1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 7 Universitas Swasta Terbaik, Bisa Jadi Referensimu, lho!
Info Kampus

7 Universitas Swasta Terbaik, Bisa Jadi Referensimu, lho!

7 Universitas Swasta Terbaik
6   |   Posted by Seprila Mayang   |   02 February 2023

MAUKULIAH.ID– Jujur deh sama Miku, pasti sedih banget ya gak lolos di kampus impian kamu? Gak apa-apa wajar kok. Tapi ingat ya Sobat Miku kalau kata teman-teman Miku di sosial media “If plan A doesn’t work, alphabet has 25 more letters”.  Jadi Miku harap kamu jangan berlarut-larut dalam kesedihan, ya.

Yuk mulai rencanakan lagi masa depanmu. Masih banyak kampus swasta yang pencapaiannya juga jempolan, gak kalah dengan kampus negeri.

Nih, Miku kasih tahu Perguruan Tinggi Swasta yang punya akreditasi A buat sobat Miku yang sedang bermuram durja. Eh, ini juga buat kamu yang emang tertarik dengan Perguruan Tinggi Swasta ya, kan PTS gak melulu jadi pilihan terakhir.

 Baca juga :Intip Yuk! Persyaratan dan Jadwal SNPB 2023

7 UNIVERSITAS SWASTA AKREDITASI A

1. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah perguruan tinggi swasta yang terletak di Jl. Kapas No. 9, Yogyakarta. UAD memiliki 11 Fakultas unggulan dengan beragam prodi di dalamnya. Tidak selalu universitas swasta itu identik dengan mahal loh, hal tersebut dibuktikan oleh UAD dengan adanya berbagai beasiswa seperti Beasiswa Beasiswa Program Misi (BPM) UAD, beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan beasiswa Prestasi. 

Kalau Sobat Miku tertarik dengan kampus ini, ada kabar baik nih, Sejak 22 Oktober 2022 sampai dengan 28 April 2023, UAD telah membuka Gelombang pertama Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur Surat Keterangan lulus PMDK SKL, Nilai Rapor dan Prestasi (bidang seni, sains, olahraga dan organisasi yaitu pengurus organisasi intra atau ekstra sekolah ). Oh ya, jalur ini berlaku untuk semua program studi jejang diploma IV dan sarjana, kecuali program farmasi, psikologi dan kedokteran ya.

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Seperti kampus sebelumnya, Universitas berikutnya ini juga terletak di Yogyakarta, tepatnya di  Jl. Babarsari 44. Universitas Atma Jaya Yogyakarta sangat inovatif dalam mendukung berbagai kegiatan di kampus, Misalnya digitalisasi untuk semua kegiatan belajar, peminjaman buku dan fasilitas lainnya.

Di kampus ini, terdapat 6 Fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi, dan terdapat Program Internasional. Selain itu, juga terdapat program pertukaran bagi mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta bekerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri.

3. Universitas Ciputra Surabaya

Perjalanan waktu membuat Universitas Ciputra Surabaya menjadi universitas yang besar. Bahkan saat ini sudah terdapat 7 Fakultas yang telah menghasilkan alumni sebanyak 8000 alumni. Dalam mendukung kegiatan belajar mengajarnya, pembelajaran menerapkan kurikulum yang berjiwa wirausaha serta aktif bekerja sama dengan  mitra, meliputi  Apple Developer Academy, Metrodata Academy dan banyak mitra instansi lainnya.

Universitas Ciputra Surabaya juga menyediakan berbagai macam beasiswa, meliputi Beasiswa Jalur undangan prestasi, Beasiswa Sekolah kerja sama, Beasiswa Prestasi unggulan, Beasiswa Basket, Beasiswa paduan suara, dan masih banyak lagi, yang dapat mengurangi beban biaya bagi kamu yang berprestasi.

4. Universitas Gunadarma

Apakah Sobat Miku tahu lokasi Universitas Gunadarma di mana? lokasi Universitas Gunadarma itu sangat banyak loh, yang masing-masing kampusnya disesuaikan dengan jurusan. Nah ini menjadi salah satu daya tarik bagi calon mahasiswa karena mereka bebas memilih sesuai lokasi pilihannya.

Alasan lain banyak orang memilih Universitas Gunadarma adalah terdapat beasiswa penuh untuk biaya pendidikan, bagi Sobat Miku yang pemburu beasiswa, yuk di coba.

5. Universitas Katolik Soegijapranata

Unika Soegijapranata didirikan pada tahun 1982 di Semarang. Nama universitas ini berasal dari Mgr. Soegijapranata adalah seorang imam, Uskup Agung pribumi pertama, seorang tokoh dan pahlawan nasional. Kampus ini menduduki peringkat 84 universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics 2022. Terdapat 10 fakultas di kampus ini dengan jenjang sarjana dan pascasarjana.

6. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas yang memiliki visi “Menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih” ini terletak di terletak Jl. dr. Wahidin Sudirohusada no. 5-25. 

Dikampus ini, tersedia 7 Fakultas yang didukung dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia, di antaranya tax centre, self access centre, galeri investasi BEI UKDW, dan berbagai laboratorium yang ada di setiap jurusan.

7. Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara atau yang disingkat UMN berada di bawah naungan Yayasan Multimedia Nusantara yang didirikan Kompas Gramedia pada tanggal 25 November 2005. Terdapat 5  Fakultas di antaranya  teknik dan informatika, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis, D3 Perhotelan, Fakultas Seni dan Desain,  serta terdapat Program Internasional dan Program Pascasarjana.

Di kampus ini tersedia berbagai fasilitas perkuliahan sesuai standar industri, di antaranya Lab. Big Data, Lab. Artificial Intelligence, Lab. Game Development, Lab. Certified Ethical Hacker, Smart Room, Render Farm, Cinema Screening, Studio Green Screen, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Maba Wajib Tahu! Inilah Cara Mengisi KRS Anti Gagal

Selain 7 Universitas yang Miku sebutkan, terdapat juga kampus dengan akreditasi A lainnya. Berikut 10 Universitas akreditasi A lainnya, meliputi:

  1. Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  3. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  4. Universitas Kristen Satya Wacana
  5. Universitas Nasional
  6. Universitas Pendidikan Ganesha
  7. Universitas Presiden
  8. Universitas Sanata Dharma
  9. Universitas Tanjungpura
  10. Universitas Trisakti

Nah itu adalah Universitas-universitas dengan akreditasi A. Apakah kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan? Pilih kampus impianmu dan bersiaplah untuk mendaftar ya. Namun sebelum itu, pastikan hatimu dalam kondisi baik.  Jika Sobat Miku ingin mengetahui informasi lebih lanjut, kunjungi situs web ini  maukuliah.id ya.

Ditulis oleh Shitny Dwi

Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda