1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. MABA Wajib Tahu! Ini Dia Cara Meningkatkan Skill...
Featured

MABA Wajib Tahu! Ini Dia Cara Meningkatkan Skill Di Luar Perkuliahan

299   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   07 July 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, kamu tim yang mana, kuliah aja atau aktif organisasi? Mumpung baru mau  masuk dunia kampus, yuk dipersiapkan dengan baik. Pernah enggak sih dengar istilah “Kupu-kupu (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang) atau Kura-kura (Kuliah rapat-Kuliah rapat)? Nah, itu biasanya panggilan untuk bermacam-macam karakter mahasiswa. Mau menjadi mahasiswa yang seperti apapun itu pilihanmu, tapi sayang kan kalau masa pendidikan 4 tahun tanpa pengalaman yang berarti?

Selama kuliah kamu bisa mengikuti banyak kegiatan yang sangat bermanfaat untuk karier, loh. Maukuliah Online Edufair 2023 mengundang Kak Fajar Gilang Ramadhan selaku CEO dan Founder Republika Mahasiswa berbagi tips untuk meningkatkan skill di luar perkuliahan. Berikut caranya, disimak hingga tuntas, ya.

Baca juga: Inilah Skill yang Bisa Didapatkan Jika Ikut Program Kampus Merdeka, Simak Selengkapnya!

Cara Meningkatkan Skill Di Luar Perkuliahan

  • Bangun relasi melalui kuliah dan berorganisasi

Sayang banget loh, kalau kuliah cuman didalam kelas saja. Coba deh, berkenalan dan bangun relasi dengan banyak orang dari beragam daerah. Ini lah yang dilakukan Kak Fajar dengan membangun relasi melalui kegiatan diluar kampus. Selain itu, Kak Fajar juga aktif berorganisasi, loh. Dari semua kegiatan tersebut, kamu dapat membangun jiwa kepemimpinan dan komunikasi sehingga sangat bermanfaat untuk masuk ke dunia kerja.

  • Bijaksana Atur Keuangan 

Bijaksana dalam hal keuangan sangat penting ditanamkan sejak dini. Apalagi kalau kita belum berpenghasilan sendiri, tentu kita harus bisa menentukan prioritas kebutuhan dan menahan diri untuk tidak foya-foya. Kalau tips dari Kak Fajar yaitu cobalah untuk melakukan kegiatan rutin seperti cuci baju sendiri, meskipun terkesan sederhana namun kita dituntut untuk dapat mengatur waktu dan dapat menghemat biaya.

  • Manajemen Waktu Agar Produktif

Membagi waktu bukan hanya untuk akademik di kelas, loh.  Yuk, ikuti organisasi kegiatan kampus. Lalu tentukan prioritas yang paling sesuai dengan keadaanmu sekarang. Misal kamu lebih tertarik basket, ya coba dikembangkan dan sampai berprestasi. Ingat ya! Kamu bisa mencoba semuanya, namun tentukan pilihan yang paling ingin digeluti.

Strategi Membagi Kegiatan Masa Perkuliahan Ala Kak Fajar Gilang Ramadhan

Nah, kali ini Kak Fajar juga membagikan step by step yang bisa kamu lakukan pada setiap tahunnya, apa saja? Ini dia strategi membagi kegiatan masa perkuliahan ala Kak Fajar Gilang Ramadhan.

Tahun Pertama

Di tahun pertama ini, kalian dapat meng-explore banyak kegiatan yang kalian mau coba. Misalnya ikut himpunan, unit kegiatan kampus dan lainnya. Pelajarilah banyak hal dengan membangun komunikasi yang baik dengan kakak tingkat atau kating. Serap seluruh ilmu baik softskill maupun hardskill.

Tahun Kedua

Selanjutnya memasuki tahun kedua, fokuslah pada kegiatan atau organisasi yang memang kalian suka di tahun pertama dan jadilah profesional disana. Maksudnya apa? Ambil tanggung jawab yang besar, seperti jadi kordinator acara, ketua panitia, jadi ketua tim dan bangun tim. 

Tahun Ketiga

Perbanyak mengenal kegiatan di luar kampus sangat penting dilakukan pada tahun ketiga. Pada tahun ini, kamu sudah mulai magang, cari pengalaman dan isi portofolio.  Ini sangat berguna saat akan wawancara. Ingat ya, IPK hanya mengantarmu sampai seleksi administrasi, namun untuk step selanjutnya pengalaman yang berbicara.

Tahun Keempat

Selesaikan apa yang telah kalian mulai, kerjakan skripsi dengan konsisten, persiapkan karier lebih mantap. Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai.  Gunakan waktu liburan semester kalian dengan produktif, cari magang sebanyak-banyaknya, pelatihan, kursus, merintis bisnis, pokoknya jangan rebahan aja dan yang paling penting menabung dan berinvestasi karena lulus modal ijazah aja enggak cukup.

Baca juga: Upgrade Ilmu Mahasiswa Melalui Program Kampus Merdeka

Itulah tips untuk meningkatkan skill di luar perkuliahan dari Kak Fajar. Intinya kamu harus mengetahui apa yang kamu tuju dan cobalah mengenali kemampuan mu, sehingga kamu bisa mencoba berbagai hal dan mendapatkan pengalaman. Rajin membaca dan bagun relasi juga penting, loh. Oh ya, kamu juga bisa menambah informasi seputar dunia mahasiswa, kampus, jurusan, karier dan lain sebagainya melalui maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda