1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Maba Wajib Tahu! Ini Dia Organisasi Kampus bagi...
Dunia Kampus

Maba Wajib Tahu! Ini Dia Organisasi Kampus bagi Mahasiswa

Organisasi Kampus bagi Mahasiswa
941   |   Posted by Seprila Mayang   |   31 March 2023

MAUKULIAH.ID– Hai teman-teman mahasiswa! Tahukah kalian bahwa salah satu cara untuk memperkaya pengalaman kampus kalian adalah dengan bergabung dalam organisasi kampus? Organisasi kampus adalah sebuah kelompok yang terdiri dari mahasiswa yang memiliki tujuan dan kegiatan yang terkait dengan kehidupan kampus. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang organisasi kampus itu seperti apa ya?

Baca juga : Mahasiswa, Ini 5 Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi

Jenis-jenis organisasi kampus

Pertama-tama, mari kita bahas jenis-jenis organisasi kampus. Ada beberapa jenis organisasi kampus yang dapat kalian temukan di kampus-kampus di seluruh Indonesia. Yuk kita bahas satu per satu!

Organisasi intra kampus

Organisasi intra kampus adalah organisasi yang berada dalam lingkup kampus dan diakui oleh pihak kampus. Berikut adalah beberapa contohnya:

 

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

 

BEM adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kegiatan kemahasiswaan. Tugas utama BEM adalah mengkoordinasikan kegiatan mahasiswa dan mewakili mahasiswa dalam berbagai forum di kampus.

 

  • Senat Mahasiswa

 

Senat Mahasiswa adalah badan legislatif di kampus yang terdiri dari perwakilan mahasiswa. Senat Mahasiswa memiliki peran dalam menyusun dan mengawasi kebijakan kampus.

 

  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

 

UKM adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kegiatan yang berkaitan dengan minat dan bakat mahasiswa. Contohnya UKM teater, UKM musik, UKM olahraga, dan lain sebagainya.

 

  • Lembaga Pers Mahasiswa (LPM)

 

LPM adalah organisasi yang bergerak dalam bidang jurnalistik kampus. Tugas utama LPM adalah menyediakan informasi dan pemberitaan tentang kegiatan kampus.

 

  • Himpunan Mahasiswa Jurusan

 

Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kegiatan yang berkaitan dengan jurusan mahasiswa. Contohnya Himpunan Mahasiswa Teknik, Himpunan Mahasiswa Hukum, dan lain sebagainya.

Organisasi Ekstra Kampus (OMEK)

Organisasi ini berfokus pada kegiatan sosial atau masyarakat di luar kampus. Contohnya seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Rumah Zakat, atau organisasi kebencanaan. Bergabung dalam organisasi ini bisa memberikan pengalaman yang berharga dalam memperdalam ilmu sosial dan kemanusiaan.

 

  • Organisasi Mahasiswa dengan Basis Keagamaan

 

Organisasi ini memiliki fokus pada kegiatan keagamaan. Beberapa contohnya adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia. Bergabung dalam organisasi keagamaan bisa membantu mahasiswa untuk memperdalam agama dan nilai-nilai keagamaan.

 

  • Organisasi Mahasiswa dengan Basis Keahlian

 

Organisasi ini berfokus pada kegiatan yang berkaitan dengan keahlian tertentu, seperti Association Internationale des Etudiants Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) yang berfokus pada kegiatan ekonomi dan bisnis atau Model United Nation (MUN) yang berfokus pada kegiatan diplomasi internasional. Bergabung dalam organisasi keahlian bisa membantu mahasiswa untuk memperdalam ilmu dan kemampuan di bidang tertentu.

  • Organisasi Mahasiswa dengan Basis Kedaerahan

Organisasi ini berfokus pada kegiatan yang berkaitan dengan asal daerah mahasiswa tersebut, seperti Himpunan Mahasiswa Aceh, Himpunan Mahasiswa Jawa, atau Himpunan Mahasiswa Papua. Bergabung dalam organisasi kedaerahan bisa membantu mahasiswa untuk memperdalam budaya dan kearifan lokal daerah asalnya.

Baca juga : Keuntungan Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa, Auto Cepet Dapat Kerja!

Nah, itulah beberapa jenis organisasi kampus yang bisa kalian temukan di kampus-kampus seluruh Indonesia. Bergabung dalam organisasi kampus bisa membantu kalian untuk memperdalam ilmu, menambah koneksi, serta mengembangkan diri kalian. Jadi, tunggu apa lagi? Cari organisasi kampus yang sesuai dengan minat dan bakat kalian, dan jangan lupa untuk berkontribusi dengan aktif di dalamnya!

Oh ya, kalian bisa temukan banyak informasi perkuliahan pada laman maukuliah.id ya!

 

 

Ditulis oleh Salsabilla Tri Andini
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda