1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. Mau Jadi Apoteker? Seperti Ini Karier dan Pendidikannya
Info Kerja

Mau Jadi Apoteker? Seperti Ini Karier dan Pendidikannya

Karier dan Pendidikan Apoteker
2319   |   Posted by Seprila Mayang   |   20 March 2023

MAUKULIAH.ID– Apakah ada di antara Sobat Miku yang memiliki cita-cita menjadi apoteker atau bahkan ingin membuka apotek sendiri? Kalau iya, yuk sini ngumpul. Miku akan kupas tuntas tentang bagaimana menjadi Apoteker.

Apoteker adalah orang yang bertanggung jawab untuk meracik dan memberikan obat kepada pasien sesuai rekomendasi dokter. Nah, apakah profesi ini hanya bekerja di  apotek? Pendidikan apa yang diperlukan untuk menjadi apoteker?

Baca juga: 17 Prospek Karier di Bidang Kesehatan Menjamin Masa Depan, Kamu Harus Tau!

Syarat Menjadi Apoteker

Jika kamu ingin menjadi seorang apoteker, terdapat beberapa tahap yang harus kamu lalui, di antaranya:

1. Menyelesaikan program sarjana farmasi

 

 

Sobat Miku harus menyelesaikan program pendidikan jenjang S-1 jurusan farmasi. Sehingga, ketika lulus kamu akan mendapatkan gelar sarjana farmasi atau S.Farm. Kamu bisa menempuh jenjang pendidikan ini selama 4 tahun atau 8 semester.

2. Profesi Apoteker

 

 

Setelah kamu lulus S-1, Sobat Miku harus menyambung dengan Pendidikan Profesi Apoteker. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pendidikan ini selama 1 tahun dengan total 34 SKS sampai akhirnya kamu dapat menyandang gelar Apoteker (Apt).

3. Lulus ujian Apoteker

 

 

Setelah melalui 2 tahap sebelumnya, untuk menjadi apoteker kamu harus mengikuti rangkaian Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Terdapat dua jenis UKAI yaitu UKAI computer based test (CBT)  yang menilai aspek kognitif dan Objective Structure Clinical Examination (OSCE) yang menilai keterampilan spesifik dan sikap.

4. Membacakan sumpah jabatan

 

 

Sama halnya dengan dokter dan perawat, apoteker termasuk dalam bidang kesehatan. Oleh sebab itu, apoteker juga akan membacakan sumpah jabatan sebagai komitmennya mengabdikan diri sesuai keilmuannya.

5. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)

 

 

SIPA adalah surat izin yang diberikan kepada apoteker untuk melakukan praktik kegiatan kefarmasian di apotek.

Baca juga: Tertarik Belajar Farmasi? Berikut Daftar Kampus dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

Prospek Kerja Apoteker

Terkait standar gaji Apoteker, biasanya para pengurus daerah/cabang IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) setempat menetapkan standar gaji sebagai acuan. Namun,  bisa dibilang gaji apoteker juga bervariasi berdasarkan luasnya cakupan pekerjaan seorang apoteker. Lebih detailnya, adapun prospek kerja Apoteker, meliputi:

1. Farmasi di Industri

 

 

Dalam industri farmasi, apoteker umumnya bekerja di bagian pengawasan mutu dan penjaminan mutu. Selain itu, Apoteker juga bertanggung jawab sebagai peneliti dan pengembang (R&D) obat baru.

2. Farmasi di Rumah Sakit

 

 

Peluang kerja apoteker sangat tinggi di apotek rumah sakit. Semua rumah sakit membutuhkan apoteker untuk menyiapkan, meracik, dan memberikan obat resep kepada pasien sesuai rekomendasi dokter.

3. Pelayanan Farmasi di Pemerintahan

 

 

Apoteker dapat bekerja di pelayanan obat pemerintah. Misalnya,  Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM yang membutuhkan profesi apoteker untuk melakukan pemeriksaan obat dan makanan yang beredar.

4. Pedagang Besar Farmasi (PBF)

 

 

Apoteker berperan penting dalam pelaksanaan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB), mulai dari perizinan hingga sertifikasi peredaran obat, menjaga mutu obat, dan menjalankan fungsi penting lainnya sebagai bagian dari perusahaan.

5. Apotek 

 

 

Peluang kerja apoteker di apotek juga beragam. Kamu bisa menjadi asisten apoteker atau apoteker yang bekerja di apotek, atau kamu bisa memiliki apotek sendiri dengan menjadi Pemilik Sarana Apotek (PSA).

Kini, kamu sudah tau kalau pekerjaan apoteker itu tidak hanya di apotek, kan? Kalau kamu berminat kamu bisa mulai mendaftarkan diri di kampus impian sebagai mahasiswa jurusan farmasi. Nah, kamu bisa cari informasi dengan lengkap terkait kuliah di maukuliah.id. Semangat ya!

 

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda