1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Ini dia Jalur Masuk UI Selain SNMPTN
Info Kampus | Info Pendaftaran

Ini dia Jalur Masuk UI Selain SNMPTN

164   |   Posted by Seprila Mayang   |   03 March 2021

Wah udah mau masuk tahun ajaran baru nih. Artinya kamu yang sekarang duduk di kelas 12 SMA udah harus siap buat masuk ke perguruan tinggi. Masuk ke perguruan tinggi memang terdiri dari berbagai jalur guys. Jadi gak cuma lewat SNMPTN dan SBMPTN. 

Tak terkecuali jalur masuk di Universitas Indonesia (UI). Proses seleksi mahasiswa baru di UI ternyata terdiri dari beberapa jalur. Nah, jalur apa saja sih yang ada di UI? Kuy check it out!

1. Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Sudah pada tau kan ya, kalau masuk ke perguruan tinggi negeri pasti salah satunya melalui jalur SNMPTN. Bisa dibilang nih, jalur masuk SNMPTN ini seperti dambaan semua orang. Karena jalur masuk SNMPTN dilalui dengan seleksi melalui nilai raport saja. 

Namun sayang, kuota yang disediakan di jalur SNMPTN ini hanya 30 persen saja. Jadi, bagi kamu yang belum lolos, jangan berkecil hati ya. Yuk coba lagi melalui jalur masuk UI yang lain. 

Baca juga: MABA, Ini 5 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Selain jalur masuk SNMPTN, jalur masuk SBMPTN ini merupakan jalur lain yang bisa dicoba oleh sobat Miku yang ingin masuk UI. Jalur masuk ini sih biasanya dilakukan melalui seleksi tulis. Jadi kamu harus belajar yang giat ya biar bisa lolos. 

3. Jalur SIMAK-UI

Jalur masuk yang satu ini merupakan jalur masuk khusus yang digawangi oleh pihak UI sendiri. Di jalur ini nih, biasanya diperuntukkan oleh lulusan SMA yang ingin mendaftar dari jenjang diploma hingga jalur strata. 

Selain itu, di jalur ini juga menyediakan program kelas UI yang lain, seperti kelas parallel, program magister, hingga program doktor. 

4. Jalur Talent Scouting-PPKB

Selain jalur masuk SIMAK, UI juga punya jalur masuk lain lho. Jalur seleksi ini merupakan jalur masuk melalui prestasi akademik. Melalui jalur ini ada beberapa program yang ditawarkan, yaitu PPKB UI Vokasi, PPKB UI S1 Paralel, dan Talent Scouting S1 Kelas Internasional. 

Baca juga : Berapa Biaya Kuliah di 5 PTN Terbaik 2021 (ITB, UGM, IPB, ITS dan UI)

Tips masuk UI

Oh iya, kita punya sedikit tips and trik nih kalau mau masuk UI. Apa saja tipsnya? Hihi, yuk intip :

  1. Rajin-rajin buka website PPMB UI
  2. Catat jadwal pelaksanaan
  3. Perbanyak latihan soal, terutama perbanyak latihan soal SIMAK UI

Nah, itu tadi jalur masuk UI guys. Kamu tinggal pilih aja tuh mau masuk ke program yang mana hihi. Selalu semangat ya sobat!

Kalau kamu ingin tau jurusan atau perguruan tinggi lain, langsung aja yuk cek di maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda