1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Program Studi baru dari PTN Ternama, Ada...
Info Jurusan

5 Program Studi baru dari PTN Ternama, Ada yang Booming di Internasional loh!

5 Program Studi baru dari PTN Ternama
16   |   Posted by Seprila Mayang   |   25 January 2023

MAUKULIAH.ID– Hayo ngaku, siapa di sini yang penasaran dengan program studi baru di perguruan tinggi? Kira-kira ada program studi apa saja sih yang termasuk baru di lingkup PTN Indonesia. Gak usah pakai lama deh, langsung aja ya, Miku kasih tahu 5 Program studi baru yang bisa nambah referensi kamu. Check this out!

5 Prodi baru PTN 2023

 

1. Produksi media (Universitas Indonesia) 

 

Ada yang udah tahu Prodi Produksi Media? ini salah satu Program studi baru di Unversitas Indonesia yang hadir sejak tahun ajaran  2021/2022. Program studi ini berfokus untuk menciptakan dan menghasilkan media.  Jika sobat Miku masuk program studi ini maka akan berkesempatan diajar oleh dosen profesional yang juga seorang praktisi dari berbagai instansi seperti Google, Vidio, Microsoft, Spotify dan masih banyak lagi, keren ya. 

Eh masih ada lagi lho. Selain mendapat ijazah,  pada program studi Sarjana terapan (D4) Produksi media ini kamu juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi yaitu Sertifikat Kompetensi Game Designer, Sertifikat Kompetensi Social Media Specialist, Sertifikat Kompetensi Content Creator, dan Sertifikat Kompetensi Manajemen Produksi Film. Menarik sekali bukan?

 

2. Manajemen Bisnis Pariwisata (Universitas Indonesia )

 

Program Studi baru selanjutnya ini juga dari Universitas Indonesia. Dengan masuk pada program studi ini sobat Miku diharapkan dapat mengelola usaha pariwisata secara profesional. Sama seperti program studi sebelumnya, saat Sobat Miku lulus nanti juga akan mendapatkan sertifikat lho, mulai dari TOEFL / TOEIC, Kewirausahaan dari LSP UI, Liaison Officer (LO) dari LSP UI, Kepemanduan Wisata dari LSP UI. 

 

3. Teknik Infrastruktur Lingkungan (Universitas Gadjah Mada)

 

Sobat Miku punya ketertarikan dengan lingkungan dan pembangunan? Program studi ini tepat banget untuk Sobat Miku. S1 Teknik Infrastruktur Lingkungan ini berfokus pada sektor publik, berbeda dengan teknik lingkungan yang berorientasi pada sektor industri. Prospek kerja lulusannya juga banyak, kamu bisa menjadi konsultan, dosen, dan  tenaga ahli di bidang pengendalian pencemaran lingkungan.

 

4. Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) 

 

Pasti Program studi ini jarang banget Sobat Miku dengar atau baca di Social Media. Program studi keilmuan sains analitik dan instrumentasi kimia memang baru banget sih yaitu resmi dibuka pada tahun ajaran 2022/2023. Padahal prospek kerja yang berhubungan dengan prodi ini banyak lho, antara lain consultant , QC/QA, RnD,  entrepreneur, scientist,   dan lainnya. 

5. Teknologi Sains Data (Universitas Airlangga)

 

 

Memang gak booming di Indonesia tapi sudah sangat hits menjadi perbincangan Internasional. Mungkin kalimat ini yang bisa menggambarkan program studi ini. Program Studi dari Universitas Airlangga ini  adalah prodi baru dan menjadi pertama di Indonesia. Prodi ini fokus pada penerapan ilmu data di bidang kesehatan, sosial dan komunikasi, industri dan bisnis dan keuangan.

Jadi bagaimana, sudah terjawab, kan? Sobat Miku minat yang mana nih? Kelima prodi tersebut bisa dipertimbangkan untuk pilihan kamu. Selamat Berjuang!

 

Ditulis oleh:  Shitny Dwi

Disunting oleh: Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda