1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak...
Info Jurusan

5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

Tips pilih jurusan
15   |   Posted by Seprila Mayang   |   19 January 2023

Maukuliah.id– Bingung memilih jurusan memang kerap dirasakan setiap siswa di akhir kelas 12. Eits tenang aja! Kamu bukan satu-satunya orang yang bingung dalam memilih jurusan. 

Jangan panik dulu ya. Yuk kita diskusi dulu apa saja sih yang harus dilakukan saat memilih jurusan. Simak 5 langkah ampuh di bawah ini, check it out!

5 Tips Jitu Memilih Jurusan 

1. Kenali diri 

Kebanyakan orang berusaha mengenal orang lain, namun ternyata terhadap dirinya sendiri sangat asing. Padahal saat seseorang sudah mengenal diri sendiri maka akan mudah baginya untuk memahami apa yang dibutuhkan. 

Apa yang kamu butuhkan? apa yang kamu inginkan? apa yang harus dilakukan untuk mencapai keinginanmu? Jika kamu sudah dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka mudah bagimu untuk merencanakan masa depan dan membuat keputusan. Misalnya seperti dalam memilih jurusan.

Ingat ya kalimat dari Benjamin Franklin! “Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal.” Jadi, ayo mulai tulis rencanamu.

2. Kenali jurusan 

Saat kamu sudah mengetahui apa yang kamu inginkan, juga minat dan bakatmu. Langkah selanjutnya adalah melakukan riset jurusan yang kamu minati, konsultasi dengan profesional seperti Guru Bimbingan Konseling serta mengunjungi pameran jurusan yang biasanya diadakan baik online maupun online.

3. Kenali kampus

Penting untuk mengenal kampus, karena tidak semua kampus memiliki jurusan yang kamu pilih. Misalnya jurusan kriminologi, hanya hitungan jari kampus yang menyediakan jurusan tersebut. Selain itu, setiap kampus memiliki keunggulan yang berbeda, sehingga kamu perlu melihat peringkat dan pencapaian kampus yang kamu tuju.

4. Kenalkan Jurusan dan Kampus impianmu kepada orang tua

Rencana yang sudah disusun harus segara dieksekusi. Namun, rencanamu akan tersendat jika ternyata rencana itu bertentangan dengan pilihan orangtua. Maka, cari informasi sebanyak mungkin lalu lakukan presentasi kepada orangtua kamu. Jika orangtua sudah setuju, maka rencanamu akan mulus seperti jalan tol hehe

5. Kenali jurusan yang akan kamu pilih

kalau kamu merasa bingung memilih jurusan yang tepat, kamu bisa memilih jurusan yang paling kamu sukai. Setelah memilih jurusan yang kamu inginkan, segera kepoin mata kuliah dan habit yang biasa dilakukan dalam perkuliahan tersebut. Nah, kamu bisa melakukan cek minat dan bakat kamu agar tak salah pilih jurusan melalui https://maukuliah.id/riasec-home

Jadi, itu tadi tips yang bisa kamu terapkan. Silahkan dicoba tipsnya dan buktikan hasilnya. Namun ingat ya, yang namanya hidup pasti ada rintangan, lompat-lompat letih sedikit dinikmati aja, ya. Jangan lupa pantengin maukuliah.id untuk informasi perkuliahan nanti. Selamat berjuang!

Ditulis oleh:  Shitny Dwi

Disunting oleh: Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda