1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Jurusan Manajemen: Mata Kuliah, Keunggulan, & Prospek Karir
Info Jurusan

Jurusan Manajemen: Mata Kuliah, Keunggulan, & Prospek Karir

Jurusan manajemen
618   |   Posted by Siti Haliza   |   19 December 2023

MAUKULIAH.IDGuys, apakah kamu suka dengan suatu hal berbau bisnis, keuangan, atau marketing? Kalau benar berarti pas banget nih kamu mampir di sini karena Miku mau bahas jurusan manajemen. 

Jurusan ini terkenal dengan prospek yang menjanjikan di masa depan loh. Memangnya apa saja yang dipelajari ya di jurusan ini? dan apa saja pekerjaannya? Yuk kita bahas bersama. 

Apa itu Jurusan Manajemen?

Sebelum tahu lebih dalam apa itu jurusan manajemen, Miku mau ajak kamu untuk tahu sih  apa itu manajemen itu. Jadi, manajemen adalah disiplin ilmu yang fokus pada perencanaan, pengaturan, dan pengelolaan perusahaan atau organisasi demi mencapai tujuan yang diinginkan. 

Studi dalam jurusan ini melibatkan pemahaman terhadap beragam aktivitas perusahaan dalam hal pengelolaan, perencanaan, pengembangan strategi, serta struktur organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Gak heran kalau jurusan ini  masuk dalam rumpun ekonomi dan bisnis.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Diminati di Dunia, Ada Jurusanmu?

Peminatan di Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen biasanya membebaskan mahasiswa untuk fokus dan eksplorasi pada ilmu manajemen sesuai yang diminati. Seperti apa saja peminatan di jurusan manajemen ini? Berikut pembahasannya. 

1. Manajemen sumber daya manusia

Peminatan manajemen sumber daya manusia (SDM) menitikberatkan pada pemahaman perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam operasional perusahaan atau organisasi. Melalui peminatan ini, nantinya Sobat Miku akan diajak menganalisis psikologis untuk meningkatkan produktivitas SDM agar mencapai tujuan/target.

2. Manajemen operasi

Peminatan kedua adalah manajemen operasi yang mempelajari sistem operasional atau produksi perusahaan dengan cara yang efektif. Kamu akan berkenalan langsung dengan manajemen operasi di berbagai perusahaan. 

3. Manajemen pemasaran

Fokus pada bidang manajemen pemasaran adalah peminatan yang banyak diambil oleh mahasiswa. Melalui peminatan ini, Sobat Miku akan belajar pengkajian strategi dan analisis untuk memasarkan produk dalam konteks persaingan bisnis yang ketat.

4. Manajemen keuangan

Keempat, ada manajemen keuang yang fokusnya adalah mengatur dan pengelolaan keuangan perusahaan dengan optimal. Biasanya lulusan yang mengambil manajemen keuangan ini dapat bekerja dibidang finance. 

5. Manajemen perbankan

Ada yang tertarik kerja di bank? Wah, peminatan ini cocok banget loh untuk mempelajari aspek manajerial khusus dalam ranah perbankan, mulai dari penghimpunan dana hingga penyaluran kredit.

Prospek Jurusan Manajemen

Bagi Sobat Miku yang bertanya-tanya kira-kira lulusan jurusan manajemen bisa jadi apa ya? Berikut Miku rangkum prospek kerja lulusan jurusan manajemen. 

1. Staf Operasional

Posisi ini banyak ditempati oleh lulusan jurusan manajemen. Fokus pada pekerjaan ini adalah pada produksi barang, layanan, dan sistem. Tugas Sobat Miku yang akan bekerja pada posisi ini adalah memastikan efisiensi faktor-faktor produksi sehingga barang atau layanan dapat dihasilkan secara optimal.

2. Bankir

Inget gak tadi Miku ada menjelaskan bahwa di jurusan ini ada peminatan manajemen perbankan? Peminatan ini sangat cocok untuk pekerjaan dengan posisi Teller, Customer Service, Account Officer hingga Auditor. Tugas pada posisi ini biasanya melibatkan pengecekan transaksi dan berbagai tugas lainnya. 

3. Pengusaha

Pada awal semester, biasanya Sobat Miku akan menemukan Kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib. Nah, melalui mata kuliah ini, Miku akan mempelajari tentang perencanaan hingga pengembangan usaha. Jadi, gak heran kalau lulusan jurusan manajemen banyak yang memilih jadi pengusaha.

4. Analis Keuangan

Ketika Sobat Miku masuk jurusan ini, maka bakalan sering banget ketemu dengan mata kuliah yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, makanya setelah lulus banyak banget yang jadi Analis Keuangan.  Mungkin Sobat Miku masih banyak yang asing dengan profesi ini ya? 

Jadi, analis keuangan adalah profesi yang menganalisis, mempelajari, hingga  pengolahan data laporan keuangan. Melalui hasil laporan data ini, perusahaan menjadi lebih paham pola bisnis yang sedang terjadi dan bagaimana untuk menghindari resiko kerugian di masa depan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Universitas Terbaik di Yogyakarta

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai jurusan manajemen. Semoga dapat membantu Miku ya memahami jurusan ini. Untuk Sobat Miku yang ingin mempelajari jurusan kuliah lainnya dapat langsung mengunjungi artikel lainnya di maukuliah.id ya!

 

Sumber gambar: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda