1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. 7 Kesalahan yang Bisa Membuat Gagal SNBP 2024
Info Sekolah

7 Kesalahan yang Bisa Membuat Gagal SNBP 2024

Kesalahan di SNBP
10   |   Posted by Siti Haliza   |   19 January 2024

MAUKULIAH.ID – Pada 2023 lalu, Miku sempat melihat berita di televisi yang mengabarkan ada seorang siswa gagal lanjut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Tahu gak gagalnya karena apa? Ternyata perkara foto yang digunakan tidak sesuai. 

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi sangat memperhatikan detail berkas dan data-data kita. Makanya kasus gagal seperti ini bisa saja terjadi. Apalagi ada beberapa dari kamu yang tidak memperhatikan persyaratan dengan baik. Padahal hal seperti ini penting banget loh, Sobat Miku! 

Agar kejadian-kejadian terkait kesalahan gagal SNBP 2024 tidak terjadi dikamu, berikut Miku share beberapa kesalahan yang berpotensi membuat kamu gagal SNBP! Yuk simak di bawah ini!

1. Salah Entri Data Sekolah

Salah entri data sekolah merujuk pada kesalahan dalam memasukkan informasi identitas atau profil sekolah. Ini dapat mencakup kesalahan dalam mengetik nama sekolah, alamat, atau informasi kontak lainnya. 

Kesalahan semacam ini memang kadang kali tampak sebagai “hal kecil” tapi berdampak pada pengelolaan data siswa dan proses administratif sekolah secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Miku untuk melakukan verifikasi data secara berkala. Jangan lupa pastikan bahwa informasi yang dimasukkan sesuai dan akurat.

2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Salah

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan identifikasi unik untuk setiap siswa di Indonesia. Kesalahan dalam mencatat atau menggunakan NISN dapat menyebabkan kesulitan dalam mencari dan mengelola data siswa secara efektif. Penting bagi Sobat Miku agar tidak typo saat mengisi NISN. 

3. Membuat Raport Baru untuk Katrol Nilai

Proses pembuatan rapor baru mungkin timbul akibat kesalahan administratif atau teknis, namun ini bisa berdampak pada raport ditandai sebagai katrol nilai. Selain berdampak pada hasil yang buruk, membuat rapor baru akan merusak nama baik sekolah di mata perguruan tinggi. 

4. Tidak Melampirkan Portofolio untuk Program Studi Seni dan Olahraga

Beberapa program studi, terutama yang berfokus pada seni dan olahraga, mungkin mensyaratkan pengajuan portofolio sebagai bagian dari proses penerimaan. Banyak banget nih ditemukan, siswa yang tidak melampirkan portofolio hingga akhirnya tidak diterima di perguruan tinggi. 

Baca juga: Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SNBP 2024

5. Terlalu Mepet Mendaftar

Please, bagi Sobat Miku yang akan validasi/finalisasi data, jangan mepet diakhir pendaftaran. Biasanya akan terjadi beberapa issue seperti website error atau hal tidak terduga lainnya sehingga mengakibatkan data tidak tersubmit. Jadi, usahakan untuk validasi data sekitar 3-4 hari sebelum pendaftaran ditutup ya. 

6. Foto Tidak Sesuai

And the last one, foto. Penggunaan foto itu penting banget, jadi usahakan ikuti aturan terkait kebutuhan foto ya Sobat Miku. Foto yang tidak memenuhi syarat bisa langsung didiskualifikasi dan mengakibatkan Sobat Miku gagal SNBP. 

Baca juga: Cara Mendaftar DTKS KIP Kuliah

Itu tadi kesalahan yang membuat banyak siswa gagal SNBP, Sobat Miku jangan sampai mengulang kesalahan yang sama ya! Untuk menambah wawasan informasi terkait memilih jurusan dan kampus, cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id!

Tags tidak ada

Komentar Anda