1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Tips Memilih Kampus Agar Tidak Menyesal, Simak Yuk!
Featured

Tips Memilih Kampus Agar Tidak Menyesal, Simak Yuk!

Tips Memilih Kampus Agar Tidak Menyesal
15   |   Posted by Seprila Mayang   |   25 January 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku! Apakah memilih kampus saat ini sudah cukup membuat kamu galau? Masalah pemilihan kampus sebenarnya bukan masalah yang rumit. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih kampus impianmu. 

Banyak orang bilang, di mana pun kamu menempuh studi tidak menjadi sebuah masalah. Yang penting kamu rajin saat mengikuti perkuliahan. Sebenarnya ada benarnya juga sih. Namun, kamu harus pertimbangkan kualitas kampus yang dituju juga. Jangan ngasal  deh kalau ingin mendapatkan tempat studi yang nyaman dan menyenangkan. 

Lalu, gimana sih cara mendapatkan kampus yang nyaman? Sini Miku kasih tahu!

 

Tips untuk Memilih Kampus yang Cocok Untukmu

1. Mencari Informasi Kampus Secara Lengkap

Hal yang perlu Sobat Miku lakukan adalah riset tentang kampus dan jurusan yang akan dituju. Sobat bisa kepoin berbagai kampus dan jurusan di https://maukuliah.id/. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang cukup dengan kampus yang kamu pilih nanti. 

2. Cek Rangking Kampus Idamanmu

Untuk melakukan pengecekan ranking kampus, kamu bisa melihatnya pada dua website terpercaya yang biasa digunakan, yaitu Webometrics dan 4ICU (Unirank)

Webometrics ini adalah lembaga yang melakukan pemeringkatan universitas dengan basis penilaian yakni website atau situs universitas. Hal yang dinilai oleh situs ini visibility, presence, openness, dan, excellence. Berikut situs resmi Webometrics yang bisa kamu akses www.webometrics.info

Sedangkan 4ICU (Unirank) biasanya penilaian dan pemeringkatan universitas berdasarkan website-nya. Indikator yang digunakan dalam penilaian tersebut yakni popularitas dari website resmi. Jika sobat ingin tahu lebih lanjut kunjungi www.4icu.org

3. Perhatikan Biaya Kuliah

Salah satu hal yang perlu sobat periksa adalah apa saja yang termasuk dalam biaya kuliah. Apakah sudah termasuk uang buku atau ada biaya tambahan yang perlu dibayar. Faktor biaya lain yang sama pentingnya adalah biaya hidup. Biaya hidup bervariasi tergantung pada kota yang sobat pilih untuk kuliah. Sobat bisa membandingkan biaya hidup dengan biaya akomodasi dan transportasi yang harus Anda bayar.

4. Cari Info Beasiswa di Kampus Tersebut

Mengetahui seluk beluk kampus yang dituju hukumnya adalah wajib. Pastikan apakah kampus tersebut menyediakan beasiswa atau tidak. Jika kampus menyediakan beasiswa sobat bisa apply. Lumayan kan bisa membantu biaya kuliah kamu! hehe. 

5. Perhatikan Lokasi Kampus

Sobat Miku ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi kampus.  Kira-kira kamu lebih tertarik berkuliah di dekat rumah atau jauh dari rumah nih? Pastinya keduanya mempunyai plus minus masing-masing. 

Jika lokasi kampus berada di dekat rumah, maka kamu bisa dekat dengan keluarga. So, kamu gak perlu worry jika terjadi suatu hal pada kamu. 

Jika lokasi kampus jauh dari rumah, bahkan di luar kota maka kamu akan mempunyai tantangan tersendiri. Memang sih biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal karena akomodasi dan transportasi. Namun di sisi lain, kamu bisa belajar mandiri, dan pintar-pintar mengatur uang dan waktu. Tetapi hal ini mempunyai banyak manfaat karena ini melatih sikap pengembangan diri. Sehingga sifat mandiri sobat akan terbentuk.

6. Hindari Ikut-ikutan Teman

Saat Sekolah sobat pasti mempunyai bestie, terus kamu ikut-ikutan mereka biar satu kampus. Hal tersebut tidak baik ya sobat jika masuk ke kampus yang tidak sesuai dengan passion kamu. Jadi sebaiknya tentukan sendiri ya!

7. Berpikir realistis 

Ketahui kemampuan sobat saat ini dan pertimbangkan matang-matang terkait keadaan keuangan kamu juga. Namun, yang paling penting kamu harus mengetahui kemampuan kamu apakah siap bersaing di kampus impian kamu tersebut. So, be realistic ya sobat!

Baiklah, semoga artikel ini dapat membantu para Sobat Miku ya, Terutama untuk menemukan kampus dan jurusan yang tepat. Sobat bisa cek jurusan impian di maukuliah.id  Semua informasi terkait dunia perkuliahan, bisa sobat dapatkan di sana lho. Ganbatte Sobat Miku!

Tags tidak ada

Komentar Anda