1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Kamu Suka Bahasa Asing? Ini Dia 3 Jurusan...
Featured | Info Jurusan | Info Kampus

Kamu Suka Bahasa Asing? Ini Dia 3 Jurusan yang Cocok bagi Pecinta Bahasa

3 Jurusan yang Cocok bagi Pecinta Bahasa
14   |   Posted by Seprila Mayang   |   06 February 2023

MAUKULIAH.ID– Sobat Miku lagi suka belajar bahasa asing ya? Apa sih yang bikin kamu tertarik belajar bahasa asing? Ngacung deh yang sama seperti Miku. Kalau kamu lagi semangat banget belajar hangeul (Alfabet untuk menulis Korea) karena nonton Drama Korea (Drakor) atau pengin tulis nama K-pop Idol. Miku dukung deh kalau kamu mau mempelajari bahasa dengan sungguh-sungguh.

Ada istilah yang populer “kalau ingin menaklukkan dunia, kuasailah bahasa”, itu menunjukkan pentingnya mempelajari bahasa karena dengan mengerti bahasa akan luas juga pengetahuan kita. Jadi selain mempelajari bahasa sebagai sarana hiburan, Sobat Miku juga bisa mempelajari bahasa asing untuk menambah wawasan, melihat keberagaman dan memperluas jaringan. Nah untuk kamu yang suka bahasa, bisa jadi jurusan ini sesuai minat kamu. Berikut 3 Jurusan yang cocok bagi pecinta bahasa.

Baca Juga : 5 Jurusan Kuliah yang Paling Cocok untuk Anak Bahasa

3 Jurusan yang cocok bagi pecinta bahasa

1. Sastra dan Bahasa Asing

Jurusan Sastra dan Bahasa Asing adalah bidang studi yang mempelajari sastra dan bahasa dari berbagai negara di dunia. Di Indonesia, ada beragam jurusan bahasa dan sastra asing yang terdapat di berbagai kampus, baik swasta maupun negeri. Berikut adalah jurusan sastra dan rekomendasi kampusnya.

  1. Sastra Jerman, terdapat di Universitas Padjadjaran (Unpad)
  2. Sastra Arab, terdapat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  3. Sastra Belanda, terdapat di Universitas Indonesia (UI)
  4. Sastra Rusia, terdapat di Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran (Unpad) 
  5. Sastra Inggris, terdapat di Universitas Airlangga
  6. Sastra Jepang, terdapat di Universitas Brawijaya dan Universitas Udayana
  7. Sastra Cina, terdapat di Universitas Indonesia
  8. Sastra Korea, terdapat di Universitas Gadjah Mada

Tidak hanya mempelajari tata bahasa saja, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari kebudayaan, sejarah, kondisi sosial negara dan lainnya. Adapun Mata kuliah yang diajarkan di jurusan bahasa dan sastra pada umumnya meliputi fonologi, semantik, fonetik, morfologi, sintaksis, dan lain-lain. Kamu juga akan banyak melakukan kajian terhadap karya-karya bahasa asing seperti prosa, puisi, drama, novel.  Jika kamu sudah lulus dari jurusan ini, maka kamu memiliki peluang untuk menjadi penyunting Bahasa, sastrawan, tenaga pengajar dan leksikografer.

2. Pendidikan Bahasa

Bagi Kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu tidak hanya akan mempelajari bahasa asing, tetapi kamu juga akan mempelajari pengetahuan di bidang pendidikan seperti etika dan profesi pendidikan, manajemen pendidikan, bahkan bimbingan konseling. Selain menjadi guru, lulusan jurusan ini bisa menjadi wartawan, editor berita, editor/penyunting buku.

Baca Juga : Intip Yuk! Persyaratan dan Jadwal SNPB 2023

3. Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik mempelajari bagaimana menghasilkan, mengumpulkan, memilih, dan mengolah informasi yang bernilai berita secara akurat dan menarik. Adapun Prospek kerja jurusan ini  menjadi reporter, editor, copy editor, jurnalis media, photo journalist. Jurusan ini akan mempelajari Psikologi komunikasi, Penulisan berita, Penulisan feature, Bahasa jurnalistik, Penulisan berita, Penulisan feature dan lainnya. 

Itulah jurusan-jurusan yang cocok bagi kamu para pecinta bahasa asing. Selain jurusannya sesuai dengan minatmu, prospek kerjanya pun banyak dan bervariasi. Kalau kamu ingin mengetahui informasi lainnya kamu juga bisa kunjungi website maukuliah.id ya. 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda