

Profesi ini mempersiapkan, mengatur, mengkoordinasikan dan memantau kelangsungan proyek-proyek yang berkaitan dengan bidang keinsinyuran yang dikerjakan oleh perusahaan dalam proyek. Selain itu, tugasnya adalah memberikan semua dukungan teknis yang diperlukan sesuai dengan kemampuannya.

6. Programmer

 

 

Siapa yang mau jadi programmer? profesi ini memang cukup hits di kalangan anak muda. Profesi ini berkaitan dengan jurusan Teknik Informatika. Kalau kamu ingin menjadi programmer, kamu harus menguasai bahasa pemrograman dan terampil menggunakannya.

7. Konsultan IT

 

 

Konsultan IT bertanggungjawab untuk menjembatani antara customer dan tim teknis. Dengan begitu,  konsultan IT dapat membantu customer untuk menyelesaikan Masalah seperti apa yang dikonsultasikan? Masalah IT yang berkaitan dengan sistem, aplikasi dan implementasi operasional di perusahaan.

8. Data Scientist

 

 

Kalau kamu bertanya pekerjaan yang sangat dicari saat ini? Data Scientist menjadi salah satu jawabannya. Pekerjaan tersebut bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan.

9. Web Developer

 

 

Sama dengan pekerjaan sebelumnya, Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang sangat dicari. Bayaran atau gaji seorang web developer sangatlah tinggi. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk membangun produk situs web atau sistem web.

10. Electrical Design Engineer 

 

 

Sudah pernah dengar pekerjaan ini? Kalau belum, Miku jelaskan. Tugas seorang electrical design engineer adalah mengaplikasikan prinsip teknik elektro dan sains material untuk proses analisis, desain, instalasi, serta perawatan sistem kelistrikan. Keren, ya!

Baca juga: 10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia

Nah, itulah karier di bidang Teknik. Semoga kamu bisa mendapatkan karier impianmu ya. Bagi kamu yang ingin mencari info

Tags tidak ada

Komentar Anda