1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023, Lengkap...
Info Jurusan

5 Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023, Lengkap dengan Program Studi! 

5 Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023
2764   |   Posted by Seprila Mayang   |   14 February 2023

MAUKULIAH.ID– Dalam persepsi masyarakat tentang jurusan pertanian sampai saat ini masih dianggap remeh. Seringkali muncul kalimat “ngapain sih ngambil jurusan pertanian, kan semua orang bisa bertani?” atau kalimat “emang lulusan pertanian mau kerja apa?” menjadi momok yang menakutkan bagi calon mahasiswa jurusan ini. Mungkin, ini juga menjadi salah satu kekhawatiranmu, kan?

Mereka berpendapat yang dilakukan petani (mulai dari proses menanam, memanen sampai menjual hasil panen) bisa dilakukan meskipun kamu tidak berkuliah. Padahal lebih dari itu, jurusan ini bertujuan untuk membentuk kamu menjadi seorang problem solver sehingga tercapai pertanian berkelanjutan.

Sobat Miku harus tahu! Kurikulum di jurusan ini cukup padat. Jadi, kalau kamu kaum mendang-mending, minggir dulu, deh. Di jurusan ini Sobat Miku akan mendapatkan tugas praktikum baik di lab maupun lapangan untuk mengambil sampel. Biasanya nih, saat praktikum di lapangan yang bikin seru, kamu bisa pergi ke wilayah yang belum pernah kamu datangi dan juga bertemu dengan beragam orang yang belum pernah kamu jumpai, hitung-hitung menambah wawasan di luar kampus dan bisa buat refreshing juga.

Kemudian, setelah kamu bisa menyelesaikan program sarjana pertanian ini, kamu akan mendapatkan gelar S.P. Kalau terkait prospek kerja jangan ditanya, deh. Di jurusan ini, prospek kerjanya sangat menjanjikan, nanti Miku bahas di lain waktu ya. 

Sudah yakin masuk jurusan ini? selanjutnya pilih kampusnya, yuk. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR) by Subject Agriculture & forestry 2022, berikut ini terdapat 5 kampus dengan jurusan pertanian terbaik di Indonesia.

Baca juga : Calon Mahasiswa Wajib Tau, Ini Dia Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum

5 Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023

1. Institut Pertanian Bogor, Peringkat  Dunia ke-41 

Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi kampus pertama dengan jurusan pertanian terbaik. Kampus yang terletak di kota Bogor ini sudah terakreditasi A. 

IPB memiliki Fakultas Pertanian dengan beragam program studi (prodi) andalan yaitu Ilmu Tanah dan Sumber daya Lahan, Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Arsitektur Lanskap, dengan mayoritas prodi sudah terakreditasi A.

Kalau Sobat Miku masuk kampus ini, kamu harus bersiap karena mahasiswa Fakultas Pertanian IPB membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam menyelesaikan studinya. Hal tersebut dikarenakan bagi mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir  di luar kampus (Bogor) harus sudah menyelesaikan perkuliahannya. Sehingga mahasiswa seperti ini akan melakukan penelitian di semester 9.  Apalagi, dalam menyelesaikan tugas akhir terutama berkaitan dengan tanaman sangat tergantung pada kondisi cuaca dan musim.

2. Universitas Gadjah Mada, Peringkat Dunia ke-151–200 

Perguruan tinggi selanjutnya yang menjadi kampus dengan jurusan pertanian terbaik adalah Universitas Gadjah Mada. Awal berdirinya Fakultas Pertanian di UGM  sejak 27 September 1946 dengan kegiatan perkuliahan menggunakan fasilitas yang sama dengan Perguruan Tinggi Kedokteran di Klaten. Setelah berjalannya waktu UGM terus berbenah dan berkembang

Fakultas Pertanian UGM menawarkan Agronomi, Akuakultur, Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Ilmu Tanah, Manajemen Sumerdaya Akuatik, Mikrobiologi Pertanian, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian dan Proteksi Tanaman. Salah satu pencapaiannya adalah dengan penemuan varietas baru pada tanaman Tomat dan Teh.

3. Institut Teknologi Bandung, Peringkat Dunia ke-301–350 

Selanjutnya kampus terbaik ke-3 jurusan pertanian adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) menawarkan jurusan Rekayasa Pertanian.  

Rekayasa Pertanian adalah program studi yang dibangun di atas landasan ilmu hayati yang kuat dan menggabungkan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan; prinsip rekayasa biosistem. Prospek Kerja bidang pertanian di antaranya: 

  1. Wiraswasta (petani profesional).
  2. Tenaga ahli pertanian.
  3.  Tenaga ahli pertanian pada industri pertanian dan perkebunan.
  4. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan lain lain.

4. Universitas Brawijaya, Peringkat Dunia ke-301–350

Kalau kamu warga Malang, tenang aja, Malang punya Universitas Brawijaya (UB) bagi kamu yang tertarik meneruskan pendidikan di jurusan pertanian. UB menjadi kampus terbaik selanjutnya. 

Di kampus ini terdapat jurusan pertanian mulai dari jenjang Sarjana sampai Doktor. Jenjang sarjana Fakultas Pertanian UB terdapat program studi Agroteknologi, Agribisnis dan Kehutanan.

Terdapat beragam beasiswa yang dapat mendukungmu di antaranya: Beasiswa Mahasiswa unggul Daarut Tauhid (DT Peduli), Beasiswa KIP, Beasiswa Ikatan Keluarga Brawijaya Sangatta (IKBS), Beasiswa Riset BAZNAS, dan Beasiswa Kepemimpinan Teladan.

5. Universitas Hasanuddin, Peringkat Dunia ke-351–00

Universitas Hasanuddin menjadi kampus selanjutnya, Fakultas Pertanian Unhas didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962, tepat pada hari ulang tahun kemerdekaan  Republik Indonesia ke 17.

Adapun Program Studi FP Unhas  meliputi Ilmu dan teknologi pangan,  Keteknikan pertanian, Agribisnis, Agro Teknologi dan Proteksi pertanian. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap di antaranya memiliki 31 laboratorium, 1 unit teaching industry, 4 unit rumah kaca, 1 unit galeri tanaman serta kebun percobaan (experimental farm). 

Baca juga:7 Universitas Swasta Terbaik, Bisa Jadi Referensimu, lho!

Itulah 5 kampus pertanian yang memiliki jurusan pertanian terbaik  Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR) by Subject Agriculture & forestry 2022. Semoga bisa menjadi referensi untuk mendaftar seleksi ya, kamu juga bisa mengunjugi maukuliah.id untuk informasi menarik lainnya.

Ditulis oleh Shitny Dwi

Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda