1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Mengenal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Mata Kuliah, &...
Info Jurusan

Mengenal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Mata Kuliah, & Prospek

556   |   Posted by Siti Haliza   |   13 December 2023

MAUKULIAH.ID – Jurusan Pendidikan Bahasa Arab kini semakin populer karena prospek pekerjaannya yang semakin menjanjikan. Kali ini, Miku mau ajak kamu yang tertarik untuk mempelajari jurusan ini secara mendalam.

Apa saja ya yang dipelajari di jurusan ini dan apa saja mata kuliah? Hmm.. kira-kira kalau nanti lulus dari  jurusan ini bisa bekerja di mana ya? Pertanyaan-pertanyaan itu akan Miku jawab di artikel ini, yuk, check this out!

Mengenal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah jurusan yang mempelajari tata bahasa Arab mulai dari aspek kesusastraan, pendidikan, hingga linguistik. Bahasa Arab ini biasanya identik dipelajari oleh umat muslim karena digunakan dalam Al-Qur’an dan Hadis.

Sebenarnya Bahasa Arab ini seperti bahasa-bahasa yang lain. Meskipun erat hubungannya dengan umat muslim, namun tidak dipungkiri digunakan oleh agama lain. Ya seperti layaknya di Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai percakapan sehari-hari.  

Oh iya, jurusan ini tak hanya mempelajari bahasa saja lho. Tapi di dalam jurusan ini juga menggali budaya dan kewirausahaan bidang bahasa Arab. Wah, menarik ya!

Baca juga: 10 Rekomendasi Universitas Terbaik di Yogyakarta

Skill di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Kalau Sobat Miku memilih jurusan ini, maka akan memiliki beberapa skill yakni: 

  • Mengenal dan memahami budaya Arab
  • Kemampuan komunikasi sesuai budaya Arab
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan berpikir rasional
  • Kemampuan meneliti 

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Buat Sobat Miku yang bertanya-tanya nanti setelah masuk ke jurusan pendidikan Bahasa Arab akan mempelajari apa ya? Berikut Miku rangkum ya mata kuliah untuk jurusan ini. 

  1. Akhlak Tasawuf
  2. Filsafat Ilmu
  3. Tauhid
  4. Ushul Fiqh
  5. Filsafat Pendidikan Islam
  6. Ilmu Pendidikan Islam
  7. Sharf
  8. Nahwu
  9. Balaghah
  10. Al Kitabah
  11. Al Qira’ah
  12. Al Istima’ Wa Al Kalam
  13. Psikolinguistik
  14. Bimbingan Konseling
  15. Psikologi Pendidikan
  16. Evaluasi Pembelajaran
  17. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab
  18. Al Tarjamah Al Tahririyah
  19. Manajemen Pendidikan
  20. Media Pembelajaran Bahasa Arab
  21. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab
  22. Model dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab
  23. Pengembangan dan Penulisan Bahan Ajar
  24. Nushush Al-Adab Al-Araby
  25. Sosiolinguistik
  26. Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal
  27. Al-Arabiyyah Lil Al-Aghradh Al-Khoshoh
  28. Al-Tarjamah Al-Fauriyyah

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

1. Guru bahasa Arab 

Profesi yang paling utama di jurusan pendidikan adalah menjadi guru. Kombinasi pengetahuan bahasa Arab dan ilmu pendidikan dari jurusan ini akan menciptakan keahlian yang diperlukan untuk menjadi guru yang handal dalam bahasa Arab.

2. Penerjemah

Bahasa Arab merupakan salah satu dari 20 bahasa yang paling umum digunakan di dunia, dengan jumlah penutur mencapai 274 juta orang. Dalam konteks ini, penerjemah memiliki tugas penting untuk menerjemahkan karya-karya sastra dalam bahasa Arab ke bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia dan Inggris, agar dapat dinikmati oleh audiens global.

3. Jurnalis 

Meskipun pekerjaan jurnalis terbuka untuk berbagai latar belakang pendidikan, lulusan jurusan pendidikan bahasa Arab memiliki keunggulan dalam kemampuan menyajikan informasi secara efektif. Pelatihan ini memungkinkan mereka untuk menjadi jurnalis yang kompeten dalam mengkomunikasikan pesan dengan jelas.

4. Diplomat

Melalui pembelajaran tentang Bahasa Arab, termasuk aspek sejarah, politik, dan budayanya, lulusan memiliki pengetahuan yang memadai tentang negara Arab. Dengan kemampuan diplomasi yang dimiliki, ada potensi bagi mereka untuk bekerja sebagai diplomat yang mampu memahami dan menghadapi dinamika politik di wilayah tersebut.

5. Wirausaha

Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Arab juga memiliki kesempatan untuk berwirausaha, seperti mendirikan lembaga kursus bahasa Arab, kampung bahasa, atau platform kursus online. Inisiatif ini tidak hanya menguntungkan secara bisnis tetapi juga dapat menciptakan peluang kerja bagi orang lain.

Rekomendasi Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Gimana nih Sobat Miku, masih tertarik dengan jurusan pendidikan Bahasa Arab ini? FYI, jurusan pendidikan Bahasa Arab ini memang termasuk cukup langka dan tidak dibuka di semua perguruan tinggi. Jadi, Miku mau rekomendasiin perguruan tinggi yang membuka jurusan ini.

  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Baca juga:  10 Rekomendasi Universitas Terbaik di Yogyakarta

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pendidikan Bahasa Arab. Semoga dapat membantu Sobat Miku! Bagi Sobat Miku yang tertarik mempelajari jurusan lainnya, jangan lupa cek artikel di maukuliah.id ya!

 

(sumber gambar: Pixabay)

Tags tidak ada

Komentar Anda