1. Home
  2. /
  3. Update
  4. /
  5. Resolusi 2024: Karyawan Bisa Tukar Pengalaman Kerja dengan...
Update

Resolusi 2024: Karyawan Bisa Tukar Pengalaman Kerja dengan SKS Kuliah!

Kelas Karyawan
2   |   Posted by Erna   |   12 January 2024

Apa resolusi kamu di tahun 2024? Bagi para karyawan yang ingin melanjutkan kuliah bisa banget nih. Karena saat ini sudah tersedia program tukar pengalaman kerja menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah bagi para karyawan. Menarik, bukan?

Subkoordinator RPL Kemdikbudristek, Yulita Priyoningsih, S.Sos, menyampaikan saat ini ada program tukar pengalaman kerja menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) mata kuliah bagi para karyawan. Pengalaman kerja setelah lulus dari jenjang pendidikan menengah atau bentuk lain yang sederajat dapat diakui sebagai capaian pembelajaran parsial. Hal ini memungkinkan para karyawan untuk mengurangi masa studi mereka dengan menggunakan pengalaman kerja sebagai pengganti beberapa mata kuliah.

“Dengan melakukan assessment dan memenuhi persyaratan untuk RPL, pengalaman kerja dapat menggantikan beberapa mata kuliah yang mungkin akan mengurangi masa studi calon mahasiswa tersebut,” ungkap Yulita dalam Webinar SEVIMA dengan tema “Strategi Sukses Kampus Menyelenggarakan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)” pada 23 Februari 2023.

Meski memberikan peluang bagi karyawan untuk mempercepat perolehan gelar, program ini tetap memiliki ketentuan yang bersifat berjenjang. Sebagai contoh, karyawan lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan ke tingkat S2 melalui jalur RPL harus tetap mengikuti tingkat pendidikan S1 atau D4 terlebih dahulu sebelum dapat mengambil studi S2.

Yulita menegaskan bahwa RPL merupakan pintu masuk bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, keistimewaan dari program ini adalah kemampuan calon mahasiswa untuk langsung memasuki semester 3 atau semester berikutnya, sesuai dengan hasil assessment yang telah dilakukan.

“Ternyata setelah dilakukan proses assessment, dia bisa langsung masuk ke semester 3 atau di semester 4 atau semester 5, tergantung nanti kebijakan perguruan tinggi atau program studi apakah membuka pintu tersebut per semester atau per tahun,” jelasnya.

Dengan adanya program inovatif ini, diharapkan lebih banyak karyawan yang dapat mewujudkan impian melanjutkan pendidikan tinggi tanpa harus melalui proses yang terlalu panjang. Resolusi 2024 memberikan peluang baru untuk menggabungkan pengalaman kerja dengan pendidikan formal, menciptakan kesempatan yang lebih luas bagi pengembangan karier dan peningkatan kualifikasi akademis.

Komentar Anda