1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Jurusan dengan Peluang Tinggi Lolos SNBP 2023
Info Jurusan

5 Jurusan dengan Peluang Tinggi Lolos SNBP 2023

5 Jurusan dengan Peluang Tinggi Lolos SNBP 2023
6   |   Posted by Seprila Mayang   |   13 February 2023

MAUKULIAH.ID– Macam-macam jurusan itu banyak banget, apakah kamu tahu? Mulai dari Rumpun Ilmu Agama, Ilmu Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Ilmu Formal dan Ilmu Terapan. Berdasarkan data Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyebutkan terdapat  26.886 program studi (prodi) di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Bahkan, seperlima di antaranya adalah program studi bidang Pendidikan yaitu berjumlah 5.728 program studi.

Kebanyakan calon mahasiswa memilih jurusan favorit sebagai jurusan pilihannya, Padahal, calon mahasiswa bisa menambah peluang lolos dengan memilih jurusan yang masih sedikit peminat. Meskipun sepi peminat, Sobat Miku tidak perlu khawatir, prospek kerja di jurusan ini sangat dibutuhkan. Nih, Miku kasih tau 5 Jurusan yang berpeluang lolos SNBP 2023.

Baca Juga : SNBP Semakin Dekat, Pilih Universitas atau Jurusan dulu ya?

5 Jurusan yang berpeluang lolos SNBP 2023

1. Pengobatan Tradisional

Jurusan pertama yang sepi peminat sehingga memiliki peluang lolos adalah Pengobatan tradisional atau yang disingkat dengan BATTRA. Jurusan  ini mungkin terdengar asing bagi Sobat Miku. Selain itu, hanya sedikit kampus yang menawarkan jurusan ini, bahkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menawarkan jurusan ini hanya Universitas Airlangga (UNAIR). 

Di Universitas Airlangga, BATTRA termasuk program studi strata D4 sehingga lulusannya mendapatkan gelar Ahli Madya Kesehatan Battra. Jika Sobat Miku tertarik dengan jurusan ini, maka kamu akan mempelajari pengobatan biomedik (Akupunktur, herbal, terapi diet, pijat), membuat rencana pengobatan tradisional penderita berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter umum/spesialis. Prospek kerja jurusan ini  dapat menjadi tenaga kesehatan pada klinik/instansi kesehatan dan rumah sakit.

2. Teknik Geofisika

Selanjutnya dari jurusan Saintek, apa Sobat Miku sudah kenal dengan jurusan yang satu ini? Teknik Geofisika adalah cabang ilmu kebumian yang menerapkan/menggunakan prinsip-prinsip fisika, matematika, dan geologi untuk mempelajari fenomena dan permasalahan yang berkaitan dengan bumi padat, yang didukung oleh peralatan instrumentasi dan komputasi.

Dengan prospek kerja yang menggiurkan, lulusan Program Studi Geofisika dapat bekerja di instansi pemerintah, badan usaha milik negara, lembaga penelitian, pengusaha sektor pertambangan dan perminyakan industri dan gas bumi, serta berbagai lembaga dan perusahaan di bidang perangkat lunak pengolah data pertambangan dan perminyakan.

3. Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Drama

Jurusan selanjutnya adalah Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Jurusan ini termasuk jurusan yang sepi peminat, terkadang malah muncul pertanyaan “ngapain sih ambil jurusan seni? Memang kalau lulus mau kerja di mana?”. 

Eits, untuk urusan pekerjaan, lulusan seni berpikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan, bukan berpikir untuk melamar. Lulusan jurusan ini bisa menjadi koreografer, komposer, atau bahkan aktor. Selain itu, lulusan jurusan ini dapat menjadi guru, baik disekolah maupun privat. 

PTN yang memiliki jurusan ini antara lain Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

4. Pendidikan Luar Biasa

Jurusan ini berhubungan dengan anak berkebutuhan khusus (ABK).  Tentunya, ABK berbeda baik dari segi ciri, sifat dan tingkah laku dengan anak normal . Oleh karena itu, mahasiswa pendidikan luar biasa diharapkan mengenal berbagai keterampilan dan pengetahuan untuk menangani dan mengajar anak berkebutuhan khusus.

Jika kamu masuk jurusan ini kamu akan mempelajari Ilmu gizi, neuroscience, massage, Ilmu Psikologi ABK, BK ABK, bahkan kewirausahaan. Lulusan pendidikan luar biasa dapat menjadi terapis informal atau tutor privat untuk anak-anak bermasalah khusus.

5. Filsafat

Selanjutnya jurusan yang memiliki peluang lolos SNBP adalah Filsafat. Filsafat mempelajari semua aspek kehidupan manusia seperti pengetahuan, nilai, etika, politik, ekonomi, sosial budaya, seni, bahasa dan agama secara rasional dan mendalam. 

Prospek kerja dari jurusan ini meliputi  Pengamat politik, Jurnalis, Pejabat Pemerintahan, Akademisi, penulis dan masih banyak lagi. Cukup banyak PTN yang menawarkan jurusan ini meliputi Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya. 

Baca juga : 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

Nah, ternyata beberapa jurusan memang jarang terdengar ya, Sobat Miku? Jurusan-jurusan tersebut memiliki peluang lolos karena masih sedikit peminatnya. Jadi kamu tertarik dengan jurusan yang mana? Selamat memilih jurusan. Mau informasi lainnya cek di maukuliah.id ya. Fighting!

Tags tidak ada

Komentar Anda