1. Home
  2. /
  3. Info Beasiswa
  4. /
  5. 8 Program Beasiswa Sarjana, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
Info Beasiswa

8 Program Beasiswa Sarjana, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

2   |   Posted by Siti Haliza   |   16 January 2024

MAUKULIAH.ID – Bagi sebagian besar orang, tantangan terbesar untuk melanjutkan program sarjana adalah biaya. Kini hal tersebut bukan lagi kendala dan penghalang. Bagi Sobat Miku yang ingin berkuliah dan belajar dengan sungguh-sungguh. 

Melalui artikel ini, Miku mau share informasi beasiswa sarjana yang wajib banget calon mahasiswa ketahui. Kali ini salah satu beasiswa ini adalah rezeki Sobat Miku kan? Yuk check this out! 

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa pertama yang paling terkenal di kalangan mahasiswa adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk jenjang S1, S2, dan S3. 

Bagi Sobat Miku yang tertarik, pendaftaran akan dibuka pada Mei 2024 hingga Juni 2024. Program ini mencakup berbagai jenis beasiswa, seperti Beasiswa S1/D4 Calon Guru SMK, Beasiswa S2 Calon Dosen, hingga Beasiswa S3 Joint Degree.

Baca juga: Pengalaman Kerja Bisa Dikonversi Jadi SKS, Kesempatan Bagi Karyawan Kuliah Lagi

2. Tanoto Foundation

Program beasiswa sarjana Tanoto Foundation atau yang dikenal sebagai Program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan), banyak banget diperebutkan di kalangan mahasiswa baru..

 Seperti namanya, fokus utama dari program beasiswa ini adalah pengembangan kemampuan kepemimpinan para kandidatnya. Beasiswa ini bekerja sama dengan 9 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Yuk dicatat ada kampus mana saja yang bisa mendaftar. 

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Sumatera Utara
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Andalas
  • Universitas Riau

Benefit Beasiswa Tanoto Foundation cukup banyak, mulai dari  biaya kuliah hingga semester 8, tunjangan hidup bulanan, pelatihan pengembangan kepemimpinan, akses ke jaringan alumni Tanoto Foundation di seluruh Indonesia, dan kesempatan untuk mengikuti berbagai program beasiswa Tanoto Foundation.

3. Beasiswa Bank Indonesia

Untuk Sobat Miku yang berfokus pada jenjang Sarjana, Beasiswa Bank Indonesia dari GenBI (Generasi Baru Indonesia) dapat menjadi pilihan menarik. Beasiswa ini tidak hanya memberikan bantuan biaya kuliah, tetapi juga uang saku dan pelatihan dari Bank Indonesia. Persyaratan umumnya mencakup IPK minimal 3.00, pengalaman dalam kegiatan sosial, dan usia tidak lebih dari 23 tahun.

4. Beasiswa Djarum Plus

Djarum Plus menyelenggarakan program beasiswa S1 dalam negeri untuk pelajar yang berprestasi dengan minimal IPK 3.2. Benefit Beasiswa Djarum Plus cukup banyak, mencakup bantuan biaya pendidikan selama setahun dan pelatihan soft skills.

5. Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Beasiswa Unggulan merupakan pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia. Program ini mencakup Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan. Jadi, Sobat Miku bisa memilih sesuai dengan bidang dan kebutuhan.

6. Beasiswa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Bagi Sobat Miku yang memiliki latar belakang di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Beasiswa Kominfo bisa menjadi jalan untuk mengejar gelar S2. Persyaratan mencakup kewarganegaraan Indonesia, usia maksimal 45 tahun, dan minimal pengalaman kerja selama 2 tahun.

7. Beasiswa S1 BCA Finance

BCA Finance menawarkan beasiswa S1 dalam negeri dengan memberikan bantuan dana kepada mahasiswa aktif semester 5 hingga maksimal semester 8. Persyaratan beasiswa ini mencakup IPK minimum, surat keterangan tidak mampu, dan berbagai persyaratan lainnya.

Kalau Sobat Miku nantinya lolos di Beasiswa BCA Finance, akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan, uang saku bulanan, kesempatan magang di BCA, akses ke asrama, shuttle bus, dan lunch.

8. Beasiswa KIP 

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)merupakan bantuan sosial yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah Indonesia guna memberi dukungan bagi Sobat Miku yang berasal dari keluarga kurang mampu. KIP memberikan biaya bantuan biaya pendidikan untuk studi dengan rincian:

  • Prodi Akreditasi A: maksimal Rp 12 juta
  • Prodi Akreditasi B: maksimal Rp 4 juta
  • Prodi Akreditasi C: maksimal Rp 2,4 juta

serta biaya hidup yang disesuaikan dengan kota tempat Sobat Miku berikut, dengan rincian sebagai berikut: 

  • Kluster 1 : Rp800.000
  • Kluster 2 : Rp950.000
  • Kluster 3 = Rp1.100.000
  • Kluster 4 =  Rp1.250.000
  • Kluster 5 = Rp1.400.000

Baca juga: Resolusi 2024: Karyawan Bisa Tukar Pengalaman Kerja dengan SKS Kuliah!

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai program beasiswa sarjana yang dapat Sobat Miku ikuti. Persiapkan diri kamu sejak sebelum kuliah ya agar peluang lolosnya lebih besar. Oh ya, bagi Sobat Miku yang tertarik untuk membaca dunia seputar kuliah dan informasi jurusan jangan lupa cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id ya!

Sumber: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda