1. Home
  2. /
  3. Info Beasiswa
  4. /
  5. Mengalami Kendala Seputar KIP Kuliah 2023? Simak Ulasan...
Info Beasiswa

Mengalami Kendala Seputar KIP Kuliah 2023? Simak Ulasan Ini yuk!

Kendala Seputar KIP Kuliah 2023
1168   |   Posted by Seprila Mayang   |   20 March 2023

MAUKULIAH.ID– Hi, Sobat Miku! Sudah dengar kabar terbaru tentang KIP Kuliah 2023? Jangan sampai ketinggalan nih, karena program ini bisa membantu kamu untuk menggapai mimpi kuliah tanpa harus khawatir dengan biaya.

Namun, terkadang ada beberapa kendala yang dihadapi terkait teknis KIP. Terutama tentang pendaftaran dan persyaratan yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak informasi seputar KIP Kuliah 2023 berikut ini!

Baca juga : Apakah KIP Kuliah Bisa Untuk Jalur Mandiri? Begini Informasinya

Kendala Seputar KIP Kuliah 2023

1. NIK Tidak Terdaftar di Dapodik?

Kalau kamu mendapat pesan ini saat proses pendaftaran, jangan khawatir dulu. Pesan ini muncul karena NIK yang diinput oleh kamu tidak sesuai dengan yang tercatat di DAPODIK Kemendikbudristek.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa langsung berkoordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah kamu untuk melakukan perbaikan data di DAPODIK Kemendikbudristek. Bagi kamu yang lulusan tahun 2021 dan 2022, kamu bisa mengajukan perbaikan melalui Verval Lulusan di tautan http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan.

2. NISN Tidak Terdaftar Dapodik?

Kamu juga bisa mendapat masalah saat NISN tidak terdaftar di DAPODIK Kemendikbudristek. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan NISN tidak terdaftar antara lain NISN yang digunakan saat pendaftaran berbeda dengan yang tercatat di DAPODIK Kemendikbudristek, siswa memiliki NPSN yang berbeda dengan sekolah pengusul, atau siswa bukan lulusan 2021, 2022, atau 2023.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan update data ke Dapodik, Kemendikbudristek di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

3. Nomor KIP Tidak Terdaftar di Laman KIP Kuliah?

Nomor KIP di SIM KIP Kuliah diperoleh dari aplikasi SiPintar Program Indonesia Pintar https://pip.kemdikbud.go.id/. Penting untuk diingat, kamu tidak diperkenankan melakukan perubahan data pada nomor KIP tersebut.

4. Belum Terdata di DTKS Laman KIP Kuliah?

Kalau kamu belum terdata di DTKS Kemensos, jangan khawatir. Kamu masih bisa mendaftar dan mengikuti program KIP Kuliah. Namun, jika kamu memenuhi kriteria sebagai masyarakat yang tidak mampu, kamu bisa aktif melakukan pendaftaran via petugas pendamsos di kelurahan setempat dengan membawa dokumen pendukung yang valid.

Proses penetapan sebagai masyarakat yang layak terdaftar di DTKS Kemensos memerlukan waktu yang relatif lama, jadi kamu perlu bersabar ya.

Baca juga : Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah? Ini Caranya

Nah, itulah informasi seputar KIP Kuliah 2023 yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar. Semoga informasi dari maukuliah.id ini bermanfaat dan membantu kamu untuk mencapai mimpi kuliah ya!

Siapa tahu, kamu bisa menjadi salah satu penerima beasiswa yang beruntung. Keep striving and never give up on your dreams! Remember, education is the key to a brighter future.

Untuk Tips & Trik Kuliah dengan KIP (Beasiswa Indonesia Maju), kamu bisa ikuti: maukuliah.id/edufair

edufair

 

Ditulis oleh Salsabilla Tri Andini
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda