1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Lolos Sebagai Siswa Eligible? Lakukan 5 Hal ini...
Featured

Lolos Sebagai Siswa Eligible? Lakukan 5 Hal ini Sebelum SNBP

Lakukan 5 Hal ini Sebelum SNBP jika lolos siswa eligible
82   |   Posted by Seprila Mayang   |   27 January 2023

MAUKULIAH.ID- Hari-hari berlalu, tidak terasa semakin mendekati waktu ditutupnya pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) ya. Pasti Sobat Miku sudah tidak asing kan dengan  istilah “siswa eligible”

Menurut Direktur Pelaksana LTMPT Prof. Dr. Budi Prasetyo Widyobroto, siswa yang eligible SNBP adalah calon pendaftar SNBP yang memenuhi persyaratan dan masuk kuota. Sehingga Sobat Miku yang telah dinyatakan eligible, telah dinyatakan layak untuk mengikuti proses seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri. 

Selanjutnya, jika kamu sudah dinyatakan lolos, maka banyak hal yang perlu dipersiapkan, loh. Lantas apa saja sih yang perlu di persiapkan jika sudah lolos menjadi siswa eligible? Yuk disimak ya.

Baca juga : 7 Tips Sukses SNBT 2023, Apa Saja sih?

1. Siapkan Berkas penting untuk SNPB

Persiapan berkas ini menjadi hal yang paling awal dilakukan. Dalam mempersiapkan berkas ini, harus dilakukan jauh-jauh hari agar lebih teliti. Jangan sampai kualifikasi kamu sudah sesuai, namun gagal karena keteledoran dalam mempersiapkan berkas yang dibutuhkan. Berikut ini daftar dokumen yang wajib disiapkan siswa pendaftar SNBT untuk membuat Akun SNPMB 2023: 

  1. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN )
  2. Memiliki nilai rapor semester 1-5
  3. Memiliki portofolio bagi pemilih program studi bidang seni dan olahraga 

2. Kumpulkan sertifikat dan portofolio

Sertifikat dan portofolio merupakan persyaratan pilihan yang tidak selalu dibutuhkan oleh setiap program studi, atau dapat dikatakan optional. Sehingga , kamu tidak perlu khawatir jika belum punya prestasi selama masa sekolah. Namun jika kamu tercatat memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten/kota, maka lampirkan maksimal 3 prestasi. Selanjutnya, satukan menjadi satu PDF ya.

Sementara untuk portofolio, biasanya persyaratan ini hanya berlaku bagi peserta yang memilih prodi tertentu. Pastikan kamu sudah membuat portofolio jauh-jauh hari ya, supaya persiapannya maksimal dan formatnya sesuai ketentuan. Jika Sobat Miku ingin mengetahui prodi apa saja yang membutuhkan portofolio dapat dibaca sebagai berikut.

3. Matangkan jurusan dan PTN yang akan dipilih

Hal selanjutnya yang bisa Sobat Miku lakukan adalah pengecekan kembali nilai rapor. Kemudian, sesuaikan nilai rapor dengan jurusan yang akan dituju. Jika nilainya rendah, maka kamu bisa pilih jurusan lain untuk meningkatkan peluang. Tapi ingat ya, pertimbangkan dengan matang.

Baca juga : 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

4. Cari Tahu mengenai Alumni

Seringkali ada beberapa alumni yang telah diterima pada PTN yang kita tuju. Dengan mengetahui banyaknya alumni yang diterima di PTN akan memberikan peluang bagi Sobat Miku untuk lolos PTN melalui jalur SNBP. Selain itu, jika kamu lolos di PTN tersebut, maka Alumni akan sangat membatumu untuk mengenal kampus dan juga wilayah.

5. Konsultasi dengan Bimbingan Konseling di Sekolahmu

Jangan pernah malu untuk bertanya kepada Guru Bimbingan Konseling tentang hal-hal yang menjadi pertanyaan Sobat Miku. Sesekali kamu bisa mengunjungi Ruang Bimbingan Konseling untuk menanyakan informasi, seperti mengetahui riwayat alumni, menentukan jurusan ataupun lainnya. 

Mengingat persaingan yang sangat ketat, ada baiknya perhatikan persiapan sebelum mendaftar SNBP ya, sehingga peluang untuk masuk kampus impianmu lebih besar. Sobat Miku juga bisa mengetahui informasi lainnya dengan mengikuti maukuliah.id. Jangan lewatkan informasinya, oke? Selamat berjuang!

Ditulis oleh:  Salsabilla Tri Andini

Tags tidak ada

Komentar Anda