1. Home
  2. /
  3. Dunia Mahasiswa
  4. /
  5. Belajar SNBT Saat Puasa? Begini Lho Tips-nya
Dunia Mahasiswa

Belajar SNBT Saat Puasa? Begini Lho Tips-nya

Tips Belajar SNBT saat Puasa
556   |   Posted by Seprila Mayang   |   28 March 2023

MAUKULIAH.ID– Hai, teman-teman! Kalian pasti tahu kan kalo SNBT alias Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri itu emang bikin kepala pusing. Tapi, gimana kalo kalian harus belajar SNBT saat puasa? Hoooh, pasti tambah pusing deh!

Tapi, jangan khawatir. Miku punya tips-tips nih buat kalian yang ingin tetap belajar SNBT dengan maksimal, meskipun sedang berpuasa. So, kalo kalian mau tahu gimana caranya, baca artikel ini sampai habis ya! Miku bakal kasih tau kalian tips-tips yang pastinya bakal membantu kalian dalam menghadapi SNBT saat puasa.  Let’s check this out! 

Baca juga : Persiapan UTBK SNBT 2023? Inilah 5 Tips Jitu agar Lolos

Tips Belajar SNBT saat Puasa

1. Konsumsi Makan dan Minum Bergizi Seimbang

Sebelum mulai belajar, pastikan kamu makan dan minum yang cukup dan bergizi. Kita tahu, puasa tuh gak cuma soal menahan lapar dan haus, tapi juga tentang kesehatan. Nah, kalo kamu mau belajar SNBT, pastikan nutrisi yang kamu konsumsi seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin, dan mineral. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup ya, minimal delapan gelas sehari.

2. Jangan Tidur Setelah Sahur

Setelah sahur, jangan langsung tidur ya. Biar tubuh kamu gak cepat lelah, cobalah untuk meluangkan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam untuk beraktivitas sebelum kembali tidur. Misalnya, membersihkan kamar atau mempersiapkan buku-buku yang akan digunakan untuk belajar SNBT.

3. Buat Jadwal Belajar

Kalo mau belajar SNBT, kamu harus memiliki jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Buatlah jadwal belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pastikan kamu bisa membagi waktu untuk belajar dan juga beribadah. Tentukan waktu yang tepat untuk belajar, misalnya setelah shalat tarawih atau setelah berbuka puasa.

4. Kurangi Aktivitas di Luar

Kalo kamu mau fokus belajar SNBT, kurangi aktivitas di luar rumah ya. Lebih baik kamu berada di dalam rumah untuk menghindari terik matahari yang bisa membuat kamu lelah dan cepat haus. Kalau memang harus keluar rumah, pakailah pakaian yang nyaman dan hindari terkena sinar matahari langsung.

5. Atur Waktu Agar Tidak Mudah Bosan

Belajar SNBT itu bisa membutuhkan waktu yang lama, jadi jangan sampai kamu bosan atau kehabisan energi. Untuk menghindari itu, aturlah waktu belajarmu. Misalnya, belajar selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Kamu juga bisa memilih bahan belajar yang menarik atau membuat catatan yang berwarna-warni untuk memudahkanmu dalam memahami materi.

Baca juga : 7 Subtes Materi SNBT SNPMB 2023, Ada Apa Saja, Ya?

Nah, itulah lima tips belajar SNBT saat puasa dari maukuliah.id yang bisa kamu coba. Ingat, jangan terlalu memaksakan diri dan pastikan kamu tetap menjaga kesehatan dan kualitas ibadah selama menjalankan puasa. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Ditulis oleh Salsabilla Tri Andini
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda