1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SNBP 2024
Info Jurusan

Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SNBP 2024

Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SNBP 2024
393   |   Posted by Siti Haliza   |   18 January 2024

MAUKULIAH.ID – Ketika Miku kuliah, ada banyak banget teman Miku yang mengalami insiden salah jurusan karena tidak riset dengan mendalam. Akibatnya, sebagian dari mereka ada yang memutuskan perkuliahan di tengah jalan. Bahkan ada juga yang hanya “sekadar menjalani” perkuliahan tanpa motivasi yang jelas.

Salah jurusan itu dampaknya gede banget! Makanya ketika Sobat Miku ingin memilih jurusan untuk SNBP, pastikan kamu mengenal diri dan mengetahui bidang apa yang ingin kamu pelajari. Untuk membantu kamu memilih, di artikel ini, Miku mau sharing tips memilih jurusan yang tepat untuk SNBP 2024 biar ga salah pilih. Check this out!

1. Kenali Minat dan Bakatmu

Mengenali minat dan bakat adalah hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk pertimbangan mengambil keputusan. Menjalani perkuliahan bukan waktu yang sebentar, makanya Sobat Miku harus tahu bidang apa yang bisa membuat kamu antusias, nah kemudian kamu bisa mencari informasi terkait bidang tersebut bisa dipelajari di jurusan apa. 

Selain itu, untuk mengenal minat dan bakat kamu juga bisa loh ikut tes potensial yang disediakan oleh Maukuliah. Kamu bisa akses di sini ya https://maukuliah.id/test.

2. Pelajari Prospek Karir Jurusan

Next, kalau sudah menemukan nih bidang dan jurusannya, Sobat Miku jangan lupa untuk pelajari prospek karir jurusannya. Agar ketika menjalani kuliah, sudah mendapatkan gambaran bahwa kamu akan mengambil mata kuliah yang relevan dengan karir tersebut. 

3. Konsultasi dengan Wali Kelas

Kalau masih bingung dan belum menemukan apapun yang menarik, boleh banget loh Sobat Miku konsultasi dengan wali kelas. Mereka telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas banget soal siswa yang mengambil jurusan, jadi kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih spesifik. 

Baca juga: 5 Kampus Swasta yang Telah Membuka Pendaftaran 2024/2025

4. Perhatikan Fasilitas dan Sarana Kampus

Sobat Miku yang sudah menentukan kampus dan jurusan, bisa cek informasi terkait fasilitas dan sarana apakah sudah memadai untuk mendukung perkuliahan atau belum? Ini penting banget loh agar Sobat Miku ketika kuliah akan menjadi lebih nyaman. 

5. Diskusi dengan Mahasiswa Senior

Jangan sungkan untuk berkenalan dan diskusi dengan mahasiswa senior yang sudah mengambil jurusan yang Sobat Miku tuju. Ini akan membuka wawasan kamu lebih luas tentang lingkungan dan pembelajaran secara spesifik. 

6. Perhatikan Lokasi Kampus

Lokasi kampus juga penting untuk dipertimbangkan. Pastikan kampus berada dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Pertimbangkan pula aksesibilitas dan biaya hidup di daerah sekitar kampus.

7. Ikuti Seminar dan Workshop

Kalau sekolah mengadakan seminar atau workshop jangan lupa untuk dimanfaatkan kesempatan tersebut. Ini berguna untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang bidang studi yang kamu minati dan memperluas wawasanmu.

Baca juga: 8 Program Beasiswa Sarjana, Calon Mahasiswa Wajib Tahu! 

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan Sobat Miku dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih jurusan SNBP 2024. Bagi Sobat Miku yang ingin menggali informasi lebih lanjut terkait jurusan dan kampus, jangan lupa cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id ya!

 

sumber: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda