1. Home
  2. /
  3. Info Beasiswa
  4. /
  5. Apakah KIP Kuliah Bisa Untuk Jalur Mandiri? Begini...
Info Beasiswa

Apakah KIP Kuliah Bisa Untuk Jalur Mandiri? Begini Informasinya

KIP Kuliah untuk Jalur Mandiri
45473   |   Posted by Seprila Mayang   |   06 March 2023

MAUKULIAH.ID– Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan program pemerintah yang ditunjukkan untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi yang berkualitas. Beberapa kali Miku sudah bahas dengan detail terkait KIP-Kuliah. Informasi lebih lengkap terkait syarat dan jadwalnya,  bisa Sobat Miku akses di sini, ya.

Apakah KIP Kuliah bisa Untuk Jalur Mandiri?

KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNBP, SNBT dan  Seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta. Jadi sudah jelas ya jawabannya adalah bisa.

Nantinya, KIP perkuliahan dapat digunakan untuk membayar biaya masuk dan UKT per semester. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki prestasi akademik tetapi tidak mampu, masih dimungkinkan untuk mendaftar jalur mandiri.

Namun, tidak semua kampus membuka jalur ini dan jika ada pun, tidak semua prodi dibuka. Berikut beberapa kampus yang membuka Jalur Mandiri dengan KIP-Kuliah.

Baca juga : 20 Kampus Swasta yang Terima KIP Kuliah, Cari Tahu Yuk

Kampus yang Membuka Jalur Mandiri dengan KIP-Kuliah

1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) membuka kesempatan bagi peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk mendaftar melalui proses seleksi jalur Mandiri.  Pada tahun 2022, Penerima Penerima KIP-K dapat mendaftar di 17 program studi (PRODI) dari 44 program studi di Unair.

Prodi tersebut adalah Prodi Biologi, Ekonomi Islam, Fisika, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Ilmu Politik, Ilmu Sejarah, Akuakultur, Akuakultur (SIKIA Banyuwangi), Antropologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknologi Hasil Perikanan, Kedokteran Hewan (SIKIA Banyuwangi), Kesehatan Masyarakat (SIKIA Banyuwangi), Kimia, Matematika serta Rekayasa Nanoteknologi.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Di Universitas Diponegoro Jalur KIP akan mendapatkan ketetapan UKT  pada Golongan 1-3 tanpa Sumbangan Pengembangan Institusi  (SPI).  Untuk peserta KIP jalur mandiri kuliah tahun 2022 yang mendaftar ke Undip tetap membayar biaya. Adapun biaya pendaftaran dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. bagi kelompok Saintek/Soshum sebesar Rp350.000,
  2. bagi kelompok campuran sebesar Rp500.000.

3. Universitas Padjajaran (Unpad)

Kampus selanjutnya yang membuka KIP-Kuliah untuk jalur mandiri adalah Universitas Padjajaran. Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP)  tahun 2022, Pendaftar KIP-Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran Jalur Mandiri Unpad. Proses seleksinya sendiri menggunakan dua kategori penilaian yaitu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan hasil ujian SMP.

4. Institut Teknologi Bandung

Bagi kamu peserta KIP dan tertarik untuk mendaftar Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB. Persyaratan untuk memperoleh beasiswa UKT bagi peserta pemilik KIP-K pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB adalah sebagai berikut:

  • Mendaftar secara daring di laman Seleksi Mandiri ITB.
  • Mengisi nomor Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB.
  • Mengunggah Kartu KIP-K (bukan bukti pendaftaran KIP-K) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB.
  • Mengunggah Surat Rekomendasi dari Sekolah.

5. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi kampus selanjutnya yang membuka jalur seleksi mandiri bagi pendaftar KIP Kuliah. Terdapat dua jenis seleksi mandiri yang dapat ditempuh, yakni Tes Tertulis (UTUL) dan hasil UTBK. Setiap penerimaan mahasiswa baru, UNS selalu memastikan jumlah calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah minimal 20% dari total kuota mahasiswa.

Baca juga: Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah? Ini Caranya

Bagi calon mahasiswa yang ingin mencoba untuk menempuh jalur mandiri di PTN dan PTS bisa memanfaatkan program KIP kuliah. Jika kamu lolos, akan sangat meringankan biaya yang harus keluarkan, loh. Yuk, Kepoin  maukuliah.id biar kamu selalu update informasi.

Selain itu, kamu juga bisa kepoin Maukuliah Online Edufair 2023 juga, ya. Emang benefitnya apa aja sih? banyak banget, loh. Kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa, konsultasi kampus, jurusan dan karier. Bahkan, kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat. Jangan ragu, yuk langsung aja segera kunjungi  https://maukuliah.id/edufairSemangat ya!

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda