1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 8 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Tanaman dan...
Info Jurusan

8 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Tanaman dan Pertanian, Menjanjikan di Masa Depan, Lho!

Jurusan yang cocok untuk pecinta tanaman dan pertanian
4248   |   Posted by Seprila Mayang   |   03 March 2023

MAUKULIAH.ID– Hallo Sobat Miku! Tahukah kamu jika sektor pertanian sangat menguntungkan di Indonesia? Hal tersebut dapat dilihat dari kawasan Indonesia yang memiliki tanah subur sangat luas. Bahkan sejak kecil kita selalu ditanamkan bahwa Indonesia dan pertanian tidak bisa dipisahkan.

Dunia pertanian dan alam di Indonesia tidak dapat dipisahkan satu sama lain.  Apalagi dengan kondisi masyarakat di Indonesia, pasti masih sangat bergantung dengan dunia pertanian dan tanaman. Ada sebuah pernyataan nih yang pernah Miku ketahui, “selama manusia butuh makan, petani tetap dibutuhkan”. Ini merupakan sebuah  pernyataan yang masih bisa dibenarkan.

So, meskipun di masa depan akan banyak yang berubah. Mengingat teknologi yang semakin canggih, namun pertanian pun semakin berevolusi. Nah, berikut ini jurusan yang bisa dipilih. 

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023, Lengkap dengan Program Studi! 

1. Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis)

Di banyak perguruan tinggi, Sosial Ekonomi Pertanian lebih dikenal dengan sebutan Agribisnis. Jurusan pertanian ini berurusan secara ekstensif dengan manajemen sumber daya manusia dalam kaitannya dengan pertanian, ekonomi, dan ilmu sosial lainnya. 

Nah, selama mengikuti mata kuliah di jurusan ini, Anda akan belajar tentang segala hal tentang bertani hingga tahap penggunaan peralatan pertanian tersebut. Kampus yang menawarkan kampus ini, meliputi:

  1. IPB University, Bogor.
  2. Universitas Udayana (UNUD), Bali.
  3. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto.

2. Ilmu Tanah

Seperti namanya, jurusan pertanian ini menangani berbagai bidang antara lain proses pembentukan dan faktor pembentuk tanah, morfologi dan klasifikasi tanah, survey dan analisis tanah. Daftar kampus yang menyediakan jurusan ini, sebagai berikut.

  1. Universitas Bengkulu. 
  2. Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) 
  3. Universitas Lampung (Unila) 
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM) 
  5. Universitas Halu Oleo (UHO) 

3. Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)

Jurusan Teknologi Industri Pertanian atau yang biasa juga disebut dengan Agroindustri merupakan program penelitian yang mempelajari dampak teknologi di lapangan dan penerapannya untuk mendukung pengembangan industri pertanian. Agroindustri didedikasikan untuk penelitian tentang pembuatan produk pertanian secara bottom-up. Kampus-kampus yang menawarkan jurusan ini, meliputi:

  1. Universitas Brawijaya
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Syiah Kuala
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Universitas Gadjah Mada

4. Agroekoteknologi

Teknologi Industri Pertanian berfokus pada produksi bahan pertanian. Jurusan agroekoteknologi mencakup tiga bagian, termasuk ilmu tanah, hama dan penyakit, dan produksi tanaman (agronomi).

Bahkan, dalam mata kuliah Agroekoteknologi, kamu akan belajar bagaimana memanfaatkan sumber daya tertentu, mulai dari benih hingga tanaman juga meningkatkannya menjadi produk pertanian. Kampus yang menawarkan jurusan ini, yaitu:

  1. Universitas Brawijaya 
  2. Universitas Bengkulu 
  3. Universitas Jambi 
  4. Universitas Udayana 
  5. Universitas Jember 

5. Budidaya Perairan (Akuakultur)

Akuakultur mengacu pada pengetahuan tentang teknologi budidaya untuk berbagai jenis hewan atau tumbuhan air yang menggunakan air sebagai komponen utamanya.

Ruang lingkup akuakultur terus berkembang, tidak hanya dari segi teknologi perairan, tetapi juga dari segi kegiatan secara umum. Yang utama adalah budidaya ikan, budidaya udang, budidaya tiram, dan budidaya rumput laut. Kamu bisa berkuliah di kampus-kampus berikut ini, jika tertarik dengan jurusan Budidaya Perairan.

  1. IPB University, Bogor.
  2. Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang.
  3. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jakarta.
  4. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

6. Budidaya Pertanian Atau Agronomi

Agronomi ini akan berfokus pada hubungan antara tanaman dan lingkungannya, serta teknik-teknik efektif yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman tersebut. Berikut ini daftar kampusnya:

  1. Institut Pertanian Bogor.
  2. Universitas Gadjah Mada.
  3. Universitas Lampung.
  4. Universitas Hasanuddin.
  5. Universitas Sriwijaya.

7. Ilmu Hama Dan Penyakit Tanaman

Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan adalah pembelajaran yang berhubungan dengan pertanian melalui pengelolaan kesehatan tanaman yang bebas dari hama dan penyakit. Berikut ini daftar kampus yang menawarkan jurusan ini:

  1.  Institut Pertanian Bogor, 
  2. Universitas Gadjah Mada, 
  3. Universitas Brawijaya, 
  4. Universitas Indonesia, 
  5. Universitas Airlangga.

8. Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata

Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditujukan untuk melindungi ekosistem hutan dan menstabilkan hutan.

Bidang keilmuan yang diminati dalam Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata meliputi ekologi dan pengelolaan satwa liar, analisis spasial lingkungan, rekreasi alam dan ekowisata, ilmu hutan perkotaan, hingga interpretasi alam. Jurusan ini terdapat di beberapa kampus, yaitu:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Politeknik Negeri Lampung
  3. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan
  4. Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
  5. Institut Teknologi Bandung

Baca juga: Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023 yang Wajib Diketahui 

Itulah rekomendasi jurusan buat kamu para pecinta tanaman. semoga artikel ini bermanfaat, ya. Yuk, simak informasi lainnya di maukuliah.id. Sampai jumpai di artikel selanjutnya, baibay.

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda