1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Kuliah Teknik di Kampus Vokasi Favorit? Ini Dia...
Dunia Kampus

Kuliah Teknik di Kampus Vokasi Favorit? Ini Dia Rekomendasinya

Rekomendasi kampus vokasi terbaik
263   |   Posted by Seprila Mayang   |   08 March 2023

MAUKULIAH.ID– Hallo Sobat Miku, kamu sudah yakin mau mengambil vokasi ketimbang S-1? Kalau masih bimbang, kamu bisa pertimbangkan beberapa hal berikut ini. Salah satu hal di antaranya yaitu ilmu yang dipelajari di vokasi lebih praktis. Kamu akan semakin mendapatkan ilmu terspesialisasi berupa ilmu keterampilan dan kemampuan. Kamu juga akan semakin aplikatif pelajaran yang didapat di dunia kerja. 

Nah berikut ini daftar kampus yang menawarkan program vokasi terbaik dengan akreditasi A dan unggul. Kamu bisa memasukkannya ke dalam daftar pilihanmu untuk menggapai cita-cita, Yuk disimak sampai tuntas.

 Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kuliah di Vokasi Lebih Banyak Dicari

1. Politeknik Negeri Malang, A

Politeknik Negeri Malang atau disingkat Polinema menyediakan jenjang pendidikan D3 dan D4/Sarjana Terapan. Polinema telah terakreditasi A dan mendapatkan akreditasi internasional Accreditation Service For Internasional School Colleges & Universities (ASIC) yang merupakan badan akreditasi independen di Inggris. 

Jalur masuk: Jalur Bidik Misi, Jalur PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi), Jalur UMPN, Jalur UMPN Mandiri, Jalur Kerjasama yaitu Kerjasama PLN dan Kerjasama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (ALFAMART). Kampus ini juga menyediakan beragam beasiswa meliputi: Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa PPA Bantuan Biaya Pendidikan PPA (d/h BBM) dan Bantuan Supersemar.

2. Politeknik Negeri Bandung, A

Politeknik Negeri (Polban) Bandung telah berusia lebih dari 40 tahun. Kini, Polban telah terakreditasi A dan memiliki 10 Jurusan dengan 38 program studi yang terdiri dari 18 program studi jenjang Diploma Tiga/D-3, 18 program studi jenjang Sarjana Terapan/D-4, dan 2 program studi jenjang Magister Terapan.

Politeknik Negeri Bandung merupakan politeknik terbesar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa sekitar 6.600 orang. Pada tahun ajaran 2023/2024, Polban akan menerima 1.323 mahasiswa baru untuk jenjang Diploma Tiga/D-3 dan 1.344 mahasiswa untuk Sarjana Terapan/D-4. Bagi kamu yang tertarik untuk masuk Polban bisa melalui jalur masuk di bawah ini:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan (kuota 25 %)
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan (kuota 45 %)
  3. Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri (SMBM) POLBAN dengan (kuota 30 %)

3. Universitas Telkom, Unggul

Universitas Telkom memiliki program vokasi yang saat ini sudah terakreditasi unggul. Telkom University membuka jalur seleksi untuk Program Diploma (D3) atau dikenal dengan Jalur Vokasi. Menariknya, kamu berkesempatan mendapatkan beasiswa bagi peserta dengan nilai terbaik. Program studi unggulan yang ditawarkan meliputi:

  1. Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi
  2. Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi,
  3.  Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi
  4. Program Studi D3 Sistem Informasi
  5. Program Studi D3 Teknologi Komputer
  6. Program Studi D3 Manajemen Pemasaran
  7. Program Studi D3 Perhotelan
  8. Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia.

4. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Kampus yang terletak di Jawa timur ini sudah terakreditasi A.  Tidak hanya kelas reguler, kampus ini juga membuka Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) PENS, untuk program studi: D3 Teknik Informatika PJJ dan S1 Teknik Telekomunikasi Terapan.

PENS menawarkan berbagai beasiswa di antaranya KIP Kuliah, PPA, Beasiswa Adaro, Beasiswa Djarum, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Pemkot Surabaya, Beasiswa Astra, Beasiswa Yayasan Ar-Rahmad, Beasiswa Afirmasi, Pendidikan Tinggi dan Beasiswa Unggulan

5. Politeknik Negeri Semarang, A

Politeknik Negeri Semarang a memiliki program diploma, program Sarjana Terapan dan Magister Terapan. Terdapat 5 jurusan utama dengan 27 program studi.

Kampus utama Polines terletak di kawasan Tembalang, Kota Semarang pada ketinggian 223 mdpl dan luas 11 hektar dengan dilengkapi fasilitas yang lengkap , meliputi Laboratorium, Bengkel, Studio, Teaching Factory, Lapangan Tenis, Lapangan Bulutangkis dan masih banyak lainnya.

Setiap tahun, 30% dari total mahasiswa kepolisian mendapatkan beasiswa dari berbagai sumber pendanaan, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun industri. Seperti: Beasiswa Djarum Foundation, MAJ, GOJEK, Toyota Astra Foundation, Prestasi Akademik, Program Afirmasi/ADIK, Panasonic dan lain-lain. Adapun Jalur masuk Polines meliputi: 

  1. Seleksi Berdasarkan PDSS dan/atau Prestasi,
  2.  Seleksi Berdasarkan Hasil UTBK, 
  3. Seleksi Polines Berdasarkan Prestasi (SPBP) dan
  4.  Seleksi Polines Berdasarkan Tes (SPBT).

Baca juga: Kamu Wajib Tau! Perbedaan Jalur Masuk Program Sarjana dan Vokasi

Okee. Kira-kira itu tadi penjelasan singkat pilihan kampus yang menawarkan program Vokasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya kawan-kawan. Oh iya Sobat Miku bisa mencari informasi lainnya di maukuliah.id . Yuk, kunjungi website-nya.

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda