1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 5 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia, Cocok untuk...
Featured | Info Jurusan | Info Kampus

5 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Referensi SNPMB 2023

Jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia
10   |   Posted by Seprila Mayang   |   02 February 2023

MAUKULIAH.ID– Hallo Sobat Miku kesayangan! Apakah kamu salah satu orang yang bermimpi menjadi seorang dokter? Pastinya kamu sekarang lagi kepo dengan deretan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia kan? Hihi ngaku aja deh!

Emang jurusan kedokteran itu di mana-mana menjadi primadona. Salah satu kampus dengan peminat terbanyak adalah Universitas Brawijaya. Jurusan kedokteran di universitas tersebut menerima 3.321 pendaftar yang memperebutkan 75 kursi, data itu berasal dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Sebagai referensi teman-teman yang mau mendaftar SNBP dan SNBT 2023, Miku kasih informasi 5 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia versi Times Higher Education Asia University Rankings (THE AUR) 2022. Pemeringkatan AUR 2022 dinilai berdasarkan indikator pengajaran, penelitian, sitasi, international outlook dan industry income. Berikut informasinya, disimak yuk.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

5 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI), Peringkat global ke 201-250

Jurusan Kedokteran Universitas Indonesia sudah terakreditasi A. Adapun jalur masuknya meliputi Jalur Masuk SNMPTN (30%) ,SBMPTN (40%), SIMAK UI (30%). Kurikulum Fakultas yang saat ini diterapkan adalah Kurikulum Fakultas 2021 yang terdiri dari 3 jenjang pendidikan yaitu Jenjang Pendidikan Umum dan Ilmu Kedokteran pada Semester 1-6 dan Praktik Klinis pada Semester 7-8.

Bagi yang membutuhkan bantuan dana, jangan khawatir, UI menyediakan Biaya operasional pendidikan berkeadilan (BOPB), Bidik misi. Bahkan terdapat  Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB) untuk memperluas jangkauan akademik calon mahasiswa bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

2. Universitas Airlangga (Unair), Peringkat global ke 401-500

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) merupakan Fakultas Kedokteran tertua ke-2 di Indonesia. Jurusan ini sudah terakreditasi A. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi mahasiswa FK UNAIR, Program sarjana dapat ditempuh selama 8 semester dengan 146 SKS. Mahasiswa yang telah menyelesaikan Program Studi sarjana Kedokteran mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked).

3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Peringkat global ke 401-500

Mulai tahun akademik 2020/2021, Universitas Gadjah Mada telah menggunakan kurikulum 2020 yang disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan Dokter Indonesia Konsil Kedokteran tahun 2019. Adapun fase pembelajaran yang ditempuh meliputi fase pertama (Foundation in Medicine and Transition to Practice selama 18 bulan), fase kedua (Complaint and Diseases selama 18 bulan), fase ketiga (Enhancing Personal Competences selama 6 bulan) dan fase keempat (Clinical Rotation selama 24 bulan).

Jurusan ini sudah terakreditasi A. Adapun jalur seleksi yang dapat ditempuh pada jurusan ini meliputi SNMPTN (kuota 30-50%), dan SBMPTN (kuota 30%), dan kuota hasil UTUL UGM adalah 20-40%. 

4. Universitas Hasanuddin (Unhas) Peringkat global ke 401-500

Bachelor of Medicine Leading to Medical Doctor (BM-MD) didirikan pada tanggal 27 Januari 1956. dan memiliki sejarah lebih dari 64 tahun, telah menghasilkan banyak dokter. Telah mempertahankan kualitasnya dengan meraih akreditasi A pada tahun 2007, 2012, dan 2018. BM-MD juga menjadi satu-satunya Prodi di Indonesia Bagian Timur yang terakreditasi oleh AUN-QA pada tahun 2017. BM-MD menerapkan digitalisasi dalam strategi pengajaran dan penilaian, yaitu pembelajaran campuran dan pengujian berbasis komputer.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS) Peringkat global ke- 401-500

Sudah terakreditasi A saat ini, Program Studi S1 ​​Farmasi Fakultas Kedokteran UNS telah berusia 43 tahun dan telah memasuki tahap pengembangan untuk meningkatkan kualitas institusi agar berdaya saing tinggi.

Program Studi S1 ​​Kedokteran UNS sudah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi, yang dijalankan dengan pendekatan SPICES (student-centered, problem-based, integrated, community-based,elective/ early clinical exposure, systematic).

Baca juga : SNBP Semakin Dekat, Pilih Universitas atau Jurusan dulu ya?

Itulah 5 Jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Untuk kamu, Miku mau sampaikan nasihat spesial dari Pangeran Seongnam di drama The Under Queen Umbrella nih, “Cita-cita tidak akan pergi kemana pun, kecuali mereka yang memilih meninggalkannya”, memang enggak selalu akan berhasil sih, tapi kamu selalu punya kesempatan untuk mencoba kok. Nah, kalau Sobat Miku mau cari informasi lainnya cek website  maukuliah.id. Fighting guys!

 

Ditulis oleh: Shitny Dwi
Disunting oleh: Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda