1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Pengertian Simple Present Tense, Rumus, & Contoh Kalimat
Info Sekolah

Pengertian Simple Present Tense, Rumus, & Contoh Kalimat

Simple present tense
18   |   Posted by Siti Haliza   |   24 October 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, adakah di sini yang sedang belajar Bahasa Inggris? Wah, pas banget nih! Kali ini Miku mau membahas materi dasar Bahasa Inggris yakni simple present tense. Penasaran apa itu simple present tense? Yuk kita bahas bareng!

Pengertian Simple Present Tense

Simple present tense adalah bentuk kalimat yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang rutin dilakukan secara berulang-ulang. Biasanya kalimat ini akan merujuk pada rutinitas masa kini. 

Secara sederhana kata “present” merujuk kata “masa sekarang“. Maka bentuk kata kerja yang digunakan akan disesuaikan dengan periode waktu masa kini.

Penggunaan Simple Present Tense

Sobat Miku mungkin bertanya-tanya kapan present tense ini digunakan. Kalimat present digunakan ketika Sobat Miku ingin mengungkapkan kejadian yang sedang dialami sekarang. Penggunaannya pun sangat sederhana karena menyatakan kalimat yang biasa dilakukan pada masa sekarang.

Rumus ini gak rumit sama sekali kok, karena penggunaan kalimatnya sangat sederhana dan digunakan sehari-hari. Pada struktur kalimatnya akan terdiri dari 3 hal yakni Subject (S), Predicate (P), dan Compliment. Nah kalau sudah paham, yuk kita bahasa rumusnya.

Rumus Simple Present Tense

Kalimat present ini bisa berbentuk verbal atau nominal, jadi kata “predikat” ini nggak selalu kata kerja. Dalam kalimat verbal, subjek akan diikuti oleh kata kerja (V). Nah sedangkan ketika menggunakan kalimat normal, setelah subjek ada diikuti non kata kerja atau yang disebut sebagai auxiliary verb atau to be (kata kerja bantu).

Nominal Simple Present Tense

Bagaimana cara membuat kalimat simple present tense? Berikut rumus simple present tense yang bisa kamu gunakan:

(+) Subject + To be + Complement
(-) Subject + To be + Not + Complement
(?) To be + Subject + Complement

Contoh kalimat nominal simple present tense

(+) I am an international school student
(-) She is not an international school student
(?) Is she an international school student? 

Verbal Simple Present Tense

Rumus (+) (-) (?) dari simple present tense untuk pola verbal adalah:

(+) Subject + Verb 1 (+ s/es) + Complement
(-) Subject + Do/Does Not + verb 1 + Complement
(?) Do/does + subject + verb 1 + Complement ?

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, pada kalimat verbal, kamu tidak perlu menambahkan to be setelah subject, karena yang “bertugas” menjadi predikat adalah verb.

Enaknya, verb di tenses ini merupakan bentuk yang dasar, dalam artian belum mengalami perubahan. Namun, ketika Sobat Miku akan membuat kalimat dengan subjek kata ganti orang ketiga, maka pada kata kerja akan ditambahkan e/es di bagian belakang. Berikut contohnya:

Contoh:

(+) She goes to school everyday

(-) She doesn’t go to school everyday

(?) Does she to school everyday

Gimana nih Sobat Miku, gampang kan? Agar lebih mengerti cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, yuk kita pelajari lebih lanjut pola kalimat berikut ini:

Positive 

I work in Jakarta

She works in Jakarta

Negative 

I don’t like that cat

He does not like that cat

Interrogative

Does she remember my birthday?

Do I need to tell her?

Baca juga: Jurusan Sastra Inggris, Mata Kuliah dan Prospek KerjanyaNah itu tadi penjelasan tentang simple present tense. Penggunaan tenses ini sangat sederhana kok untuk bisa Sobat Miku praktikkan di rumah atau di sekolah. Kuncinya adalah menghafal kata kerja dan nominal ya. Jangan lupa cek artikel maukuliah.id lainnya untuk materi dan info kampus ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda