1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Kenapa Mahasiswa Harus Magang?
Info Kampus

Kenapa Mahasiswa Harus Magang?

Kenapa Mahasiswa Harus Magang
280   |   Posted by Seprila Mayang   |   23 February 2023

MAUKULIAH.ID– Magang tidak hanya memiliki fungsi menyelesaikan SKS kampus, tetapi juga berfungsi untuk menambah pengetahuan bagi karier dimasa depan. Yaps,  sayang banget kalau kesempatan magang disia-sia, kan.

Kalau kamu masih bertanya-tanya, Apa sih keuntungannya mengikuti magang? Nih, Miku kasih tau pentingnya mengikuti magang agar Sobat Miku lebih semangat untuk mengikuti magang,.

Baca juga : Tips Menjalani Kuliah Sambil Magang ala Kemendikbud Ristek 

8 Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Magang

1. Pengalaman industri

Dunia kerja tentunya berbeda dengan dunia kampus. Sehingga, dengan magang dapat menjawab kekhawatiranmu tentang dunia kerja. Saat magang, kamu juga akan memperkaya pengalaman dan juga menambah kemampuan diri.

2. Menambah kompetensi pada resume/CV

Kemampuan yang didapatkan dari perusahaan magang, dapat dituliskan sebagai resume atau curriculum vitae (CV). CV menjadi penting karena saat kamu melamar, maka kamu akan menyerahkan CV, kemudian akan diperiksa oleh Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan yang kamu tuju. 

Kompetensi yang sesuai memberikan peluang yang lebih besar. Oleh sebab itu, Sobat Miku harus cermat dalam membuat CV. 

3. Memperluas relasi

Magang menjadi salah satu cara menambah relasi. Tidak bisa dipungkiri, kamu akan bertemu orang-orang baru sekaligus kekhasannya. Bahkan lingkaran pertemananmu akan semakin luas dan tidak hanya dengan teman sebaya. 

Saat magang, kamu akan bertemu dengan para karyawan, manager, bahkan rekan bisnis yang berpengalaman dibidang masing-masing. Selain itu, kalau kamu magang di luar kota, kamu akan berinteraksi dengan orang-orang baru.

4. Memperbaiki pola komunikasi

Saat mahasiswa melakukan magang, maka ketrampilan komunikasi mereka akan meningkat. Hal ini karena mahasiswa diwajibkan untuk berkoordinasi dengan kolega lainnya.

Komunikasi antar sesama rekan sebaya tentu berbeda dengan komunikasi kepada senior atau bahkan atasan. Kamu juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan Dosen Pembimbing Magang.

5. Mengenal kehidupan kantor

Saat melakukan magang, kamu akan melihat perbedaan dengan yang dirasakan di kampus. Mulai dari pembagian tugas yang harus diselesaikan, pola kerja, cara berkomunikasi dengan tim, budaya perusahaan, dan lain sebagainya. Sehingga, pengalaman di dunia kerjamu akan bertambah. 

7. Menambah penghasilan

Banyak perusahaan yang tidak membayar mahasiswa yang melakukan magang, dikenal dengan  unpaid internship.  Namun saat ini, sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan magang dengan menawarkan pembayaran kepada pekerja magang. 

Bahkan, di perusahaan yang sudah memiliki sistem yang baik, kamu juga berkesempatan mendapatkan pelatihan.  gimana, Sobat Miku tertarik, kah?

8. Kesempatan direkrut

Dalam melakukan magang, Mahasiswa akan mendapatkan penilaian kinerja dari perusahaan. Jika, penilaiannya baik, maka kamu berkesempatan untuk di rekrut perusahaan setelah lulus.

Baca juga: 5 Tips Magang Cerdas buat Para Mahasiswa

Itulah keuntungan magang yang bisa kamu dapatkan. Yuk, klik informasi lainnya dengan mengunjungi maukuliah.id.

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda