1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Kampus dengan Jurusan Tata Busana Terbaik
Info Jurusan

5 Kampus dengan Jurusan Tata Busana Terbaik

5 Kampus dengan Jurusan Tata Busana Terbaik
9388   |   Posted by Seprila Mayang   |   14 February 2023

MAUKULIAH.ID– Sobat Miku punya hobi mendesain dan menjahit pakaian? atau mengagumi karya seni design dan suka dengan peragaan busana? Miku kira jurusan Tata Busana ini mungkin akan cocok untuk kamu lho. 

Sadar atau tidak, fashion merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain berfungsi untuk menutupi tubuh, fashion juga menjadi cara untuk mengekspresikan diri dan mencerminkan identitas individu. Tren fashion selalu berubah dari waktu ke waktu.

Bahkan saat ini dilengkapi dengan gaya dan preferensi yang berbeda-beda. Biasanya tergantung pada tempat, budaya, dan kepribadian masing-masing individu. Namun, pada intinya, fashion selalu berkaitan dengan tiga hal yaitu: fungsi, estetika, dan identitas.

Kamu pasti pernah melihat desainer ternama memamerkan koleksi cantiknya di Jakarta Fashion Week. Ternyata membuat baju yang bagus juga butuh ilmu lho. Apakah kamu tertarik untuk mengeksplorasi dan belajar tentang dunia fashion? Jika iya, mungkin kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini terkait fashion design. 

Nah, berikut ini adalah beberapa deretan kampus terbaik yang memiliki jurusan tata busana atau fashion design. Check it out!

Kampus Jurusan Tata Busana Terbaik di Indonesia

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)  merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi pendidikan tata busana yang terdapat di kota Jakarta. Program studi pendidikan tata busana adalah program studi yang berada di bawah naungan jurusan ilmu kesejahteraan keluarga pada fakultas teknik UNJ. Program studi tata busana di UNJ tercatat memiliki akreditasi A. Lulusan tata busana UNJ akan bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Baca Juga : Kampus dengan Jurusan Bahasa Asing Terbaik 2023

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Tata busana UPI telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Program studi ini masuk ke prodi fakultas ilmu pendidikan. Tujuan prodi ini adalah untuk mendidik mahasiswa memiliki kompetensi yang bersaing dalam bidang tata busana.

3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Pendidikan tata busana Unnes ini terakreditasi B dan masuk ke fakultas teknik Universitas Negeri Semarang. Visi dan misi prodi tata busana ini, mampu mempunyai kompetensi profesi di bidang pendidikan tata busana dan menghasilkan generasi unggul dan profesional.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Program studi tata busana UM yang terletak di Malang ini sudah terakreditasi B. Jurusan ini bertujuan mampu menghasilkan generasi yang kompetitif, cerdas, profesional dalam bidang tata busana.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jurusan tata busana di UNY ini sudah terakreditasi A. Prodi ini mempelajari tentang konsep pengetahuan dalam bidang tata busana yang berorientasi pada life skill, dan mempelajari prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran tata busana.

Baca juga : 5 Program Studi Kekinian ini Sangat Diminati oleh Kaum Milenial

Melalui jurusan ini para mahasiswa akan belajar melalui berbagai aspek dalam industri fashion, mulai dari konsep kreatif hingga pengembangan produk. Setelah lulus, para lulusan tata busana memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang dalam industri fashion, baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itu, jurusan tata busana menjadi pilihan menarik bagi mereka yang tertarik dengan industri kreatif dan mode.

Itulah 5 kampus dengan jurusan tata busana terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi Sobat Miku dalam memilih kampus. So, kamu jadi tahu kan, mau berkuliah di mana? jika kamu mau tips dan informasi lainnya bisa kunjungi maukuliah.id 

Tags tidak ada

Komentar Anda