1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Ingin Kuliah di Kampus Keagamaan Islam? Ini 4...
Info Kampus

Ingin Kuliah di Kampus Keagamaan Islam? Ini 4 UIN dengan Akreditasi Unggul dari BAN-PT!

208   |   Posted by Fadhol   |   29 November 2023

Maukuliah.id – Daftar 4 Universitas Islam Negeri (UIN) yang memegang predikat akreditasi Unggul dari BAN-PT, informasi ini sangat penting bagi mereka yang berencana kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam pada tahun 2024.

Di Indonesia, banyak UIN yang menawarkan kualitas pendidikan di atas rata-rata dibandingkan dengan institusi pendidikan tinggi lainnya. Salah satu cara untuk menilai kualitas suatu universitas adalah melalui proses akreditasi BAN-PT, yang memiliki kategori mulai dari Tidak Terakreditasi, Predikat Baik, Predikat Baik Sekali, hingga Predikat Unggul.

Memilih UIN dengan status akreditasi Unggul dari BAN-PT bukan hanya membuka pintu akses ke sumber daya yang lebih baik, tetapi juga memberikan peluang untuk mendapatkan dana penelitian, dukungan pemerintah, dan sponsor industri. Untuk memberikan informasi yang lebih rinci, mari simak empat UIN berikut yang memiliki status akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Baca juga: 20 Universitas Islam Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2023

4 UIN dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

1. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh (UINAR)

UIN Ar-Raniry, yang terletak di Banda Aceh, Provinsi Aceh, adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang menawarkan beragam jurusan, seperti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Psikologi.

2. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004, menawarkan jurusan seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, Perpustakaan, dan Sains Informasi.

Baca juga: 100 PTS Terbaik Indonesia Versi UniRank 2023, Ada Kampusmu?

3. UIN Raden Fatah Palembang

UIN Raden Fatah, terletak di Palembang, adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri dengan jurusan yang melibatkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, serta Fakultas Psikologi.

4. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam tertua di Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menawarkan beragam fakultas, termasuk Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Dengan memilih UIN yang memiliki status akreditasi Unggul dari BAN-PT, Anda dapat memastikan mendapatkan pendidikan berkualitas dan membuka peluang untuk pengembangan karir yang lebih baik di masa depan. Bagi Sobat Miku yang ingin mencari informasi terkait informasi jurusan dapat langsung cek maukuliah.id untuk artikel lainnya ya!

Sumber gambar: popularitas.com

Tags tidak ada

Komentar Anda